Google plus, sosial media buatan google akan segera di tutup?

Kalau kamu blogger atau pengguna internet kelas “berat”, kamu pasti udah tau sosmed satu ini. Google plus adalah sosmed yang dibuat google sekitar 7 tahun yang lalu untuk menyaingi sosmed lain seperti facebook dan twitter.

And, it’s fail. Setidaknya dari kacamata google, google plus itu projek gede yang gagal mencapai targetnya.

Sekitar dua hari yang lalu, aku dapat kabar bahwa google plus akan ditutup. Aku sendiri adalah salah satu pengguna g+ sejak platform ini dibuat, walaupun memang awalnya ga terlalu aktif dan skeptis setelah coba make platform satu ini, tapi setelah gabung ke grup IAPD (indonesian adsense publisher discussion), aku justru lebih sering pakai google plus jika dibandingkan sosmed lainnya.

Awalnya aku sendiri ga yakin google bakalan nutup google plus. Karena walaupun platform ini ga serame sosmed lain, g+ tetap punya loyal user. Aku bisa dibilang salah satunya. Ini karena untuk diskusi topik tertentu, lebih enak di g+ dibandingkan tempat lain.

Setelah baca-baca beberapa news site dan baca pengumuman terkait hal ini di blog google, ternyata informasi ini bener dan bukan sekedar rumor.

Di blog google, google menjelaskan alasan mereka melakukan penutupan di point no 1 di tulisan ini.

Dari yang aku baca, alasannya karena ada bug/security breach, yang menyebabkan data lebih dari 500.000 user g+ berkemungkinan terpapar bug ini. Namun google juga menjelaskan bahwa dari analisys mereka, mereka tidak menemukan adanya bukti bahwa bug ini telah disalah-gunakan.

Jadi datanya masih aman gitu harusnya. Kemungkinan memang google nemu bug nya sendiri, dan setelah mereka lakukan analisis, ternyata bugnya masih belum ketauan sama yang lain dan datanya masih aman, kira2 begitu lah.

Selain itu google juga menjelaskan bahwa yang akan mereka tutup adalah akun custumer saat ini, dan kedepannya google plus akan di buka untuk akun bisnis.

Mind you, my english is not perfect. Ini kali pertama aku menulis topik terkait masalah/berita hangat yang sedang dibicarakan di internet. Tulisan ini tujuannya bukan untuk memberitakan. Bukan berita. Tapi opini. Feel free to correct me if im wrong.

Dari beberapa artikel terkait yang aku baca, nampaknya google udah memang ingin menutup platform ini, dan memakai alasan bug ini untuk ketok palu nya.

Well, perusahaan seperti google jelas memperhatikan yang nama profitability, dan g+ memang jauh dari kata profitable. Kedepannya kalo memang google jadi membuatkan g+ untuk bisnis, kemungkinan bakalan berbayar sih, jadi kemungkinan sih sistem subscription seperti platform google suite atau mungkin malah ditambahkan ke bonus untuk pengguna google suite.

Ini tergantung seberapa dibutuhkan/bermanfaatnya, akun g+ bisnis tersebut untuk para pebisnis. Kalau mereka bisa kasih manfaat yang cukup besar, kemungkinan bisa diminta pembayaran sendiri/terpisah dari google suite.

Ini cuma asumsi ku. Tulisan ini aku buat untuk diskusi. So, let me know, what you guys think in the comment section below.

Source : https://www.blog.google/technology/safety-security/project-strobe/, https://www.cnbc.com/2018/10/10/google-plus-users-mourn-shutdown.html and https://www.nytimes.com/2018/10/08/technology/google-plus-security-disclosure.html

yudha

yudha

[Admin, editor, sekaligus penulis di blog ini]___[Kalau kamu merasa terbantu dengan tulisan2 yang ada disini, jangan males untuk klik tombol SHARE/BAGIKAN. It mean a lot for me, and this website. Matur tengkyu....]

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar