Cara siaran langsung di facebook dengan fitur kit kreatif live

Internet saat ini menjadi salah satu hal yang paling berpengaruh dalam kehidupan dunia, karena disana kita bisa melihat membaca dan mendengar semua ide yang dituangkan kedalam sebuah konten dan di publish di suatu website yang ada di internet. Salah satu dari website tersebut adalah website sosial media yang sangat terkenal itu adalah facebook.

Sosial media ini memang bisa disebut cukup populer karena sampai saat ini facebook sudah digunakan mencapai 2,17 miliar pada tahun ini. Dilansir dari salah satu situs berita, Indonesia termasuk kedalam list pengguna facebook terbanyak di dunia sebanyak kurang lebih 130 juta penduduk dan menempati posisi ke-4 di dunia.

Memang sosial media yang dibuat oleh Mark Zuckerberg  ini terbilang cukup sukses, pasalnya sampai sekarang facebook terus mengembangkan fitur yang menarik bagi penggunanya. Salah satunya yang akan kita bahas yaitu fitur siaran langsung atau live dari facebook yang sekarang sudah banyak juga dipakai oleh situs sosmed yang lainnya.

Tetapi berbeda dengan sosmed yang lain fitur live di facebook terbilang cukup menarik, karena pengguna yang memakainya bisa mengatur sendiri desain livenya, contohnya dengan menambahkan video awalan atau akhiran di siaran langsungnya, menambahkan gambar untuk menjadi ID di live kita, atau menambahkan stiker khas milik kita pada siaran langsungnya. Nama dari fitur tersebut ialah kit kreatif live, bagaimana sih cara menggunakannya? ini tutor selengkapnya

Cara menggunakan fitur Kit Kreatif Live

Sebelum masuk ke tutorialnya kalian siapkan dulu bahan-bahan seperti Gambar jenis PNG, 2 Video kreatif kalian masing-masing berdurasi di bawah 90 detik untuk intro dan outro ukuran bebas asal jenis videonya potret, Gambar untuk stiker dengan ukuran minimal 256×256 pixel maksimal 5 gambar. Agar lebih cepat, ada baiknya jika kalian masuk terlebih dahulu di akun facebook kalian masing-masing, dan sebaiknya digunakkan di desktop atau laptop kalian agar lebih mudah mengaturnya. oke langsung ke yang pertama, move and scroll.

1. Ke Menu Pengaturan

Jika kalian sudah masuk ke akun kalian masing-masing, kalian langsung aja masuk ke menu pengaturan dengan cara klik ikon segitiga yang ada di beranda atau menu awal facebook seperti dibawah.

Jika sudah di klik kalian tinggal menunggu sampai keluar beberapa menu pilihan, lalu klik menu Pengaturancek gambarnya di bawah.

2. Pergi ke Pengaturan Video

Setelah masuk ke menu pengaturan pertama kali kalian akan disuguhkan dengan pengaturan yang umum, seperti mengatur email, password, ussername dan lain-lain. Tapi kalian tidak mengatur fitur kit kreatif live ini disini, kalian klik pengaturan Video di pilihan-pilihan pengaturan yang sebelah kiri, posisinya ada di paling bawah.

Lalu setelah masuk ke pengaturan video nya kalian pilih Kit Kreatif Live di menu pengaturan videonya dan mengklik buat di paling kanan tulisan kit kreatif live, setelah penjelasan singkat mengenai fitur ini.

3. Mulai Mengatur Kit Kreatif Live

Pada bagian ini saya akan membaginya kedalam sebuah sub judul yang masih berkaitan dengan mengatur kit kreatif live ini, dan akan menjelaskan sedikit yang saya tau bagian-bagian dalam menu ini. Oke bila sudah di klik tulisan buat  nya, pertama kali kalian akan diberi tahu bahwa kit kreatif live ini hanya tersedia di “tertulis nama akun kalian masing-masing”. Tetapi yang sebenarnya semua akun fb bisa mengatur fitur ini, kalian tinggal klik lanjutkan seperti di bawah.

3.1 Mengunggah Karya Seni

Setelah di klik tulisan lanjutkan, pertama kali kalian akan menambahkan atau mengunggah karya seni ke siaran langsung kalian dengan mengklik tulisan unggah seni atau jika sudah disiapkan sebelumnya seret langsung gambarnya ke menu ini. Cek gambarnya.

Mengunggah karya seni pada dasarnya mengunggah file image yang kita punya ke fitur ini untuk dijadikan ID siaran langsung kalian, seperti yang ada di siaran stasiun televisi yang tersimpan di sebelah pojok atas atau bawah layarnya. Bila sudah di unggah kalian tinggal atur sekreatif kalian untuk penyimpanan dan ukuran gambarnya. Saya contohkan disimpan di tengah-tengah layar. Kalian juga bisa pratinjau gambar yang kalian unggah bila melakukan siaran langsungnya di hp android kalian.

3.2 Mengunggah Video Intro, Outro dan Stiker

Jika dirasa sudah cukup mengatur gambarnya, kalian scroll ke bawah lalu klik selanjutnya pada pojok bawah pengaturan ini.

Lalu kalian akan di tampilkan beberapa pengaturan pengunggahan seperti video intro atau awalan, outro atau akhiran dan stiker. Disini kalian juga tinggal mengunggah yang sudah di siapkan oleh kalian tadi. Saya jelaskan beberapa hal yang harus diketahui sebelum mengunggah file-filenya.

a. Untuk video intro dan outro disarankan paling banyak durasi 60 detik agar tidak lama juga untuk menunggu unggahannya, dan jangan lupa jenis video harus potret karena jika landscape layarnya otomatis akan dipersempit.

b. Ukuran stiker paling sedikit 256×256 piksel, dengan jumlah paling banyak 5 buah gambar. Gambar juga harus persegi.

Dalam gambar saya tidak mencontohkan mengunggah semuanya karena untuk menghemat waktu. Pilih file yang sudah di siapkan, lalu tunggu unggahannya dan jika sudah selesai klik lagi tulisan selanjutnya.

3.3 Preview Gambar, Intro/Outro dn stiker.

Setelah semuanya selesai di unggah waktunya untuk preview atau mengecek semua yang sudah di unggah oleh kalian. Setiap pengecekan dalam publishing apapun di sosial media dan tutorial memberikan pelajaran agar kalian bisa lebih teliti terhadap semua yang kita lakukan.

Seperti pada gambar diatas, pada tombol pengecekkan kalian cek gambar dan stikernya, jika dirasa sudah perfect baru kalian next cek video intro dan outronya, barangkali kalian salah mengupload videonya. Jika sudah semuanya di cek kalian tinggal klik kirim pada pojok bawah, tombol yang sebelumnya dipakai untuk tombol selanjutnya. cek gambarnya.

4. Kembali Ke Menu Awal

Sudahkah kalian mengklik tulisan kirimnya? oke kalau sudah kalian akan dikeluarkan dari menu kit kreatif dan kembali ke menu pengaturan video. Jika benar-benar video beserta gambar untuk live tadi sudah terkirim akan tampil tulisan edit dan hapus di pilihan menu kit kreatifnya. seperti dibawah.

Dan akhirnya selesai sudah tutorial kali ini, gunakanlah tutorial ini dengan sebaik-baiknya. Untuk melihat langsung apa yang telah kita atur pada kit kreatif ini benar-benar ada dalam siaran langsungnya, kalian tinggal mencoba melakukan siaran langsung pada hp android kalian agar lebih efektif, karena pada hp android sudah tersambung dengan kamera bawaanya.

Baca juga : Cara reset sandi facebook yang lupa dengan menggunakan nomer hp

Fitur yang sekian banyaknya dari aplikasi atau situs media sosial perlu kita gali dan perlu kita bagi caranya agar semua orang juga dapat merasakan manfaat yang baik dari fitur tersebut. Kit kreatif ini salah satu dari banyaknya fitur tersebut.

Berbagi itu indah, apalagi yang kita bagikan itu ialah ilmu yang bermanfaat

Sekian artikel tentang Fitur Siaran Langsung Keren dari Facebook, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan sampai jumpa di tutorial-tutorial selanjutnya. Terima kasih

Tinggalkan Balasan