Cara menggunakan BlackBerry Messenger versi Web/Desktop

Hai reader setia bukugue.com, kali ini aku mau bahas tentang BBM (BlackBerry Messenger).

Berbicara mengenai BBM, siapa yang gak tau platform terkenal ini? Aplikasi chatting yang disediakan khusus bagi pengguna ponsel BlackBerry (biasa di sapa BB). Mungkin sebagian dari kamu pernah berbondong-bondong ingin membeli ponsel BB, biar bisa chatting-an menggunakan aplikasi BBM, iya kan? termasuk aku sih guys, hehe.

Fitur yang terkenal di dalam ponsel BB seperti push mail, selain itu ada BlackBerry Messenger dengan fitur menarik didalamnya yang bisa berkomunikasi sesama penggunanya dengan bertukar nomor Pin. Sekitar 5 tahun lalu di tahun 2013, CEO BlackBerry Thorsten Heins resmi meliris BBM untuk Android dan iOS.

Hanya 4 atau 5 tahun saja BBM masih booming terutama di Indonesia. Tetapi untuk saat ini pengguna BBM semakin berkurang. Maka dari itu, platform ternama ini selalu memperbaharui fitur di dalamnya, agar bisa menggait kembali para pengguna setianya, coba deh kamu install kembali aplikasi BBM banyak banget fitur terbaru.

Dan masih membahas fitur BBM, ternyata gak hanya WhatsApp, dan Telegram, yang bisa di akses melalui Web Desktop kamu, tetapi juga aplikasi BBM pun bisa kamu akses melalui Web.

Jadi jika keseharian kamu lebih banyak di depan laptop/Pc gak perlu bingung lagi semisal ingin tetap mengakses BBM kamu. Terus gimana cara loginnya?

Nanti aku jelasin cara login dan juga penggunaan BBM Web. Ok, langsung aja aku kasih tau caranya agar dengan mudah kamu bisa login BBM Web di PC/laptop kamu.

Cara pakai dan Login ke BBM Web

1. Pertama masuk ke BBM Desktop melalui browser PC kamu dengan cara klik link ini.

Laman Web BBM/BBM Desktop
Laman Web BBM/BBM Desktop

2. Kemudian buka aplikasi BBM di ponsel kamu.

Buka aplikasi BBM di HP
Buka aplikasi BBM di HP

3. Tap icon foto profil BBM.

Tap icon foto profil BBM
Tap icon foto profil BBM

4. Pilih menu BBM Desktop.

Tap menu BBM Desktop
Tap menu BBM Desktop

5. Silahkan arahkan ponsel kamu ke Web BBM untuk scan barcode.

Ok, kamu berhasil login BBM Web di PC kamu. Silahkan ber-chatting ria dengan teman yang ada di kotak BBM kamu.

Cara log out BBM web

Jika kamu sudah selesai menggunakan BBM Web tersebut cara logout nya cukup mudah ada 2 cara.

Cara yang pertama close saja tab browser kamu.

Close/tutup tab browser
Close/tutup tab browser

Atau bisa melalui cara ini, dilaman ini silahkan tap tool titik tiga di atas, kemudian pilih logout.

Tap tool titik tiga, lalu pilih logout
Tap tool titik tiga, lalu pilih logout

Penggunaan BBM Web

Ketika pertama kali berhasil login, kamu langsung di hadapkan oleh beberapa history chat BBM kamu yang ada di samping kiri. Tampilan tidak berbeda dengan WA Web ataupun Telegram Web.

Kamu gak perlu bingung menggunakan Web BBM ini, karena penggunaanya tergolong mudah juga guys. Disini aku jelasin beberapa fitur dan penggunaanya, seperti berikut ini:

Tool All untuk history beberapa chat personal dan group kamu.

Tool All (History chat personal dan group)
Tool All (History chat personal dan group)

Tool group adalah history chat group kamu.

Tool Group (history chat group)
Tool Group (history chat group)

Disampingnya ada tool seperti pensil, yakni new chat atau jika kamu ingin mengirimkan pesan baru ke salah 1 kontak kamu. Untuk sekarang, BBM ini tidak hanya menggunakan pin saja, tetapi juga jika kontak di ponsel kamu mendaftar melalui ponsel akan langsung terhubung di BBM kamu, kalau seperti ini gak asing ya guys, WhatsApp sudah lebih dulu menyingkronkan kontak HP ke kontak whatsapp.

Tool pensil (New chat)
Tool pensil (New chat)

Tool titik tiga di atas adalah menu send feedback dan logout. Untuk send feedback tersebut adalah Contact Customer Support Team jika kamu ada pertanyaan atau kendala mengenai BBM kamu silahkan isikan formulir berupa email, BBM ID, nomor Pin dll.

Tool titik tiga (Send feedback dan logout)
Tool titik tiga (Send feedback dan logout)

Tampilan laman BBM Web tersebut terbilang simple dan gak ribet, sepertinya memang hanya untuk chatting-an saja. Tanpa ada foto profil, create new status dan lain2. Untuk mengirim berkas berupa file pun tidak ada di BBM Web.

Seperti yang sudah aku jelaskan di atas, layaknya WA Web atau telegram, semua tampilan di browser PC tergolong simple, tapi menurut aku memang lebih simple BBM Web ini, mengingat aplikasi BBM di ponsel android yang mempunyai banyak fitur.

Bagamana tertarik mencoba BBM Web ini? silahkan aplikasi kan turorial yang udah aku share ke kamu. Sekian, semoga bermanfaat.

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan