Bagaimana nasib pengguna bbm kedepannya?

Hai reader bukugue.com, gimana nih keadaannya? semoga selalu senantiasa di berikan kesehatan.

Bicara mengenai BlackBerry Messenger atau biasa di sapa BBM ini dulu sangat populer sekali ya guys. Mungkin dulu kamu pengguna aktif aplikasi ini? Termasuk aku hehe. Sepertinya dulu jika tidak menggunakan aplikasi ini terbilang jadul ya.

Karena memang aplikasi ini awal terkenal hanya bisa digunakan oleh pengguna ponsel BlackBerry (BB) sendiri. Tapi semakin majunya tekhnologi, akhirnya BBM bisa digunakan diperangkat android dan iOS.

Dulu juga pertama kalinya aplikasi pesan singkat yang bisa digunakan untuk share file, seperti foto, voice note dll. Tapi lambat laun makin banyak inovasi aplikasi chatting lainnya yang dirilis oleh platform ternama seperti WhatsApp, WeChat, Line dll. Sehingga makin banyak pula saingan BBM.

Di Indonesia sendiri dulu BBM lumayan cukup lama menjadi primadona aplikasi chatting ya. Nah, kenapa sekarang sepertinya BBM tak ada suara? Sepertinya aplikasi tersebut mulai di tinggalkan penggunanya, termasuk kamu nih? hehe. Kira2 apa ya yang menjadi alasanya? Ok mari kita ulas di bawah ini, beberapa alasan BBM mulai di tinggalkan versi bukugue.com:

Alasan BBM mulai di tinggalkan

Capture logo BBM
Capture logo BBM

1. Karena Aplikasi BBM dengan size file yang cukup besar.

Pernah gak kamu ngerasa lama2 ko lelet ya pakai aplikasi bbm?

Dulu bbm hanya di khususkan untuk pengguna ponsel BB saja, menurut pengalamanku pun, aplikasi BBM masih nyaman digunakan untuk berinteraksi dan komunikasi. Salah 1 nya karena fitur yang tidak terlalu banyak tapi tetap lengkap dan menarik.

Pada tahun 2013 bbm resmi dirilis bisa digunakan dalam perangkat android maupun iOS. Nah, aku pun sempat menggunakan BBM di perangkat android, awal mulanya fine aja, tapi lama kelamaan HP aku jadi super lelet banget, apa lagi dulu android masih mahal kan ya, gak seperti sekarang. Harga mahal pun hanya dapat kapasitas HP dengan ROM yang tidak lebih dari 1GB.

Mungkin memang gak hanya aku yang merasakan hal itu, user lainpun sepertinya sama. Ketika dilihat memang BBM menguras cukup banyak memori dalam HP.

2. Karena aplikasi chatting pesaing lain sepertinya lebih simple dan mudah digunakan, seperti WhatsApp atau Line.

Lebih mempermudah penggunanya salah 1 nya dengan sinkronkan kontak HP ke dalam kontak aplikasi, jadi tidak perlu tukar PIN seperti BBM. Sebenarnya sih ini mempengaruhi keamanaan privacy ya, jadi gak sembarang orang bisa mengirim pesan, tanpa approve pertemanan terlebih dahulu.

Tapi sepertinya user tidak terlalu mempermaslahkan hal itu. Dari hal sederhana tersebut saja pengguna seperti kita mulai melirik aplikasi pesaing lainnya.

3. Karena banyaknya iklan di feed/post.

Kalau kamu dulu pengguna aktif bbm jelas tahu ya guys semenjak BBM bisa digunakan diperangkat android, gak hanya suka lelet tapi lama kelamaan ada iklan yang muncul. Padahal ketika khusus di perangkat BB tidak ada iklan lho guys. Kadang kala invite-an BBM pun isinya tentang iklan, gak nyaman banget.

Ya wajar2 aja sih , karena salah satu income BBM kan, tetapi ketika aplikasi pesaing lain dengan aplikasi yang ringan, free juga dan tidak ada iklan di dalamnya mulailah user mencoba aplikasi yang lain, seperti whatsapp atau line bahkan telegram.

4. Tampilan yang ribet dan tidak simple.

Sebenarnya masalah tersebut tidak terlalu besar ya guys, tapi buat kamu atau user lain yang lebih memilih aplikasi chatting dengan tampilan yang sederhana, cukup untuk berkirim pesan teks, suara, video, maupun share file dan update status, layaknya aplikasi lainnya seperti WhatsApp, Line atau Telegram.

Karena aku peribadi udah install aplikasi BBM terbaru, itu berubah drastis banget sama tampilan BBM versi lama. Ok sih fitur nya cukup menarik tapi kesannya bukan lagi seperti aplikasi chatting melainkan aplikasi media sosial, hampir seperti FB dan instagram. Dan kenapa aku sendiri lebih suka menggunakan aplikasi chatting lainnya daripada BBM, haha.

5. Sudah banyaknya user yang berpaling ke aplikasi lainnya.

Maksudnya begini guys, ketika sebagian besar dari teman2, saudara bahkan pasangan kamu mereka tidak lagi menggunakan BBM, lantas kamu mau mau chatting-an sama siapa?hehe. Mereka lebih memilih menggunakan WhatsApp misal. Nah itu juga faktor akhirnya BBM pun di tinggalkan.

Kamu setuju gak ulasan di atas? atau ada alasan lainnya?

Nah, itulah sebagian besar alasannya mengapa sekarang BBM mulai sepi, bahkan di playstore pun unduhan BBM makin menurun alias kalah banyak dengan aplikasi chatting lainnya, seperti Whatsapp, line, telegram atau wechat. Di blog inipun sudah membahas beberapa aplikasi chatting terpopuler dan terbaik, beruntungnya BBM masih menjadi nominasi di dalamnya. hehe

Nasib BBM, apakah akan bangkrut?

Nah, jika sudah begini keadaanya, bagaimana nasib BBM guys? apakah akan bangkrut? Bagimana menurut kamu?

Baiklah kita mulai asumsikan dari pernyataan CEO BBM pada tahun lalu, yang di lansir dari DetikNET. Matthew Talbot menyatakan bahwa “BBM masih menjadi nomor 1 aplikasi sosial messaging di Indonesia. Angka penggunanya pun masih akan terus tumbuh, seiring semakin banyak orang menggunakan smartphone”.

Target BBM menyasar tidak hanya di kalangan tertentu saja, seperti aplikasi pesan lainnya. BBM berharap bisa menjadi bagian keseharian semua orang.

Dari pernyataan CEO BBM tersebut sepertinya BBM masih terus berusaha dengan berinovasi menambahkan fitur yang lebih bermanfaat untuk para user yang jelas berbeda dan tidak ada di aplikasi chatting lainnya. Semua bertujuan untuk menarik kembali user yang telah lama meninggalkannya.

Menurut kamu sendiri gimana guys fitur BBM sudah menarik hati kamu lagi belum? hehe.

Laman chat BBM
Laman awal/chat BBM versi terbaru

Ok, untuk asumsi kedua dilihat dari aplikasi BBM versi terbaru 3.3.20.74  yang terakhir di update pada 30 Januari 2019.

Sesuai dengan pernyataan CEO BBM tahun lalu, bahwa versi android terbaru makin memilih fitur yang cukup menarik dan membantu penggunanya, bisa di bilang sih multi aplikasi ya. Karena 1 aplikasi bisa di gunakan untuk bermacam-macam kebutuhan, jadi tak hanya berkomunikasi dan berinteraksi melalui pesan, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari user, seperti berbelanja, melakukan pembayaran, pengisian pulasa/data, Tv online dan banyak lainnya.

Jika kamu belum mengetahui hal ini karena telah lama berpaling dari BBM, cobalah install kembali BBM dan rasakan manfaat fitur terbarunya.

Dibawah ini beberapa capture aplikasi BBM versi terbaru. Jelas terlihat perbedaannya di antara aplikasi chatting lainnya.

Ok, dari ulasan tersebut kita bisa lihat bahwa BBM tak menyerah untuk tetap bersaing dengan aplikasi chatting lainnya. Bahkan dengan percaya diri CEO BBM pun masih mengklaim pengguna aplikasinya masih terus bertambah terutama di Indonesia. Kemungkinan nasib BBM masih aman dan jauh dari kata bangkrut.

Kesimpulan

Faktor dominan sekali menurut aku kenapa BBM bisa di tinggalakan para user adalah banyaknya aplikasi chatting lain yang lebih baik dari BBM sehingga banyaknya pengguna whatsapp misal, jadi mengharuskan kita untuk menggunakannya juga. Jika dikontak BBM tidak ada yang aktif, lantas kenapa harus menggunakan BBM, kira2 seperti itu sih hehe.

Tapi, bagimanapun BBM ataupun aplikasi chatting lainnya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Menggunakan setiap aplikasi sesuai dengan kebutuhan kamu guys. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi  hanya untuk berkomunikasi saja, pasti kamu lebih memilih Whatsapp, line atau aplikasi simple lainnya.

Tetapi jika ingin membantu dalam kebutuhan keseharian kamu dan gak mau ribet download banyak aplikasi di ponsel, seperti pengisian pulsa/data yang hampir tiap hari kamu menggunakannya, TV online, pembayaran tagihan listrik, bpjs dll. Hanya dalam 1 ganggaman kamu, maka yang terbaik adalah menggunakan aplikasi BBM ini.

Ok sampai disini saja artikel kali ini. Jika kamu ada tambahan bisa di kolom komentar ya guys.

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan