Cara cepat unfollow akun twitter fake, in-active dan tidak follback

Kamu termasuk pengguna Twitter yang cukup aktif? Jika iya, mungkin kamu selalu memantau pergerakan jumlah followers dan following kamu. Mungkin, hal yang paling sedih untuk pengguna Twitter adalah ketika lebih banyak following daripada followers.

Ketika kamu mem-follow banyak orang dengan harapan mereka semua bisa folback kamu, ternyata harapan itu tak sepenuhnya terjadi. Beberapa orang yang kamu follow nyatanya tak mem-folback akun kamu.

Mungkin juga dari semua akun yang kamu follow ternyata ada banyak akun yang tidak aktif, akun yang tidak ada profilnya, atau bahkan akun fake and spam.

Bila kamu ingin membersihkan akun Twitter kamu dari following yang seperti ku jelaskan diatas tadi, kamu tak perlu repot – repot melihat dan menghapus akun mereka satu persatu. Ada sebuah aplikasi berbasis website yang akan membereskan masalah kamu. Manageflitter namanya.

Manageflitter adalah sebuah aplikasi twitter account management yang memiliki banyak fasilitas yang bisa kamu gunakan untuk mengelola akun Twitter kamu, salah satunya adalah mengelola followers dan following akun Twitter kamu. Caranya tidak terlalu sulit. Ikuti saja langkah – langkah yang aku jelaskan berikut.

Cara melakukan Unfollow Twitter sekaligus/massal

1. Buka web browser kamu, lalu kunjungi manageflitter.com. Maka tampilan awalnya akan seperti pada gambar. Lalu Log in untuk memulai.

Halaman login Manageflitter
Halaman login Manageflitter

2. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar, dan kamu pilih “Connect to Twitter” untuk login ke akun Twitter kamu

Login akun Twitter melalui Manageflitter
Login akun Twitter melalui Manageflitter

3. Jika kamu belum pernah login ke akun Twitter kamu, maka kamu akan diminta untuk mengisi username dan password terlebih dahulu, lalu pilih “Izinkan Aplikasi”. Karena sebelumnya aku sudah login terlebih dahulu ke Twitter, maka aku tak perlu login lagi, hanya tinggal pilih “Izinkan Aplikasi”.

Tampilan saat Manageflitter meminta perizinan untuk mengakses akun Twitter pengguna
Tampilan saat Manageflitter meminta perizinan untuk mengakses akun Twitter pengguna

4. Maka kamu akan dihadapkan pada halaman welcome. Selanjutnya kamu pilih “Unfollow and Follow” untuk melanjutkan.

tampilan halaman welcome pada manageflitter.com ketika berhasil login
tampilan halaman welcome pada manageflitter.com ketika berhasil login

5. Nah, kamu telah masuk ke halaman Unfollow. Bisa dilihat, disana banyak menu – menu / kriteria – kriteria yang dapat kamu gunakan sesuai kebutuhan. Kriteria – kriteria tersebut berada di sebelah kanan, atau pada gambar yang aku beri kotak.

berbagai kriteria yang tersedia untuk memfilter followers dan following akun Twitter
berbagai kriteria yang tersedia untuk memfilter followers dan following akun Twitter
  • Kriteria yang pertama, yaitu “Not following back”. Ketika kamu pilih kriteria tersebut, maka akan muncul akun – akun yang kamu follow atau kamu ikuti tetapi tidak folback atau tidak kembali mengikuti akun kamu.
  • Kriteria yang kedua, yaitu “No profile image”. Ketika kamu pilih kriteria tersebut, maka Manageflitter akan menyaring akun – akun yang tidak memasang gambar profil di akun Twitter mereka.
  • Kriteria yang ketiga, yaitu “Non- English”. Maksudnya, kalau kamu pilih kriteria ini, maka Manageflitter akan menyaring akun – akun yang tidak menggunakan bahasa inggris atau menggunakan bahasa lain saat bercuit di Twitter.
  • Kriteria yang keempat, yaitu “Inactive”. Nah, kamu bisa melihat akun – akun mana saja yang kamu ikuti, tetapi sudah lebih dari 30 hari tidak aktif di Twitternya. Kamu bisa unfollow akun terebut bila kamu menginginkannya.
  • Kriteria yang kelima, yaitu “Fake (Spam)”. Disini, ada sub kriteria yang dapat kamu pilih, yaitu (1) Fake Following, yaitu daftar akun – akun fake/palsu/spam yang telah kamu ikuti atau kamu follow. (2) Fake Followers, , yaitu daftar akun – akun fake/palsu/spam yang telah mengikuti kamu atau followers kamu.
  • Kriteria yang keenam, yaitu “Following ratio”. Disini juga ada sub kriteria yang bisa kamu pilih, yaitu (1) High Ratio (bad), yaitu akun – akun yang lebih banyak folloing nya daripada followers nya, sedangkan (2) Low Ratio (good), yaitu akun – akun yang lebih banyak followers nya dibanding followingnya.
  • Kriteria yang ketujuh, yaitu “Talkative/Quiet”. Ada dua sub kriteria yang dapat kamu pilih, yaitu (1) Talkative, yaitu akun – akun aktif yang nge-tweet lebih dari 5 kali per hari. Sedangkan (2) Quiet, yaitu akun – akun aktif yang nge-tweet kurang lebih hanya 1 kali per hari.
  • Kriteria yang kedelapan, yaitu “Influence”. Di kriteria ini terdapat 2 sub kategori, yaitu (1) High influence, yaitu daftar akun – akun yang kamu ikuti atau kamu follow yang memiliki pengaruh besar terhadap akun lain. Biasanya akun – akun tersebut adalah akun yang sudah terkenal dan memiliki ribuan bahkan jutaan followers. Sedangkan (2) Low influence, daftar akun – akun yang kamu ikuti atau kamu follow yang memiliki pengaruh kecil terhadap akun lain. Biasanya akun – akun pribadi yang kurang aktif di Twitter.

Dan kriteria – kriteria lain yang tidak semua aku jelaskan karena mungkin kamu kurang memerlukan kriteria tersebut. Jika kamu sudah mengetahui fungsi dari kriteria – kriteria yang sudah aku jelaskan tadi, sekarang saatnya unfollow akun yang sesuai dengan kriteria yang kamu butuhkan.

6. Contoh yang akan aku unfollow adalah akun – akun inactive atau pada gambar yang aku lingkari bernomor 1. Maka jika kamu memilih kriteria “Inactive”, maka akan muncul akun – akun yang tidak aktif selama lebih dari 30 hari. Kamu bisa memilih akun yang mana yang akan kamu unfollow.

Tampilan saat akan unfollow akun Twitter melalui Managesplitter
Tampilan saat akan unfollow akun Twitter melalui Manageflitter

Sebelum kamu memilih akun – akun yang ingin kamu unfollow, geser kekanan terlebih dahulu tombol gulir “Advanced Selected” atau seperti pada gambar yang aku beri anak panah bernomor 2. Hal ini supaya kamu bisa sekaligus memilih banyak akun yang akan kamu unfollow. Jika kamu sudah memilih, kamu tinggal pilih “save 3 unfollows” (karena aku memilih 3 akun yang akan ku unfollow), atau seperti gambar yang aku lingkari dibagian menu sebelah kanan bernomor 4. Setelah itu kamu memilih “Saved Action” atau pada gambar yang aku lingkari bernomor 5.

7.Nanti akan muncul tampilan daftar akun yang sudah kamu pilih tadi untuk di unfollow. Kamu tinggal pilih saja “Unfollow” di masing – masing akun. Selesai.

Kesimpulan

Managesplitter sudah tidak memberi fasilitas untuk unfollow sekaligus diseluruh akun yang kamu pilih. Jadi, kamu tetap hanya bisa unfollow satu persatu dari seluruh akun – akun yang sudah kamu pilih tadi secara masal atau bersama – sama. Meskipun begitu, kamu tetap perlu menggunakan Managesplitter ini untuk unfollow akun – akun yang kamu inginkan. Dengan Managesplitter, kamu tak akan salah pilih akun yang akan kamu unfollow.

Masih banyak fasilitas – fasilitas lain yang bisa kamu gunakan untuk manajemen akun Twitter kamu di Managesplitter.com ini. Karena di Managesplitter ini menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap sehingga kamu tak kesulitan lagi mengelola akun Twitter kamu. Namun, akan aku bahas dilain kesempatan.