Google Inbox: Mendapatkan manfaat lebih dibandingkan Gmail

Google memang tidak pernah berhenti memanjakan penggunanya dengan berbagai produk yang dihasilkan. Bahkan satu produk akan berkaitan dengan produk yang lain sehingga saling melengkapi. Gmail, sebagai salah satu produk terkenal dari Google untuk mengirim surat elektronik terus dikembangkan fitur fiturnya.

Saat ini Gmail bisa dibilang sebagai platform pengirim email terbaik dilihat dari sisi penggunaan, tampilan, kapasitas dan fitur fiturnya. Bahkan gmail dapat terintegrasi dengan website perusahaan sehingga sangat membantu proses penggunaan email.

Kali ini aku akan membahas mengenai Google Inbox. Google Inbox ini memang bukanlah barang baru dari Google. Namun sayangnya belum banyak yang mengetahui informasi mengenai Google Inbox ini. Lalu, apa itu Google Inbox? Apa bedanya dengan Inbox di Gmail? Ini Fitur atau aplikasi? Jadi mari kenalan dengan Google Inbox.

Yudha note : Sebelum approve ide tulisan ini, aku udah cek sedikit mengenai inbox, dan aku pikir, why not, aplikasi ini keliatan lebih lengkap dari gmail. Setelah penulis submit tulisan ini, aku lakukan pengecekan terakhir untuk mastiin info dari penulis, dan aku nemu notice google bahwa google inbox bakalan di shut-down oleh google di maret 2019, mereka ternyata udah umumin hal ini di awal september 2018 kemarin.

Point pentingnya disini adalah, aplikasi google inbox masih bisa digunakan sampai maret 2019, kamu bisa pakai aplikasinya dan cobain serta nikmatin kemudahan yang ditawarkan aplikasi tsbt, tapi mengingat aplikasi ini akan di shutdown dalam beberapa bulan kedepan, aku rasa sebaiknya kamu tetap bertahan dengan aplikasi gmail kamu. Sekian dan terima kasih.

Mengenal Google Inbox

Google Inbox merupakan produk Google yang berfungsi untuk mengoptimalkan penggunaan Gmail kamu. Sehingga ini merupakan aplikasi atau produk yang terpisah tetapi penggunaannya perlu di integrasikan. Google inbox berguna untuk memudahkan pengguna dalam mengelola email yang pengaturannya belum ada pada Gmail standar. Nah lalu kenapa perlu menggunakan aplikasi ini? Aplikasi ini akan sangat membantu kamu dalam mengelola email tanpa harus membukanya satu persatu.

Google Inbox berupa aplikasi, sehingga sebaiknya Google Inbox hanya digunakan pada smartphone, bukan digunakan pada desktop. Pada dasarnya fitur fitur yang ada pada Aplikasi Google Inbox ini sudah ada pada tampilan desktop tetapi belum masuk ke dalam Gmail. Jadi ini benar benar bisa menjadi pelengkap yang baik untuk berkirim dan menerima email Gmail.

Fungsi Google Inbox

Fungsi utama Google Inbox adalah untuk menerima email, kemudian membongkar isi email dan mengelompokkan berdasarkan isinya, kemudian juga bisa mengkategorikan email. Biasanya dengan menggunakan Gmail kamu harus membuka satu persatu email untuk mengetahui isinya. Sedangkan dengan menggunakan Google Inbox tidak perlu.

Kamu bisa membuka lampiran email tanpa harus membuka isi email, atau kamu juga bisa mengetahui nomor telepon, informasi penerbangan, foto dan lain sebagainya yang ada di dalam email. Sehingga kamu tidak perlu melakukan pencarian email satu persatu untuk mendapatkan informasi yang ingin kamu dapatkan.

Fitur fitur yang ada di Google Inbox

Google Inbox memiliki berbagai fitur yang sangat membantu kamu untuk mengelola email. Fitur ini sebenarnya beberapa ada yang sudah diinclude pada tampilan desktop, tetapi kalau kamu sering menggunakan smartphone untuk mengirim dan menerima email, ini tentu lebih baik. Meskipun fitur ini sangat membantu, ada fitur yang belum bisa digunakan di Indonesia. Tetapi meskipun begitu, fitur yang lain tentu masih bisa kamu gunakan dengan baik. Simak ya masing masing fitur dari Google Inbox yang keren ini.

a. Trip Bundles (Bantuan perjalanan)

Trip Bundles merupakan fitur untuk membantu pengguna dalam melakukan perjalanan. Misalnya pengguna Google Inbox baru saja membeli tiket pesawat secara online dan mendaftar menggunakan email. Ketika terdapat invoice pembelian tiket yang masuk ke email, maka Google Inbox akan secara otomatis mengidentifikasi kemana tujuan perjalanan pengguna.

Setelah itu Google Inbox akan memberikan informasi kepada pengguna mengenai tempat tempat wisata yang ada di daerah tujuan. Bukan hanya itu saja, pengguna juga bisa memanfaatkan informasi ini untuk melakukan reservasi hotel secara langsung melalui fitur ini. Sehingga perjalanan akan terasa menjadi lebih mudah dengan bantuan google Inbox.

Sayangnya fitur yang menarik ini belum tersedia untuk tujuan di Indonesia. Mungkin karena saking luas dan banyaknya informasi di indonesia ya, hehe.

b. Undo Send (Batal Kirim)

Fitur batal kirim sebenarnya sudah ada pada Gmail dan pernah aku bahas di cara membatalkan pesan gmail yang terlanjur dikirim, akan tetapi hanya berlaku apabila digunakan pada laptop atau menggunakan google chrome. Sedangkan apabila menggunakan aplikasi Gmail fitur ini belum tersedia. Nah Google Inbox hadir untuk membantu kamu melakukan pembatalan pengiriman pesan kepada orang lain  bahkan ketika kamu menggunakan HP.

Pembatalan pesan ini tentu saja sangat berguna apabila kamu belum sempurna menulis email tetapi sudah terkirim. Atau kasus yang sering terjadi adalah lampiran email belum dilampirkan tetapi sudah terlanjur melakukan pengiriman sehingga nampak kurang profesional. Nah dengan fitur ini kamu bisa menarik pesan kemudian melakukan pembenaran isi email terlebih dahulu.

c. Sweep (Mengkategori email)

Kalau kamu menghapus atau mengarsipkan email, biasanya email tersebut akan menjadi satu folder saja. Bahkan banyak yang tidak tahu cara mencari email yang sudah diarsipkan. Nah Google Inbox memiliki fitur Sweep yang berfungsi untuk menghapus atau mengarsipkan email sesuai dengan kategorinya. Kalau di Gmail versi desktop, ada juga fitur untuk mengkategorikan email sesuai selera kamu, aku pernah membahasnya di halaman cara membuat tampilan kotak masuk sesuai prioritas. Jadi sekarang kamu bisa menerapkannya di HP maupun di laptop.

Sehingga kamu akan sangat mudah untuk menghapus email, sekaligus sangat mudah untuk mencarinya kembali dari kotak sampah. Selain itu, pengkategorian email dilakukan secara otomatis oleh Google Inbox tergantung dari informasi email tersebut. Pengkategorian bisa berdasarkan pengirim email, isi email dan kata tertentu di dalam email. Jadi fitur ini sangat memudahkan kamu.

d. Snooze (Menyetel waktu email masuk)

Salah satu fitur yang unik dari Google Inbox adalah Snooze. Fitur ini berfungsi untuk mengatur kapan email akan masuk. Misalnya kamu sedang tidur atau sedang dalam perjalanan berwisata, mungkin kamu menghindari email pekerjaan. Nah dengan fitur Snooze inilah kamu bisa menunda email yang masuk hingga waktu yang kamu tentukan. Sehingga nantinya email akan tertahan sementara di server Google.

Fitur ini tentu memiliki kelebihan yaitu tidak akan ada email yang mengganggu ketika kamu tidak ingin bekerja. Namun kelemahannya tentu saja adalah jika kamu mendapatkan email yang bersifat penting dan urgent tidak akan tahu.

e. Preview (menengok isi lampiran)

Jika kamu menggunakan aplikasi Gmail maka kamu harus mendownload terlebih dahulu lampiran untuk bisa membukanya. Apabila kamu menggunakan aplikasi Google Inbox, kamu bahkan tidak perlu membuka email untuk bisa membaca isi lampiran. Ini sebenarnya mirip dengan apa yang ada di Google pada tampilan desktop yaitu memiliki fungsi preview.

Lampiran Email yang bisa dibuka secara langsung ini tentu membantu kamu agar bisa langsung menengok seberapa diperlukan isi lampiran untuk ditindak  lanjuti. Atau jika kamu ingin mencari lampiran yang dibutuhkan, kamu tidak perlu membuka satu persatu email yang ada di kotak masuk kamu. Tinggal cari saja di daftar lampiran dan kamu bisa langsung mendapatkannya.

Cara menggunakan Google Inbox

Nah setelah tahu betapa memudahkan hidup aplikasi ini hehe, maka kamu perlu untuk segera mencobanya. Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Pertama download terlebih dahulu aplikasi Inbox by Gmail melalui Google Play Store, atau kamu juga bisa download di app store kalau pakai apple. Proses instalasi aplikasi ini tergolong cepat karena hanya memiliki ukuran 13 MB. Meskipun banyak yang belum tahu, ternyata aplikasi ini sudah di download 10 juta kali dengan review hampir 400 ribu orang lho sejak tahun 2014.

Setelah aplikasi terinstal maka kamu bisa langsung login menggunakan email yang kamu miliki. Nah selanjutnya Google Inbox akan menganalisis dan menata ulang susunan inbox email kamu. Kamu perlu menunggu beberapa saat hingga proses ini selesai, karena untuk pertama kali prosesnya cukup lama. Setelah itu, kamu bisa langsung mencoba fitur fitur yang ada di sana, sesuai dengan yang telah aku sampaikan di atas tadi.

Sekian tadi ulasan mengenai Google Inbox. Aplikasi ini memiliki fungsi yang sangat memudahkan kamu untuk mengelola email. Fitur fiturnya yang serba otomatis dan sesuai dengan keadaan tentu saja akan membuat pengiriman dan penerimaan email menjadi lebih praktis. Terutama kamu tidak perlu repot repot membuka satu persatu email yang masuk untuk memeriksa isinya.

Meskipun begitu, aplikasi Google Inbox ini akan segera di non aktifkan oleh Google pada pertengahan tahun depan. Sebagai gantinya, Google Inbox ini akan diintegrasikan menjadi satu dengan Gmail. Sehingga bagi kamu yang belum sempat untuk mencobanya, kamu harus mencoba sekarang. Jangan sampai kamu menjadi orang yang belum pernah merasakan kemudahan menggunakan Google Inbox. Semoga bermanfaat.

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar