Facebook Ads : Cara mudah untuk promosi tertarget di Facebook

Buat kamu yang ingin mengembangkan bisnis ga pake ribet, Facebook Ads adalah solusi yang paling efektif. Jangkauan pasar yang luas dan kemudahan yang ditawarkan pasti akan membuat omset bisnis kamu meningkat drastis.

Menurut Country Director Facebook di Indonesia, pengguna facebook tahun 2017 ini sudah lebih dari 88 juta jiwa loh. Bayangkan jika 10% penggunanya membeli barang kamu, duh lumayan banget kan?

Nah, kali ini aku akan jelaskan gimana sih cara penggunaan Facebook Ads ini, yuk disimak

Hal awal yang harus kamu siapkan untuk membuat iklan di Facebook adalah memiliki akun Facebook. Pasti sudah punya kan? Cobalah untuk Log in.

Kemudian untuk membuat iklan kamu harus memiliki sebuah page base yang berisi setiap hal tentang bisnis kamu. Sebelumnya sudah dijelaskan “Cara membuat halaman fanpage di facebook“.

Contoh laman facebook

Laman facebook bukugue.com

Untuk masuk ke proses selanjutnya, aku anggap kamu udah selesai membuat laman facebook.

Cara pasang Iklan di Facebook dengan mudah

Untuk membuat iklan di facebook, pertama, kamu harus punya Akun di Ads Manager Facebook.Pertama mulai dengan masuk ke Ads Manager. Bisa dengan klik link sebelumnya, atau lihat di menu yang ada dilaman, seperti yang ditunjukkan digambar dibawah ini.

Setelah itu kamu akan dibawa kelaman Ads manager. Dibawah ini sudah ada Ad Account, tapi biasanya diawal, akan di arahkan untuk membuat Ad account pertama kamu.

Membuat Ad Account

Di bagian ini kamu akan diminta untuk memberikan informasi dasar mengenai lokasi, mata uang dan zona waktu. Biasanya untuk lokasi dan mata uang akan otomatis terseting berdasarkan akun dasar kamu, untuk time zone sesuaikan dengan letak kamu berada atau target pasar kamu. Setelah selesai klik tombol continue.

Membuat Campaign dan Ad set

Setelah Akun di Ads manager berhasil dibuat. Langkah selanjutnya adalah membuat Campaign.

Untuk Campaign sendiri ada tiga kategori tujuan, yaitu awareness, consideration dan conversion, usahakan selalu membaca keterangan yang tersedia di masing-masing kategori. Setelah kamu pilih, beri nama campaign lalu pilih continue.

Yudha note :

Campaign itu seperti yang udah dijelaskan oleh penulis, merupakan “objective” atau “tujuan” yang ingin di capai. Aku sendiri biasanya ambil campaign tipe “traffic”. Campaign ini tujuannya mendatangkan traffik ke blogku.

Ada banyak banget macam-macam campaign di facebook, kamu bisa lihat digambar diatas, jadi ga mungkin di jelasin disini semua. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai campaign, bisa langsung komentar aja dibawah.

Setelah menentukan campaign, kamu akan otomatis diminta membuat Ad set untuk campaign tersebut. Ad set ini adalah Ad set pertama di campaign tersebut. Satu campaign bisa banyak Ad setnya. Bisa ditambahkan lagi nanti.

Balik lagi ke “Ad set”.

Pastikan atur target pasar yang sesuai dengan iklan kamu. Misalkan kamu akan mengiklankan alat make up, tentunya target kamu adalah perempuan dari usia 17 tahun ke atas kan? Selain itu sesuaikan juga biaya dengan budget yang kamu punya, semakin besar uang yang kamu keluarkan semakin besar juga jangkauan iklan akan di publish. Tentunya ga mau kan keluar uang banyak tapi salah sasaran.

Sekarang kamu masuk ke bagian Ad Set. Pilih Page yang akan kamu promote, tentunya jika kamu memiliki banyak page, step ini jangan sampai terlewat. Tapi jika kamu hanya memiliki satu page maka akan secara default terpilih page itu. Lalu atur bagian audience yang akan kamu jangkau, seperti lokasi, umur dan jenis kelamin.

Kemudian atur budget dan jadwal publish. Kamu bisa mengatur budget tanpa batasan waktu (pilih lifetime budget) atau daily budget dan atur waktu penayangan iklannya.

Yudha note :

Aku sendiri biasanya daily budget di set di sekitar 50.000. Tujuannya adalah mencari iklan yang “menguntungkan”. Dari sekian banyak Ad set, nanti bakal keliatan iklan mana yang harga kliknya lebih murah, atau harga reachnya lebih murah.

Iklan yang dirasa menguntungkan, pertahankan dan naikkan jumlah daily budgetnya. Sedangkan yang dirasa tidak menguntungkan, di stop iklannya. Jadi untuk awal-awal, jangan langsung set daily budget dengan jumlah besar

Bagian ini merupakan step terpenting dalam iklan, gambar atau video yang menarik didukung dengan detail tulisan pada caption yang menjual tentu akan meningkatkan jumlah pngunjung di page bisnis kamu.

Kamu bisa membuat konten iklan baru atau menggunakan konten yang pernah kamu post di page Facebook. Tersedia banyak pilihan format media yang bisa kamu pilih, seperti carousel, single image, single video, slide show atau canvas.

Selanjutnya, kamu bisa mengupload gambar yang kamu punya atau menggunakan gambar yang tersedia di Shutterstock melalui pilihan stock image.

Setelah gambar ter-upload, kini saatnya kamu membuat deskripsi atau caption pada iklan. Ingat ini adalah bagian yang akan menentukan keberhasilan iklan kamu nantiya.

So, buat semenarik mungkin, ga perlu telalu panjang asalkan mudah dimengerti dan pastinya mampu menarik perhatian pembeli.

Pembayaran

Bagian ini tak kalah penting dari step sebelumnya. Apalah artinya konten media yang menarik kalau tidak di publish. Yap, ketika kamu telah selesai membuat konten, kamu akan masuk ke menu pembayaran, dan iklan tidak akan di publish jika pembayaran belum terselesaikan.

Ada dua metode pembayaran yang bisa kamu pilih, yaitu

  • Credit atau Debit Card buat kamu yang ga pengen ribet ke ATM atau Bank, karna biaya akan otomatis tertarik dari credit atau debit card kamu, atau
  • ATM dan Bank Transfer yang bisa kamu lakukan di semua ATM, bank atau internet maupun mobile banking.

Yudha note :

Disini aku sendiri pake pembayaran menggunakan bank transfer karena memang tidak punya credit card. Baru-baru ini bank mandiri kerja sama dengan facebook sehingga kartu debit bisa dipakai untuk pembayaran.

Metode pembayarannya terbatas banget (dulu), ga kayak belanja online, bisa transfer pake apa aja, tapi semakin kedepan, facebook terus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait di indonesia, bukan ga mungkin suatu saat bisa bayar facebook Ads di indomaret atau alfamart.

Klik continue dan kamu akan mendapatkan kode pembayaan jika memlih metode ATM dan Bank Transfer. Selanjutnya lakukan pembayaran berdasarkan jumlah yang diminta, dan akhirnya iklan kamu akan tersebar keseluruh penjuru facebook.

Kalo masih bingung bagaimana cara membayar melalui ATM atau Bank, di bawah payment code tersedia step by step pembayarannaya.

Oke, that’s all yang bisa aku jelaskan mengenai tutorial Facebook ads. Selamat mencoba dan jangan sungkan untuk bertanya.

5
Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar
4 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
Paling baru Paling lama Banyak di vote
Siska
Guest
Siska

Lupa kata sandi gak bisa dibuka sedangkan no hp sudah tidak aktif

ichang Adi wijaya
Guest
ichang Adi wijaya

nomer hp hilang mau abil kod tak boleh mau ganti nomer lain 01116238681

yudha
Admin

untuk ganti nomer hp bisa sih harusnya di setting mas…

liatra
Guest
liatra

Aku lg galau g bisa buka fb lg

Allen Alle
Guest
Allen Alle

lupa sandi ma email gmna ne