Cara mengaktifkan dark mode (mode malam) di Whatsapp

Hai reader bukugue.com!! Ayo tunjuk tangan siapa yang tidak chat di whatsAap hari ini?? Gak ada ya. Ini karena ngobrol di whatsapp memang sebuah kebutuhan seperti berkirim sms di beberapa tahun yang lalu sebelum munculnya ponsel pintar.

Menyenangkan banget pastinya, apalagi murah meriah dalam artian kamu hanya perlu isi sedikit kuota untuk bisa kirim-kiriman pesan di whatsapp. Alasan satu ini yang membuat kamu terkadang tidak lagi peduli waktu untuk mengobrol di aplikasi perpesan favorit ini.

Keasyikan mengetik di layar smarphone dan tanpa sadar sampai mata kamu jadi kaku dan kering. Belum lagi kalau udah malam hari, warna layar putih dan terang bisa bikin pusing kalau terus-terusan dilihat. Jika hal tersebut yang sering terjadi maka pertanyaan berikut sangat cocok untuk kamu. Sudahkan kalian mengaktifkan dark mode di whatsApp kalian?

Admin note: Fitur dark mode di whatsapp masih belum ada kepastiannya sampai saat ini, tapi disini kita bisa akali dengan cara dibawah ini. Saat sudah keluar fiturnya, tulisan ini akan update.

Dark mode atau mode gelap atau juga dikenal dengan mode malam, merupakan tema/efek gelap yang membuat latar belakang jadi gelap gelap dan tulisan jadi putih. Ini mirip seperti inverting kondisi layar kita sebelumnya yang tulisannya hitam dan latar belakang putih.

Hadirnya fitur dark mode atau mode gelap Ini juga merupakan suatu bentuk kepedulian whatsApp terhadap pengguna yang semakin hari semakin bertambah.

Penggunaan fitur dark mode memang bukan hal yang baru dalam bidang teknologi. Dewasa ini sebagian besar aplikasi, browser, platform media sosial sudah menghadirkan mode gelap. Jadi sudah sewajarnya whatsApp menambah fitur tersebut demi kenyamanan pengguna.

Yup, walaupun pemberitaan tentang dark mode atau fitur gelap sangat sering kamu baca, namun fitur yang mulai dikerjakan september tahun lalu belum ada tanggal peluncurannya hingga hari ini. Selain itu pihak whatsApp juga tidak mengkonfirmasi tentang berita fitur tersebut.

Namun, tanpa fitur tersebut bukan tidak mungkin kamu bisa menghadirkan efek gelap selama mengobrol di whatsApp smarphone kamu. Karena inti dari mode gelap tersebut merupakan perubahan latar obrolan yang gelap dan objek yang berupa tulisan berwarna putih.

Cara mengaktifkan dark mode di whatsApp

1. Masuk whatsApp kalian seperti biasa, dari menu chat geser kursor hingga di simbol titik tiga dan akan muncul beberapa menu, di sini pilih setelan ya!

Gambar 1. Chat wa
Gambar 1. Chat wa

2. Di laman setelan, klik menu chat yang berisi submenu berupa cadangan, riwayat dan wallpaper

Gambar 2. Setelan
Gambar 2. Setelan

3. Untuk memberi efek gelap di obrolan, di sini kamu harus memilih menu wallpaper. Lihat tanda di gambar!

Gambar 3. Chat
Gambar 3. Chat

4. Berikut sudah di tampilkan menu untuk wallpaper, klik dua kali di warna solid dan kemudian pilih warna gelap atau hitam.

Gambar 4. Wallpaper
Gambar 4. Wallpaper

5. Oke, di sini sudah ditampilkan pratinjau wallpaper gelap yang kamu jadikan sebagai pengganti fitur dark mode.

Gambar 5. Pratinjau
Gambar 5. Pratinjau

Oke kawan-kawan selesai!! Sangat mudah dan singkatkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua, selamat mencoba dan semoga berhasil!!. Salam dari penulis

Share woy :D

fatimahms

Punya motivasi "try again smile again" Tersenyumlah karena kamu sangat cantik ketika tersenyum dan Semua akan baik-baik saja! Hubungi penulis di [email protected]

Tinggalkan Balasan