Cara menghemat kuota data saat nonton di Youtube

Bagi kalian pengguna smartphone, Youtube merupakan salah satu aplikasi nonton video yang bisa membuat kalian betah berlama lama diam disuatu tempat. Seiring banyaknya jenis jenis konten dan banyaknya orang yang ingin menjadi youtuber, membuat eksitensi youtube semakin lama semakin kuat.

Saat ini apapun yang kita cari ada di youtube. Misalnya jika kalian hobi kuliner kalian bisa menonton vlog kuliner atau review makanan, jika kalian stress dan butuh hiburan kalian bisa menonton berbagai macam acara lucu yang sudah tersedia di youtube. Semua hal baik itu positif maupun hal negatif ada di youtube.

Namun dibalik itu semua Youtube merupakan salah satu aplikasi yang menghabiskan banyak sekali Kuota. Bagaimana tidak, untuk menonton 1 video berdurasi 20 menit saja kita bisa menghabiskan kuota puluhan MB. Apalagi jika kualitas video yang kalian nonton bagus, maka akan ada kemungkinan menghabiskan ratusan MB hanya untuk menonton 1 video saja.

Bagi kalian yang memiliki kuota pas-pasan mungkin akan berpikir dua kali jika ingin menonton youtube. Menyikapi masalah borosnya kuota yang disebabkan oleh youtube, ternyata ada beberapa hal yang bisa kalian terapkan agar kuota menonton youtube bisa ditekan.

Berikut adalah tips tips cara menghemat kuota nonton youtube versi bukugue.com

1. Kualitas video tinggi hanya di Wifi

Dizaman yang serba canggih ini, wifi sudah ada dimana mana. Hampir semua area dipasang wifi agar para pengguna internet tertarik untuk pergi ke area tersebut. Kalian hanya perlu duduk dan memesan minuman disebuah restoran atau fasilitas umum maka kalian sudah bisa menikmati wifi secara gratis.

Nah disini kalian bisa menghemat kuota dengan mengaktifkan pengaturan yang membatasi video kualitas tinggi hanya di wifi. Jadi kalau kalian ada di jaringan internet ponsel (mobile), video akan selalu berkualitas rendah untuk menghemat kuota. Berikut adalah cara mengatur kualitas video di jaringan mobile di youtube.

1. Masuk ke halaman awal youtube lalu tap gambar profil dibagian kanan atas layar

MAsuk ke Youtube

2. Setelah tap gambar profil kalian, kalian akan masuk ke menu Account seperti dibawah ini. Selanjutnya pilih setting

Pilih Setting

3. Dimenu Setting ini selanjutnya pilih General.

Pilih General

4. Di pengaturan general ini, aktifkan pengaturan “limit mobile data usage, only stream HD on Wifi”. Dengan mengaktifkan mode ini ketika kalian menggunakan mobile data untuk menonton maka kalian tidak akan bisa menonton video dengan resolusi yang besar.

Aktifkan Limited Mobile data

2. Download video

Salah satu penyebab habisnya kuota adalah buffering. Download yang terputus-putus baik itu karena jaringan ataupun terpotong iklan, meningkatkan kuota yang terpakai.

Selain itu, menonton video yang sama berulang-ulang juga memakan kuota. Adakalanya kalian menyukai sebuah video lalu kalian memutar video tersebut berkali-kali. Misalnya musik video biasanya ditonton berkali-kali. Sebenarnya tidak ada masalah, namun ada baiknya video tersebut kalian download terlebih dahulu. Jadi kalian bisa memutar video tersebut berkali kali tanpa harus khawatir kehabisan kuota.

Berikut adalah cara mendownload video di youtube.

1. Buka video yang ingin kalian tonton seperti biasa, lalu pilih download di bagian bawah video

Pilih Viedo yang akan ditonton

2. Pilih resolusi video yang ingin kalian download, misalnya 720p. Kalau videonya tidak perlu detail, maka pilih resolusi kecil saja. Resolusi tinggi cocok untuk video yang perlu dilihat dengan detail dan jelas, misalnya tutorial yang ada tulisan-tulisan dan angka didalam videonya, karena kalau kualitas rendah, tulisan dan angka ini tidak akan keliatan jelas.

Pilih Resolusi

3. Tunggu download selesai.

Proses Download Dimulai

4. Jika kalian sudah menyelesaikan download kalian bisa menonton video tersebut dengan cara pilih library di bagian bawah layar youtube. Setelah masuk ke bagian library, pilih download

MAsuk ke Download

5. Video yang sudah kalian download akan ada tanda conteng seperti terlihat pada gambar. 6. Pilih video tersebut lalu kalian bisa menikmati video secara offline tanpa harus keluar kuota

3. Menggunakan aplikasi Youtube Go

Selain aplikasi youtube yang biasanya kita gunakan, ada satu aplikasi yang diberinama Youtube Go. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi nonton video yang dibuat oleh Google. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif bagi kalian yang ingin menonton tanpa harus khawatir kehabisan kuota.

Aplikai Youtube Go
Aplikai Youtube Go

Ada banyak sekali perbedaan aplikasi ini dengan aplikasi youtube biasa. Hal ini sudah dibahas dengan detail di tulisan sebelumnya di sini : https://bukugue.com/perbedaan-youtube-dan-youtube-go/

Dari segi fitur, youtube go memiliki fitur lebih sedikit, jadi penghematannya kuotanya bukan hanya dari segi video, tapi dari banyak hal. Misalnya, di youtube go tidak ada komentar. Ini artinya kamu tidak akan me-load komentar, sehingga tidak ada kuota terpakai kesini. Ada beberapa fitur lain yang juga dipangkas. Kamu bisa baca tulisan diatas untuk lebih lanjutnya.

4. Gunakan paket internet youtube unlimited

Cara ini merupakan cara yang sangat praktis jika kalian ingin menonton youtube tanpa harus mengatur resolusi dari film yang akan kalian tonton.  Kalian bisa mengatur paket kuota dari kartu SIM yang kalian gunakan. Saat ini banyak sekali provider kartu SIM yang menyediakan paket unlimited youtube. Cukup membayar 50 – 100 ribu kalian bisa menonton youtube secara bebas tanpa harus kehabisan kuota.

5. Gunakan ads blocker

Hi. Admin disini. Nomer 5 ini aku tambahkan sebagai opsi bagi yang bener-bener lagi tipis kuota. Aku sendiri tidak menyarankan pakai ads blocker. Aku tidak pakai ads blocker, karena aku tau, iklan itu yang menjadi penghasilan si pembuat video. Aku sendiri bisa terus menulis dan membayar penulis di blog ini karena penghasilan dari iklan di blog ini.

Seperti yang kita tau, iklan di youtube bukan hanya iklan gambar atau teks tapi juga iklan video. Dan ini memakan banyak kuota. Jadi buat kalian yang memang sedang minim kuota, memasang ads blocker untuk menghilangkan iklan di youtube adalah alternatif yang patut di coba. Yang perlu di ingat adalah, pembuat video mendapatkan penghasilan dari iklan. Jadi pertimbangkan juga hal ini.


Kuota youtube yang kalian gunakan tergantung ke banyak hal, mulai dari buffering, kualitas video, iklan yang di load, komentar yang di load, dll. Untuk mengurangi kuota, kita bisa optimasi dari banyak sisi.

Namun yang terbesar memang dari segi kualitas video. Jika kalian menonton video dengan kualitas yang tinggi maka akan semakin banyak kuota kalian yang terpakai.

Itulah bagaimana cara mudah dalam menghemat kuota internet di youtube. Cukup mudah bukan? Jika ada yang ingin kalian tanyakan silahkan tambahkan di kolom komentar.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan