Cara menonton video Youtube dengan layar HP dimatikan

Bagi warga +62, Youtube merupakan “surga hiburan digital”. Ini karena konten digital yang dimiliki Youtube cukup lengkap – sebut saja film, musik, game, dan kreativitas konten kreator ada disana. Pengguna bisa menontonnya via smartphone atau PC dengan aplikasi Youtube itu sendiri maupun peramban. Keduanya mudah dan cukup nyaman saat digunakan.

Secara default, khusus di smartphone, pengguna harus terus-terusan berhadapan dengan layar untuk tetap bisa menyetel video Youtube. Dalam waktu lama, tentu hal tersebut akan membuat lelah mata dan tangan pengguna, apalagi video yang disetel hanyalah video musik. Bukankah lebih baik, mendengarkan audio dari video tersebut saja dan mematikan layarnya?

Pertanyaannya, apakah ada cara mendengarkan musik di Youtube dalam kondisi layar dimatikan? Jawabnya ada, dan kabar baiknya kamu tidak perlu akses root dalam melakukannya. Hal yang dibutuhkan hanya peramban bawaan smartphone atau aplikasi pihak ketiga. Yuk lanjut membaca artikelnya.

Cara mendengarkan musik Youtube dalam kondisi layar dimatikan

Cara #1 – menggunakan peramban bawaan smartphone

Mendengar musik Youtube menggunakan peramban merupakan cara yang sangat kurekomendasikan. Ini karena kamu tak perlu repot memasang aplikasi tambahan lagi di HP. Cukup pakai peramban bawaan. Misalnya, Google Chrome atau Firefox (Android), Safari (iOS), dll. Yang penting peramban tersebut mendukung fitur desktop view (tampilan desktop/PC).

Karena HP yang kupunya Android, pada artikel ini aku akan mencontohkannya memakai Google Chrome. Tapi pada dasarnya sama saja kok. Oke langsung saja kita lanjut ke langkah-langkahnya!

1. Buka Chrome, tab titik tiga (letaknya bisa di kanan atas atau kanan bawah, tergantung merek HP).
2. Ceklis situs desktop supaya peramban menampilkan tampilan situs menyerupai peramban PC.

3. Buka situs Youtube.com. Pilih video yang ingin didengarkan “musiknya”. Silakan setel video tersebut.

4. Keluar dari Chrome. Video Youtube yang kamu setel akan berhenti. Tidak apa-apa, kamu hanya perlu menyetelnya kembali. Caranya, slide layar dari atas ke bawah. Disitu akan tampak video Youtube di Chrome yang tengah berhenti. Tab tombol play, dan video akan kembali berjalan.

5. Selesai, kamu sudah bisa mendengarkan video dibackgroud sambil mengerjakan hal lainnya.

Kekurangannya jelas, kalau video nya pendek, kamu harus berpindah2 video dan perlu buka youtube lagi untuk mencari video lainnya. Disinilah kamu perlu membuat playlist.

Playlist bermanfaat untuk memasukkan video-video Youtube ke dalam daftar putar. Dengan begitu, kamu tidak perlu mencari lagi video yang mau didengarkan tiap kali video selesai dimainkan. Untuk membuat playlist video Youtube di peramban, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka akun youtube mu. Pastikan kamu sudah login disana.
2. Cari video yang mau dimasukkan ke dalam playlist. Dibagian list video, klik titik tiga untuk memunculkan beberapa menu baru. Disini kamu pilih menu “simpan ke playlist”.

3. Tab ikon + untuk membuat nama playlist baru saja.

4. Isi nama playlist dan silakan atur privasi playlist-mu – apakah bisa diakses publik, tidak publik, atau hanya personal.

5. Sekarang buka playlistmu di Youtube. Caranya tab tiga titik di kiri atas, tab nama playlistmu.

6. Putar video yang ada diplaylist. Selanjutnya, kamu bisa mengikuti cara diawal untuk mendengarkan musik Youtube yang sebelumnya telah dijelaskan.

Jika kamu tertarik untuk mengisi dan mengedit playlist youtube mu, ada penjelasan lebih detail di tulisan ini https://bukugue.com/cara-membuat-playlist-di-youtube/

Cara #2 – menggunakan aplikasi “Floating Tube Player

Selain menggunakan peramban bawaan, kamu juga bisa memakai aplikasi pihak ketiga. Ini cara alternatif saja. Floating Tube Player menjadi aplikasi pilihanku – ada banyak aplikasi serupa di Playstore, tinggal dipilih saja.

Ini linknya : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.deltasoftware.floattubeplayer

Pasang aplikasi ini di perangkat Androidmu. Dan inilah langkah-langkah yang selanjutnya perlu kamu lakukan.

1. Buka aplikasi Floating Tube Player. Silakan cari video yang mau didengarkan audionya saja melalui search. Setelah ketemu video yang diinginkan langsung saja mainkan. Akan muncul layar kecil melayang yang menayangkan video tersebut. Layar ini dapat diperkecil, diperbesar, bahkan diminimize.

3. Untuk meminimize video, tab ikon tambah yang mirip panah. Setelah itu, matikan layar HP-mu dan dengarkan saja audionya.

4. Selesai, sesimple itu memang.


Nah, itulah cara mendengarkan musik Youtube dalam kondisi layar HP dimatikan. Jika ada yang lebih efektif dan “gratis”, silahkan share dibawah ini. Sekian dan terima kasih. Selamat mencoba!

aripranowo

Penyuka kopi item yang sering begadang malam.

Tinggalkan Balasan