Cara Mengaktifkan Night Mode di Twitter dan Youtube

Buat yang suka mantengin layar komputer atau smartphone untuk scrolling di Twitter atau menonton video di Youtube, kalian pasti bakal suka dengan fitur yang satu ini.

Penambahan pilihan ‘dark theme’ atau ‘night mode’ sebenarnya bisa dibilang sebagai fitur yang sepele. Meskipun begitu banyak sekali pengguna yang merasa lebih nyaman berselancar pada layar yang gelap. Selain tampilan layar terlihat lebih keren dan dapat menghemat baterai, mengaktifkan night mode juga dapat menjaga kesehatan mata dengan mengurangi intensitas cahaya yang terserap.

Sebagai informasi tambahan, ‘night mode’ ini tidak biasa diterapkan pada platform social media, developer tidak secara langsung mengembangkan penambahan fitur ini. Twitter dan Youtube juga baru menerapkannya secara bertahap dimulai dari dua tahun lalu. Platform social media besar lainnya seperti Facebook dan Instagram belum menambahkan fitur ini secara terintegrasi langsung. Apabila adapun biasanya dikembangkan oleh pihak lain, dan harus diaktifkan dengan menginstall plugin/aplikasi/extension tambahan yang dapat merubah skin/theme tampilan layar.

Langsung ke pokok pembahasan, berikut uraian bagaimana cara mengaktifkan fitur ini pada Twitter dan Youtube.

Night mode di TWITTER

Pada Twitter digunakan istilah night mode. Penerapan night mode di Twitter dilakukan secara bertahap. Diawali dari aplikasi Twitter mobile, baik pada iOs maupun Android yang sudah diterapkan dari pertengahan tahun 2016, berlanjut ke Twitter dekstop yang baru dapat digunakan mulai bulan Juni tahun lalu.
Pada aplikasi Twitter mobile, khususnya Android, pengaturan night mode ini dapat dilakukan dengan mudah seperti berikut ini :
– Setelah membuka aplikasi Twitter, masuklah ke bagian profile akun Anda.
– Dibagian bawah terdapat pilihan ‘Night Mode’ dan geser tombol yang ada disamping pilihan tersebut.
– Secara otomatis tampilan Twitter Anda akan berubah menjadi hitam kebiruan, yang tentunya lebih nyaman di mata.

Sedangkan pada versi Twitter dekstop, pengaktifan ‘night mode’ bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :
– Buka Twitter.com pada browser Anda dan ‘Log in’ ke akun Twitter Anda.
– Pada halaman depan, klik avatar profil Anda yang terletak pada bagian kanan atas. Maka akan keluar pilihan seperti pada gambar.
– Pilih ‘Night Mode’ berlogo gambar bulan sabit yang ada di pilihan paling bawah.
– Secara otomatis tampilan layar pada Twitter Anda akan berubah menjadi gelap, warna tulisan menjadi putih dan ‘theme color’ dapat dirubah sesuai keinginan dari pilihan ‘edit profile’.

Dark theme di YOUTUBE

Sebagai salah satu platform media sosial yang memperbolehkan penggunanya berbagi video, Youtube semakin berkembang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan setianya. Pada kesempatan sebelumnya, Youtube mengumumkan beberapa pengembangan yang lebih baik untuk versi desktopnya, selain tampilan desain baru dan framework yang lebih cepat, pengguna disuguhi pula dengan fitur anyar yaitu ‘dark theme’ alias mode gelap.

Namun, pilihan dark theme ini belum secara resmi diluncurkan untuk aplikasi Youtube mobile. Meskipun begitu, banyak pengguna yang melaporkan bahwa mereka dapat menggunakan settingan ini di smartphone mereka.

Untuk menggunakan pilihan ‘dark mode’ pada Youtube Desktop caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya :
– Buka www.youtube.com pada browser Anda
– Fitur ini dapat diaktifkan meskipun Anda tidak ‘Sign in’ ke akun Youtube Anda.
– Klik tiga tanda bulat abu-abu pada bagian kanan atas disebelah tanda ‘Sign in’. Klik pada tiga bulatan tersebut sehingga muncul pilihan seperti gambar dibawah ini.
– Pilih ‘Dark Theme : Off’ dan akan ditampilkan pilihan notifikasi.
– Geser tombol disebelah tulisan ‘Dark theme’, secara otomatis tampilan Youtube Anda akan berubah langsung menjadi bernuansa gelap, seperti berikut.

Sedangkan pada aplikasi Youtube mobile, seperti yang sudah saya beritahukan sebelumnya, secara resmi Youtube belum menerapkan fitur ‘dark theme’ pada aplikasi mobilenya. Namun, beberapa orang di forum-forum teknologi seperti sub-Reddit melaporkan bahwa mereka dapat untuk mengaktifkan fitur ini. Pada smartphone saya sendiri belum tersedia pilihan untuk mengaktifkan fitur ‘dark mode’. Apabila pada Youtube mobile Anda sudah tersedia, Anda dapat mengktifkannya dengan mudah pula.

Setelah membuka aplikasi, cari di pilihan setting/pengaturan. Pilih tombol ‘Dark Theme’, geser tombolnya dan secara otomatis layar akan berubah gelap. Anda akan dapat langsung menggunakan Youtube seperti biasa.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

april

april

I'm an ARMY, are you...?

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar