Cara membatasi konten video di youtube untuk anak-anak

Youtube sudah merupakan aplikasi wajib bagi kalian pengguna smartphone. Karena sifatnya adalah aplikasi yang bebas didownload di playstore dan menyajikan video untuk berbagai kalangan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, saat ini youtube menjadi sebuah platform berbagi video yang yang bisa dinikmati oleh segala umur.  

Banyak sekali video yang bisa kita nikmati di youtube, video klip musik, informasi pengetahuan, video lucu, bahkan video kekerasan pun juga bisa kita dapatkan di youtube.

Bisa kalian bayangkan jika anak anak juga ikut menonton konten yang seharusnya menjadi tontonan orang dewasa. Atau misalnya anak anak mencari sebuah video dengan key “video lucu”, karena kalian belum filter youtube kalian maka pastinya yang keluar semua video lucu baik video yang layak ditonton anak kecil maupun video yang sebenarnya memang sangat tidak layak ditonton anak kecil. Cukup berbahaya bukan?

Kalian tidak perlu khawatir, youtube menyediakan fitur yang diberinama mode terbatas. Dengan mengaktifkan mode ini kalian akan terbebas dari konten konten sensitif dan mengganggu ketika menonton video di youtube.

Alasan mengaktifkan mode terbatas di Youtube

  1. Jika kalian memiliki anak dibawah umur maka kalian bisa lebih mengontrol penggunaan youtube dan anak akan terhindar dari video video yang tidak layak tonton
  2. kalian bisa dengan bebas menonton video tanpa harus melihat video video yang sebenarnya tidak layak ditonton.
  3. Meskipun youtube sudah memblokir video terkait pornograpy, violence, dll, Namun masih saja ada video tidak layak yang berhasil publish di youtube. Dengan mengaktifkan mode terbatas maka kalian akan lebih aman dalam menonton
  4. Anak-anak zaman sekarang bisa dengan cepat mengerti dalam menggunakan smartphone. Sebagai orang tua kita juga tidak bisa melarang dengan keras. Youtube merupakan salah satu aplikasi yang memberi dampak negatif bagi perkembangan anak, untuk itu dengan adanya fiturmode terbatas setidaknya dapat sedikit mengurangi dampak negatif dari youtube.

Berikut adalah bagaimana cara mengaktifkan mode terbatas untuk konten di youtube agar anak anak kalian aman dalam menonton video dan kalian juga tidak harus berhadapan dengan video yang berbahaya.

A. Cara setting youtube untuk anak di hp

1. Yang pertama kalian lakukan adalah keluar sign out dari akun youtube kalian, pengaturan untuk filter akan ada setelah kalian logout akun youtube

sign out youtube

2. Masuk ke pengaturan atau setting

Masuk ke pengaturan atau setting

3. Setelah masuk ke setting kalian pilih general

Pilih General

4. Disini terdapat berbagai pilihan untuk memfilter kalian tap restricted mode atau mode terbatas, setelah mengaktifkan mode terbatas Akun kalian telah difilter secara otomatis oleh youtube

aktifkan mode terbatas

B. Cara setting youtube untuk anak di komputer

Jika anak sudah bisa menggunakan komputer, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan bisa dengan mudah mengakses youtube dengan menggunakan komputer.

Oleh karena itu sangat disarankan bagi kalian yang ingin membatasi konten youtube, kalian juga harus membatasinya di browser komputer. Sebenarnya cara membatasi konten youtube diaplikasi smartphone dengan di web browser hamoir sama. Namun jika kalian menggunakan browser kalian tidak perlu logout dari akun youtube kalian. Berikut adalah cara untuk mengaktifkan mode terbatas di browser komputer.

1. Masuk situs youtube di youtube.com

masuk ke youtube

2. Dalam keadaan login dii youtube, masuk ke setelan akun.

masuk ke setelan atau setting

3. Pada menu pengaturan akun, kalian bisa langsung scroll kebawah disana ada beberapa kotak yang bisa kalian atur. Untuk memfilter konten di youtube kalian bisa mengaktifkan mode terbatas. Klik bagian “Mode terbatas: Nonaktif”.

aktifkan mode terbatas

4. Ubah Mode terbatas : Nonaktif jadi Mode terbatas: Aktif seperti gambar dibawah ini. Jangan lupa klik simpan.

pilih aktifkan dan simpan

Agar lebih aman kalian bisa membatasi channel youtube disemua browser yang kalian gunakan di komputer misalnya mozilla, chrome, internet explorer dan lain lain dengan melakukan cara yang sama seperti yang sudah dijelaskan diatas. Atau kalian bisa hapus semua browser yang tidak digunakan, dengan begitu kalian hanya perlu mengaturnya di satu atau dua browser saja.


Sebenarnya Youtube sudah mengkonfirmasi bahwa metode pembatasan konten ini tidak 100 persen memfilter semua konten yang ada di youtube mengingat ada banyak sekali video yang diupload oleh youtube.

Oleh karena itu jika kalian khawatir akan ada konten yang menurut kalian berbahaya untuk anak anak, ada baiknya kalian selalu mendampingi saat anak sedang menonton dan memberi sedikit masukan video-video seperti apa yang sebaiknya ditonton.

Admin: Beberapa waktu yang lalu misalnya, diberitakan mengenai konten vulgar di topik gaming. Game yang dimainkan biasa saja, tapi gamer perempuannya pakaian seksi bahkan ada video yang di takedown karena pemerintah indonesia meminta video tersebut di hapus. Beritanya sampe jadi viral beberapa waktu yang lalu. Dari berita tersebut diketahui ada beberapa video yang melanggar dan salah satunya video si gamer buka baju. Yang seperti ini memang tidak cocok untuk anak-anak. Channel gaming ada banyak, mulai dari yang gamernya tidak keliatan (cuma screen game nya aja yang keliatan), atau yang keliatan gamernya dan mereka manusia normal, berpakaian normal, berperilaku normal, hingga yang gamernya suka mengumpat, caci maki, atau yang seperti tadi pamer body. Semua ada di youtube, tinggal kita aja harus milah mana yang bisa ditonton anak-anak.

itulah bagaimana cara untuk memfilter konten konten yang ada di youtube agar dapat aman dalam menonton berbagai video yang disajikan oleh youtube. Selamat mencoba, dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim ke kolom komentar

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan