Penjelasan mengenai fitur-fitur di akun email Outlook

Outlook Mail merupakan layanan surat web yang dimiliki oleh Microsoft. Dahulu Outlook lebih dikenal dengan nama Hotmail, karena pada awalnya dimiliki oleh Sabeer Bhatia dan Jack Smith.

Pada tahun 1997 Hotmail diakuisisi oleh Microsoft dan berubah nama menjadi MSN Hotmail dan kemudian di-branding ulang menjadi Windows Live Hotmail. Baru pada tahun 2013, Hotmail resmi berubah menjadi Outlook.com hingga saat ini.

Karena merupakan salah satu produk dari Microsoft, maka secara tidak langsung akun Anda dapat otomatis terkoneksi dengan produk microsoft lainnya, seperti Skype, Microsoft Office Online, One Drive, dan lain sebagainya. Apabila Anda belum memiliki akun e-mail di Outlook.com, cara registrasinya cukup mudah, sama dengan membuat akun email baru di platform lainnya.

Hanya saja, pada Outlook.com Anda boleh memilih dua domain, yaitu @outlook.com atau @hotmail.com. Saking mudahnya Anda dapat langsung membuat akun e-mail Outlook baru melalu smartphone Anda seperti yang dibahas dalam salah satu artikel sebelumnya.

Anggaplah Anda sudah masuk ke akun email yang baru saja Anda buat. Secara otomatis Anda akan mendapatkan dua email dari Outlook.com Team sebagai ucapan selamat datang. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari berbagi fitur yang dapat Anda gunakan pada akun e-mail outlook Anda.

Tampilan e-mail cukup sederhana, seperti yang ditampilkan oleh gambar berikut ini:

Dari sini, mari kita mulai menjelajahi semua fitur pada Outlook mail dari setiap sudut.

Fitur-fitur email outlook

1. Halaman utama (Tengah)

Pada platform surat virtual lainnya, pengelompokkan setiap e-mail menjadi salah satu fitur yang kini semakin digemari oleh pengguna karena kemudahan yang ditawarkannya. Pengguna tidak lagi harus bersusah payah mencari e-mail penting diantara ratusan e-mail notofikasi yang memenuhi inbox.

Pada Outlook.com, jenis e-mail secara default hanya dibagi menjadi dua yaitu ‘focused’ dan ‘other’. Atau dalam kata lain dapat dianggap sebagai pembagian email penting dan tidak penting. Semua email yang bersifat notifikasi, edaran, update atau promosi akan otomatis masuk ke bagian ‘other’, sedangkan yang berasal dari e-mail dari individu seperti teman, kolega, urusan kantor, dll akan masuk ke focused. Pengelompokkan ini dapat diatur lebih lanjut dengan menambahkan category maupun folder mail baru.

Pada sebelah bagian kiri halaman e-mail, selain folder Inbox, Junk Email, Drafts, Sent Items, Deleted Items dan Archive, yang masing-masing fungsinya sudah kita ketahui, Anda dapat menambahkan folder baru untuk menyimpan jenis e-mail tertentu sesuai kebutuhan. Folder ini dapat diatur sedemikian rupa sehingga setiap email dari pengirim tertentu akan secara otomatis masuk kedalam folder ini ketika Anda menerimanya.

2. Bagian Kiri atas

Dari halaman e-mail ini Anda dapat langsung terkoneksi dengan semua platform yang dimiliki oleh Microsoft. Pada bagian kiri atas terdapat 9 kotak kecil berwarna biru, apabila di klik maka akan memunculkan semua platform Microsoft lainnya yang dapat langsung Anda gunakan.

3. Bagian Kiri Bawah

Pada bagian kiri bawah, selain Outlook Mail Anda diberikan 3 buah pilihan shortcut lainnya ke platform Microsoft Outlook yaitu :

a. Outlook Calendar

merupakan aplikasi web yang menyediakan layanan majemen waktu bagi pengguna. Tampilan calendar dapat dilihat dalam kategori bulanan, harian, bahkan jam dan menit. Pengguna dapat membuat jadwal kegiatan mingguan dan juga sehari-hari, yang akan ditampilkan langsung pada halaman Windows Start PC Anda.
Fitur ini dikaitkan langsung dengan e-mail karena seperti yang sudah kita ketahui berbagai macam kegiatan/acara seperti undangan pemberitahuan meeting bisnis dll sering diinformasikan melalui e-mail. Dengan begitu, diharapkan dapat memudahkan pengguna menyimpan acara. Baik yang sifatnya sudah berlangsung maupun sebagai pengingat untuk kegiatan/acara yang akan dilakukan dikemudian hari.

b. Outlook People

Merupakan layanan manajemen contact. Semua pengirim email yang masuk ke dalam inbox Anda tidak secara otomatis ada dalam daftar kontak ‘Outlook People’, Anda harus memasukkannya satu persatu. Selain alamat email, Anda dapat menambahkan lokasi, nomor telepon dan terintegrasi langsung dengan akun Twitter dan Facebook apabila Anda menambahkannya pula. Setelah Anda memasukkan semua keterangan dan link dari seseorang, secara otomatis contact ini akan terupdate dengan sendirinya apabila terdapat perubahan. Pengguna dapat saling berbagi detail contact yang dinamakan profile, dapat kita juga membatasi apa saja yang boleh diketahui oleh orang lain.

c. Outlook Tasks

Merupakan bagian dari fitur manajemen waktu yang dikembangkan oleh Outlook.com. Apabila dilihat dari pengertian harfiahnya, ‘task’ atau tugas ini berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mengatur dan mengingat semua tugas-tugas yang harus dikerjakan. Tampilannya sangat sederhana dan terkesan seperlunya. Mungkin bisa dibilang aplikasi di smatphone Anda bisa lebih efektif. Namun, untuk Anda yang sering berada di depan computer kesayangan sebagai sahabat kerja, sudah pasti fitur ini cukup membantu.

4. Bagian Kanan dan Kanan Atas

Pada sebelah kanan tampilan layar, pengguna biasanya disuguhi oleh iklan statik. Jangan salah sangka dulu ya, meskipun Outlook.com menyematkan ads / iklan, tapi dijamin iklan yang ditampilkan tidak mengganggu para pengguna.
Iklan ini juga akan tertutup secara otomatis apabila Anda mengaktifkan pilihan-pilihan yang terdapat pada bagian sebelah kanan atas. Pada bagian kanan atas ini terdapat lima fitur pilihan, penjelasan singkat dibawah ini akan menerangkan guna masing-masing tombol diurutkan dari paling kanan.

a. User account

Ketika Anda mendaftar, secara otomatis Anda juga membuat akun Microsoft sehingga apabila memilih ‘Edit account’ atau pun ‘View account’ Anda akan diteruskan ke halaman akun Microsoft.

b. Halaman ‘Help’

Halaman ini adalah layanan bagi pengguna yang mengalami kesulitan untuk menavigasikan Outlook.com. Semua fakta dan pertanyaan yang sering diajukan pelanggan dapat diakses secara mudah dengan memasukkan kata kunci yang bersangkutan. Mesin pencarian kemudian akan menampilkan beberapa kasus yang memiliki kata kunci tersebut, Anda hanya perlu memilih FAQ mana yang paling sesuai dengan pertanyaan Anda. Jika tidak ada yang sesuai dengan kriteria, Anda dapat menghubungi contact support di pilihan ‘Help’ paling bawah.

c. Mail Setting

Pada bagian ini, Anda akan diberikan semua pilihan yang berhubungan dengan pengaturan e-mail Anda agar dapat berfungsi lebih efektif sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa pilihan tersebut diantaranya yaitu Display Setting, Offline settings, Change Theme dan lain sebagainya. Mungkin akan lebih mudah apabila setiap fitur ini dijelaskan dalam artikel yang berbeda.

d. Halaman Notifikasi

Selayaknya fungsi halaman notifikasi, bagian ini akan menampilkan semua notifikasi e-mail lainnya. Dengan tambahan bonus, apabila ada agenda yang Anda masukkan pada calendar dan task, maka secara otomatis notifikasi dari kedua fitur tersebut akan ditampilkan pula pada halaman ‘notifications’ ini.

e. Shortcut Skype

Kalau platform yang satu ini sudah sering dengar ‘kan? Yap, Skype merupakan anak perusahaan Microsoft yang diakuisisi pada bulan Mei 2011. Skype adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk melakukan video chat maupun voice call hampir ke semua device, seperti computer, smartphones, mobile devices seperti jam tangan pintar dan Xbox console dan bahkan ke sambungan telepon biasa. Itulah mengapa, meskipun sudah banyak pengguna yang beralih melakukan video call melalui smartphone, Skype masih menjadi unggulan diantara banyaknya platform sosial media baru. Apabila shortcut Skype di klik, melalui Outlook Mail Anda dapat langsung melakukan video chat maupun voice call ke daftar contact di Outlook People Anda.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

april

april

I'm an ARMY, are you...?

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar