Lupa Password Youtube? Ini Solusinya

Lupa password adalah hal yang wajar. Jadi kalau kalian lupa password youtube, tenang saja, karena untuk bisa login lagi tidak lah sulit. Disini akan dijelaskan bagaimana caranya.

Tapi sebelum mulai kepenjelasannya, ada sedikit hal yang perlu diketahui.

Youtube itu anak perusahaan google. Artinya, password akun google/gmail kalian sama dengan password youtube kalian. Jadi jika kalian sampai disini karena kalian tidak tau hal tsbt, kalian bisa coba ingat-ingat alamat email dan password gmail kalian. Lalu kalian bisa gunakan email dan password tsbt untuk login ke akun youtube kalian.

Kalian juga bisa cek dibrowser untuk melihat apakah kalian pernah menyimpan password email gmail tsbt. Baca sini untuk caranya : bukugue.com/cara-cek-password-yang-tersimpan-di-browser/

Jika memang tidak ada dan tidak ingat sama sekali. Ikuti proses dibawah ini.

Cara mengatasi lupa password youtube

Bergabungnya Youtube dengan Google membuat pengguna semakin mudah jika mengalami lupa password. Google memfasilitasi pengguna yang lupa password untuk mendapatkan password baru dengan dua cara, yaitu dengan “alamat email pemulihan” dan “nomor HP pemulihan”.

Disini akan dijelaskan kedua cara tersebut dengan detail.

A. Mengatasi lupa password youtube dengan nomor HP

Sudah dijelahkan diatas, kalian bisa mengatasi lupa password dengan menggunakan nomor telpon yang sudah kalian daftarkan ketika membuat akun youtube. Berikut langkah langkah untuk mengatasi lupa password youtube dengan menggunakan Nomor telpon.

1. Masuk ke halaman utama Youtube, lalu tap “ikon siluet orang” pada bagian kanan atas halaman Youtube

Halaman Awal youtube

2. Kalian akan diminta untuk login. Pilih “SIGN IN” untuk melanjutkan

Sign In

3. Masukkan email gmail kalian

Masukkan Alamat Email

4. Selanjutnya kalian akan diminta password, karena disini kalian lupa password maka tap “forgot password” dibagian bawah halaman.

Pilih Lupa Password

5. Masukkan password yang kalian ingat. Jangan masukkan sembarang password, coba ingat-ingat sekali lagi, dan berikan “ingatan” atau “tebakan” terbaik kalian. Kenapa? karena google yang menyarankan disini.

Masukkan Password Yang Kalian Ingat

6. Kalian akan diminta untuk konfirmasi perubahan password. Pilih dan Tap “Text”.

Konfirmasi bisa melalui pesan text atau melalui panggilan telpon. Jika kalian memilih “call” maka kalian akan ditelpon oleh komputer, kalian akan mendengar berapa kode yang harus kalian input. Namun sebaiknya gunakan SMS saja, karena lebih mudah.

Verifikasi Email

7. Kalian akan dikirimi sms yang berisikan kode verifikasi. Masukkan kode tersebut ke halaman konfirmasi. Namun biasanya kode tersebut secara otomatis langsung terinput.

SMS Kode Verifikasi

8. Jika sudah selesai memasukkan kode verifikasi, kalian akan diminta membuat password baru dan konfirmasi pembuatan password baru.

Atur Ulang Password

9. Jika password sudah berhasil diganti kalian akan masuk ke terms of service. Untuk melanjutkan tap i agree.

Terms And Service

10. Kalian bisa login seperti biasa dengan cara memasukkan email dan password baru

Kembali Login Youtube

11. Jika pada bagian atas halaman tidak ada lagi gambar siluet orang dan berganti dengan gambar kalian atau huruf pertama nama kalian, maka artinya kalian sudah berhasil login ke Youtube

Berhasil MAsuk Youtube

B. Mengatasi lupa password youtube dengan alamat email pemulihan

Selain menggunakan nomor telpon kalian juga bisa menggunakan email pemulihan. Namun untuk melakukan cara ini pastikan kalian tau alamat email pemulihan yang kalian masukkan saat membuat akun gmail.

Berikut adalah langkah langkan mengatasi lupa password dengan menggunakan email pemulihan.

1. Masuk ke halaman awal Youtube. Tap ikon siluet seperti pada gambar.

Halaman Awal youtube
Halaman Awal youtube

2. Pilih “SIGN IN”.

Sign In

3. Masukkan alamat email gmail kalian.

Masukkan Alamat Email

4. Ketika diminta untuk memasukkan password, tap “forgot password”

Pilih Lupa Password

5. Kalian akan diminta untuk memasukkan password yang kalian ingat, sama seperti sebelumnya, coba diingat-ingat dan isi seingat kalian. Walaupun kalian bisa skip, tapi sebaiknya di isi.

Tap Try Another Way

6. Setelah itu akan muncul laman seperti ini, tap link “I dont have my phone”.

pilih i dont have phone

7. Kalian akan dibawa kelaman berikut ini. Disini dijelaskan bahwa email recovery yang terdaftar adalah yang ditunjuk ditanda panah. Untuk keamanan, Google akan mensensor alamat email seperti gambar di bawah ini. Disini kalian tap tombol “Send”.

Konfirmasi Pengiriman Email

8. Selanjutnya kalian buka inbox email yang tertera di laman sebelumnya. Cari pesan email dari google dengan judul “Google verification code”. Akan ada kode 6 angka disana. Catat kodenya.

Lupa Password Youtube? Ini Solusinya 19

9. Masukkan kode ke halaman sebelumnya tadi. Setelah itu tap next.
10. Selanjutkan kalian akan diminta memasukkan password baru dan konfirmasi password baru. Jika sudah tap “Next”.

Masukkan Password baru

11. Jika sudah memasukkan password baru, kembali ke halaman Youtube dan kalian bisa login dengan email utama dan password baru tadi.

Berhasil MAsuk Youtube

Bagaimana, tidak sulit kan?

Langkah-langkahnya keliatan banyak karena disini aku ingin membuat penjelasan detail, tapi kalau ditulis dalam tanpa gambar, langkah-langkahnya bisa tercover dalam satu dua paragraf.


Itulah cara mengatasi lupa password di youtube. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim ke kolom komentar. Sekian dan terima kasih.

10 tanggapan untuk “Lupa Password Youtube? Ini Solusinya”

  1. Avatar Arfa
    Arfa

    Plis tolong.. sy lupa sandi google dn no hp yg sy cadangkan sdh mati.. jd gm

    1. Avatar yudha
      yudha

      susah sih mas, baca sini https://bukugue.com/akun-gmail-kena-hack/, disana dijelaskan cara hubungin support google…

  2. Avatar Suroto
    Suroto

    Selamat malam tolong bantu saya .. kak kok gak bisa semua udah ku coba terakhir ada piihan
    1 suruh pake wifi

    1. Avatar yudha
      yudha

      maksudnya gmana mas? bisa lebih jelas lagi pertanyaannya?

  3. Avatar Nia
    Nia

    Tolong dong Sy mengunci youtube sy dgnengguanakan pin, tapi sy lupa pinnya udh sy coba lupa pin ternyata masih ga bisa juga.
    Gmna ya caranya supaya sy bisa buka youtube lg..

    1. Avatar yudha
      yudha

      mba mengunci youtube dengan pin? maksudnya apa? apakah mba pakai aplikasi tambahan untuk mengunci youtube? atau ada fitur baru terkait pin? atau pin yang mba maksud disini adalah password masuk ke akun youtube..?

      yang kita bahas disini adalah password masuk ke akun youtube, dan diatas udh dijelasin prosesnya..

  4. Avatar Igor
    Igor

    Kak bagai mana cara forget password yang nomor telfun nya sudah tidak aktif dan lupa email ferifikasi lain nya

    1. Avatar yudha
      yudha

      hampir ga bisa dilakukan itu mas.. kalau mas beruntung, biasanya ada pertanyaan tambahan seperti kapan akun dibuat, dll.. kalau jawaban mas sesuai, biasanya bisa berhasil..

  5. Avatar Danny Herbowo
    Danny Herbowo

    Halo selamat malam kak,
    sebelumnya mohon mengganggu saya kebetulan punya akun you tube tapi sudah lama, dan sudah pernah saya gunakan. Saya mau masuk lagi udah nggak bisa karena lupa email.lupa pasword.lupa nomer hape (udh ganti nomer hape soalnya) alamat email pemulihan juga lupa nomor hp pemulihan pun lupa juga. Mohon solusinya kak, biar bisa masuk ke akun you tube sy yg lama itu .gimana ya kak..mohon arahannya kak. Ini nomer wa saya kak (disensor)

    1. Avatar yudha
      yudha

      ga ada solusi aku mas bro.. sulit itu bisa balik..kecuali mas bisa dapetin nomor lama tsbt..

Tinggalkan Balasan ke Igor Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.