Cara mudah mengubah preferensi lokasi di yahoo mail

Email merupakan salah satu hal yang saat ini menjadi sangat lumrah dimiliki oleh setiap orang dari berbagai kalangan, meskipun email yang dimiliki jarang digunakan. Alamat email biasanya dibutuhkan ketika melakukan registrasi di jejaring sosial berbasis aplikasi maupun web, registrasi situs jual beli, dan juga untuk mengirim email pribadi antara dua orang atau lebih. Bahkan, ketika kamu membeli smartphone baru, kamu diminta untuk membuat email baru untuk bisa mengakses beberapa aplikasi bawaan yang sudah terinstall di smartphone android kamu. Jadi tidak heran jika saat ini hampir semua orang memiliki alamat email.

Email menjadi penting untuk dimiliki di era online seperti sekarang ini. Tak hanya karena beberapa hal yang sudah aku sebutkan diatas, email juga dibutuhkan saat kita melakukan kewajiban sebagai warga negara yang baik, seperti membayar pajak via online dan pembaruan data dapodik bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Saat membayar atau melakukan laporan pajak melalui situs resmi dirjen pajak, maka kita harus memiliki email. Karena setelah proses selesai, pihak dirjen pajak akan memberikan laporan selesai ke email kamu. Selain itu, jika dulu melamar kerja hanya bisa dilakukan dengan mendatangi instansi secara langsung dan juga mengirimkan berkas lamaran melalui kantor pos, kini kita semakin dipermudah dengan email. Kini perusahaan/ instansi tertentu juga menerima berkas lamaran melalui email.

Seperti yang aku sebutkan di artikel sebelumnya, ada beberapa layanan webmail yang bisa kamu gunakan. Seperti yahoo mail, google mail, rocketmail, dan sebagainya. Dua yang paling sering digunakan adalah yahoo mail atau ymail, dan google mail atau gmail. Nah, jika di artikel sebelumnya aku membahas tentang google mail, kali ini aku membahas tentang yahoo mail. Yahoo mail tergabung dalam yahoo inc yang merupakan perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di California. Perusahaan yahoo menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.

Baca juga : Cara daftar email yahoo baru

Webmail milik perusahaan yahoo ini merupakan penyedia surat elektronik (webmail) terbesar di internet dan memiliki pengguna yang sangat banyak di indonesia. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengguna yahoo messenger dari awal kemunculannya sampai menjadi booming di kalangan remaja pada masanya (sekitar tahun 2008). Dan tentu saja untuk memiliki akun yahoo messenger, kamu harus punya email berbasis yahoo. Selain itu, karena ketenaran yahoo messenger yang hampir bersamaan dengan facebook, membuat banyak orang yang mendaftar facebook pun menggunakan yahoo mail untuk registrasi. Oleh karena itu, email yahoo cukup tenar dan banyak sekali digunakan di kalangan masyarakat indonesia. Untuk memiliki email berdomain yahoo.com atau yahoo.co.id, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Karena penyedia layanan surat elektronik ini menyediakan registrasi email gratis sampai kapanpun.

Sama seperti webmail yang lain, yahoo mail juga bisa disetting sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Baik nama, foto profil, tanggal lahir, keamanan, privasi maupun lokasi penggunanya. Kamu bisa langsung mengaksesnya dengan mudah di menu pengaturan. Setting lokasi dibutuhkan agar yahoo bisa menyesuaikan lokasi kamu dengan pelayanan yang disediakan oleh yahoo. Sehingga kamu bisa menikmati fitur-fitur dan layanan yang disediakan oleh perusahaan yahoo dengan maksimal dimanapun kamu berada seperti portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa. Yang insyallah nanti akan aku ulas lebih jauh di artikel-artikel selanjutnya. Nah, Untuk mengaktifkan atau mengubah preferensi lokasi di akun yahoo mail, kamu bisa melakukannya dengan log in email yahoo melalui komputer maupun seluler.

Cara mengubah preferensi lokasi yahoo mail

Untuk melakukan hal ini sebenarnya sangatlah mudah. Yuk ikuti beberapa langkah dibawah ini:

1. Buka yahoo mail melalui browser di android kamu
2. Isi dengan nama email dan password yang sesuai
3. Ketuk foto profil yang ada di pojok kanan atas 
4. Pilih pengaturan
5. Ketuk garis tiga yang ada di pojok kiri atas 
6. Pilih preferensi
7. Ketuk tambahkan lokasi dan masukkan kode pos daerah kamu. 

8. Sedangkan untuk mengubah atau menghapus lokasi, kamu bisa mengikuti langkah 1-6

9. Ketuk dan tahan nama lokasi yang tertera, ketuk ikon tempat sampah di samping tulisan 

Preferensi lokasi yahoo mail juga bisa berubah otomatis ketika kamu berpindah lokasi. Hal ini bisa sangat menguntungkan bagi kamu, karena akan sangat mudah untuk melacak lokasi ketika ada yang ingin membobol akun yahoo mail kamu. Banyak orang yang menganggap bahwa setting lokasi tidak terlalu dibutuhkan karena preferensi lokasi bisa berubah secara otomatis. Bahkan ada juga yang menganggap tidak begitu penting karena hanya digunakan untuk registrasi akun sosial media, sehingga email yang masuk hanya seputar iklan dan pemberitahuan aktivitas dari sosial media yang terkait (seperti like, komentar, teman baru, follow dan unfollow) dan menganggap tidak ada “pesan penting” yang masuk ke yahoo mail yang mereka miliki. Akhibatnya akun email yahoo yang sudah lama tidak dicek menjadi tidak bisa dibuka. Entah karena lupa password atau nomor dan email pemulihan sudah tidak aktif. Padahal, ketika akun sosial media sudah dihack, email sangat dibutuhkan untuk memulihkan akun. Dan email yang lupa password bisa diperbaiki jika nomor atau email pemulihan masih bisa diakses.

Disamping itu preferensi lokasi juga berguna untuk beberapa hal, seperti

1. Mengetahui dari perangkat apa saja dan dari mana saja akun yahoo mail kamu digunakan
Ketika kamu sudah mengaktifkan preferensi lokasi yahoo mail, maka kamu akan bisa selalu mengawasi dari mana saja akun yahoo kamu diakses. Hal ini dikarenakan kamu bisa melihat history lokasi tempat kamu log in dan menggunakan email yahoo, dan melalui perangkat apa (misal android, pc, dan sebagainya). Jadi, jika kamu melihat ada yang tidak wajar atau mencurigakan dari history yang tertera tersebut, kamu bisa langsung mengetahui dan mengantisipasi agar akun yahoo mail kamu tidak sampai di hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kamu bisa langsung mengganti password email maupun melaporkannya ke pihak yahoo agar yahoo bisa membantu mengamankan akun yahoo mail kamu. Sehingga akun yahoo mail kamu tidak sampai di hack dan diganti password oleh hacker

2. Mengatur preferensi bahasa yang digunakan untuk yahoo mail kamu
Selain preferensi lokasi, yahoo mail juga menyediakan setting preferensi bahasa. Dulu, preferensi bahasa menjadi bagian terpisah dari preferensi lokasi. Tapi baru-baru ini, setting preferensi bahasa sudah tidak terdapat di bagian setting preferensi. Dan sebagai gantinya, yahoo menjadikan setting preferensi lokasi secara otomatis bisa mengatur preferensi bahasa yang digunakan untuk yahoo mail kamu. Jadi, lokasi yang kamu masukkan di preferensi lokasi secara otomatis akan menentukan bahasa yang digunakan untuk yahoo mail kamu. Lokasi yang digunakan berbasis negara, meskipun ketika menambahkan lokasi kamu diminta untuk memasukkan kode pos daerah kamu.

Nah, dengan mengaktifkan lokasi untuk yahoo mail kamu, aku yakin akun kamu akan menjadi lebih aman dan nyaman untuk digunakan. Untuk selalu mengetahui informasi jika ada yang mencurigakan dari aktivitas akun email kamu, kamu harus sering membuka akun yahoo mail (Cara ini juga bisa digunakan agar kamu hafal dengan password yang kamu gunakan). Tapi jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk selalu memantau dan mengecek akun yahoo mail kamu, kamu bisa mengaktifkan autentikasi dua faktor yang juga sudah disediakan oleh yahoo mail.

Selain itu, jika kamu berganti nomor ponsel atau memiliki email aktif yang lain, kamu juga bisa menyertakannya sebagai nomor dan email pemulihan jika sewaktu-waktu email kamu tidak bisa dibuka.

Nah, itu dulu sedikit cara mengubah preferensi lokasi yahoo mail yang aku rasa penting untuk kamu ketahui. Semoga sedikit pengetahuan dan pengalaman yang aku bagikan bisa memberi banyak manfaat untuk kita semua. Jika ada tambahan, sanggahan, kritik, saran, maupun pertanyaan bisa langsung ditulis di kolom komentar. Terimakasih sudah membaca artikel ini ^_^

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar