Ini 4 alasan kamu harus kaitkan nomer ponsel ke akun twitter mu

Sebenarnya penting nggak sih nambahin nomor handphone ke dalam profil akun social media?
Kalau dulu waktu masih alay menggunakan sosmed, jawaban saya pada pertanyaan ini sudah pasti gk terlalu penting.

Kenapa? Karena dari para pengembang platform sosmed sendiri pada waktu itu belum terlalu mementingkan pengisian kolom ini. Semua aktivitas yang berkaitan dengan akun sosmed lebih cenderung menggunakan e-mail dibandingkan nomor hp. Contohnya saja ketika kamu bermasalah untuk login karena lupa password, proses pemulihan akun biasanya dilakukan dengan mengirimkan link via e-mail. Bahkan dari awal registrasi membuat akun, pengiriman notifikasi, penyelesaian akun yang bermasalah, sampai jika merasa perlu untuk deaktivasi akun, semua aktivitas tersebut dilakukan melalui e-mail. Jadi tentu saja memasukkan nomor handphone ke dalam informasi profil bisa dibilang tidak terlalu perlu, dulu lho ya.

Lalu, apa sekarang kondisinya sudah berbeda?

Yap, bisa dibilang seperti itu. Alasannya sih mudah dan klise, karena teknologi udah semakin maju. Akses internet yang dulu lebih sering dilakukan melalui PC (komputer), sekarang hampir semuanya bisa dilakukan melalui gadget portable.

Situs sosial media yang dulu hanya bisa diakses melalui browser sekarang digunakan secara massal via aplikasi di smartphone. Sederhananya, asalkan punya gadget dan ada koneksi internet, siapapun bisa menikmati berselancar di dunia maya. Sayangnya, fasilitas koneksi internet di Indonesia masih belum semudah dan secanggih di beberapa negara-negara maju.

Koneksi internet masih bergantung ke penyedia jasa telekomunikasi yang ada atau dalam bahasa kasarnya tergantung dari jaringan kartu yang kamu gunakan.

Nah, bicara tentang kartu sudah pasti membicarakan nomornya juga kan. Dari sini sudah bisa ditebak, pentingnya memasukkan nomor handphone ke akun sosial mediamu menjadi hal yang penting. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di banyak negara, karena sebagian besar platform sosial media sekarang bisa diakses dengan lebih mudah jika dihubungkan dengan nomor handphone. Beberapa aktivitas dunia maya yang tadinya dilakukan melalui e-mail yang disebutkan di atas, kini juga dapat pula dilakukan melalui sms tanpa takut tidak punya jaringan internet.

Kaitkan akun mu dengan nomer handphone

Untuk pengguna Twitter khususnya, setidaknya ada empat keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika memutuskan untuk menghubungkan akun twitter dengan nomor handphone kamu. Dalam halaman situs resminya Twitter menjelaskan empat point keuntungan tersebut sebagai fasilitas yang diberikan kepada pengguna agar dapat merasakan pengalaman bermain twitter yang lebih mengasikkan.

Berikut penjelasan singkatnya:

1. Mengamankan akun.

Punya temen jahil yang suka membajak akun orang? Atau mungkin ada masalah dengan orang lain sampai mereka pengen mencoba bobol akun kamu?

Ini salah satu fungsi paling penting dari menghubungkan akun twitter dengan nomor handphone kamu. Cara kerja sederhananya seperti ini: jika ada orang lain yang mencoba log in ke dalam akun kamu melalui device yang lain, anggap saja dia tahu username dan password kamu, maka dia harus memasukkan kode verifikasi sebelum bisa benar-benar log in ke dalam akun kamu. Jika verifikasi berupa link, seperti ketika kita lupa password, maka link tersebut dikirimkan melalui e-mail. Sedangkan untuk kode verifikasi ini akan dikirimkan via nomor telephone yang sudah didaftarkan. Jadi tidak cukup dengan mengetahui username dan password saja, untuk bisa masuk ke dalam akun seseorang yang sudah di amankan dengan proses ini kamu harus juga punya nomor kode verifikasi. Dengan begitu, maka keamanan akun kamu bisa lebih terjamin.

2. Proses pemulihan akun lebih cepat

Poin yang kedua ini sebenarnya hampir sama dengan yang pertama, yaitu membantu proses log in. Bedanya log in pada poin kedua ini dimaksudkan apabila kamu tidak bisa mengakses akun twitter kamu. Biasanya hal ini terjadi karena akun kamu ditangguhkan (suspended) oleh twitter, bisa karena alasan keamanan maupun karena kamu sebelumnya melakukan aktivitas yang menyalahi peraturan twitter.

Prosesnya juga hampir sama dengan poin pertama, yaitu via kode verifikasi. Dimana pengguna yang kehilangan akses log in ke akun twitternya harus mengkonfirmasi bahwa dia adalah pengguna sebenarnya dari akun tersebut.

Twitter akan mengirimkan kode verifikasi yang perlu dimasukkan oleh pengguna ketika mau mengaktifkan kembali akun yang ditangguhkan tersebut. Karena pengiriman kode verifikasi tersebut melalui sms, maka bisa kebayang kan kalau proses ini akan lebih cepat dibandingkan jika harus melakukan pemulihan akun melalui e-mail.

3. Menggunakan twitter melalui sms.

Mungkin tidak banyak yang mengira bahwa kamu bisa menggunakan social media melalui layanan sms, yap tapi disinilah kecanggihan teknologi dipaksa harus berkembang dan berevolusi demi mengikuti kebutuhan pengguna yang lebih luas.

Untuk beberapa pengguna yang masih mempunyai kendala dalam akses internet, pilihan fitur ini adalah salah satu solusi yang menggembirakan dan memudahkan.

Walaupun tidak sebebas yang versi utamanya, tapi setidaknya kamu masih bisa mengikuti segala perkembangan di dunia pertwitteran ketika lagi susah sinyal. Kamu bisa menerima updates dimanapun dan kapanpun walaupun sedang tidak ada akses internet. Tidak hanya menerima updates notifikasi twitter melalui sms tapi kamu juga bisa memposting tweet melalui fitur twitter sms ini.

4. Menambahkan teman dari daftar kontak.

Hampir semua aplikasi kini mengharuskan pengguna untuk mengizinkan akses ke data internal di handphone seperti daftar kontak, gallery dan lain sebagainya, tidak terkecuali twitter.

Ketika mengunduh aplikasi Twitter pertama kali, pastinya kamu sudah tahu kan bahwa aplikasi tersebut meminta izin untuk bisa mengakses daftar kontak yang ada di hp kamu. Salah satu gunanya yaitu untuk mempermudah mencari dan menambahkan teman. Kamu akan diberitahu siapa saja dari daftar kontak yang ada di hapemu yang sudah menghubungkan nomornya sebagai kontak di twitter.

Tidak hanya ketika kamu baru bergabung lho ya, jika kamu menyalakan notifikasi, kamu akan diberitahu kapanpun salah satu teman yang ada dalam daftar kontakmu yang sudah bergabung di twitter.

Untuk pengguna baru, mendaftarkan no.hp sebagai bagian dari data akun social media merupakan hal yang hampir bisa dibilang seperti sunnah mu’akad. Tentu saja alasannya karena beberapa penjelasan yang sudah disebutkan diatas. Jadi jika kamu masih belum menambahkan no.hp ke dalam data profil twittermu, nggak perlu ragu ya. Asalkan tidak ditampilkan di halaman profil, data seperti ini masih bisa menjaga keamanan akun kamu.

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan