Perbedaan YouTube dan YouTube Go

Youtube merupakan media yang digunakan untuk membagikan konten berupa video. Beberapa tahun belakangan, karena adanya penetrasi internet yang cukup tinggi, pengguna Youtube pun makin lama makin berkembang. Saat ini semakin banyak orang yang menonton video di Youtube untuk keperluan tertentu maupun sebagai hiburan saja. Bahkan bukan hanya sebagai penikmat, kini banyak orang juga berusaha meraup untung sebagai youtuber (pembuat konten Youtube).

Karena konten yang disediakan berupa video, sudah bukan rahasia lagi jika semakin banyak kamu menggunakan Youtube maka pengeluaran kuota internetmu akan membengkak. Karena permasalahan inilah, Youtube secara resmi mengenalkan aplikasi alternatifnya yang kemudian dinamakan Youtube Go. Youtube Go dapat secara gratis kamu unduh dan install melalui playstore pada ponsel kamu.

Dengan Youtube Go, kamu dapat menonton video secara offline dengan cara mendownload videonya terlebih dahulu. Dengan demikian video yang kamu tonton juga akan terbebas dari buffering atau loading yang mengganggu. Meskipun demikian, Youtube Go juga masih memungkinkan kamu untuk menonton video secara online sama halnya dengan aplikasi Youtube pada umumnya.

Youtube pada dasarnya sudah menambahkan fitur download untuk memungkinkan penggunanya menonton video secara offline seperti halnya pada Youtube Go. Jika keduanya dapat digunakan untuk menonton video baik itu secara online maupun offline, lalu apa sebenarnya yang menjadi perbedaan diantara Youtube dan Youtube Go?

Dalam artikel kali ini, Bukugue dot com akan membahas apa saja perbedaan antara aplikasi Youtube dan Youtube Go. Mana yang lebih baik? Mana yang lebih cocok buat kamu? semuanya akan kelihatan jelas setelah kamu baca tulisan ini.

Perbedaan dari sisi tampilan utama

Kita akan bahas dari yang paling simple, yaitu dari sisi tampilan. Walaupun begitu, tampilan utama atau user interface merupakan hal yang cukup penting yang berpengaruh pada kenyamanan kamu dalam penggunaan aplikasi tsbt.

Pada aplikasi Youtube reguler, kamu dapat menjumpai tampilan utama seperti pada gambar berikut.

tampilan depan aplikasi youtube
tampilan depan aplikasi youtube

Kamu dapat membuka menu trending, subscriptions, inbox, dan library melalui halaman utama aplikasi. Selain itu kamu juga dapat melakukan pengaturan dengan menekan icon foto profil pada ujung kanan atas layar. Kamu juga dapat melakukan pencarian dengan cara menekan icon search. Bahkan melalui halaman utama ini juga kamu dapat membuat konten Youtube dan membuat siaran langsung.

Sedangkan pada aplikasi Youtube Go, tampilannya jauh lebih sederhana jika dibandingkan dengan aplikasi Youtube reguler.

tampilan utama aplikasi youtube go
tampilan utama aplikasi youtube go

Kamu hanya dapat mengakses menu download melalui halaman utama ini. Selain itu, kamu juga dapat membuka pengaturan dengan cara menekan icon foto profilmu pada ujung kanan atas layar seperti halnya pada Youtube reguler. Kamu juga dapat melakukan pencarian melalui icon yang tersedia.

Tampilan yang berbeda di pengaruhi oleh fitur yang ditawarkan. Disini tentu tidak ada pemenang yang jelas, karena kembali lagi, kebutuhan setiap orang berbeda.

Perbedaan dari sisi ukuran aplikasi

Youtube reguler memiliki fitur yang lebih lengkap sehingga tidak mengherankan jika ukuran aplikasinya pun lebih besar. Untuk melakukan pengunduhan melalui playstore, aplikasi ini membutuhkan data setidaknya 31,89 MB.

Sedangkan untuk aplikasi Youtube Go, ukuran aplikasinya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan versi reguler. Aplikasi ini hanya memakan 8,71 MB dari memori.

Perbedaan dari sisi fitur

Setelah membahas perbedaan umum, ada pula beberapa fitur yang menjadi pembeda dari kedua aplikasi ini. Penasaran apa saja perbedaannya? Berikut ini Bukugue dot com akan meringkas apa-apa saja fitur andalan diantara kedua aplikasi ini.

a. Youtube

Sebagai versi penuh dari aplikasi Youtube di android, tentunya aplikasi ini lebih kaya fitur jika dibandingkan dengan Youtube Go.

  • Youtube mendukung untuk membuat video baru maupun melakukan siaran langsung. Dengan aplikasi ini, kamu dapat membuat konten di Youtube dan membagikannya kepada seluruh pengguna Youtube di dunia. Berbeda halnya dengan aplikasi ini, Youtube Go tidak menyediakan fitur untuk berbagi video ini.
fitur untuk membuat video baru pada youtube
fitur untuk membuat video baru pada youtube
  • Fitur trending. Kamu dapat mengetahui apa yang menjadi trending belakangan ini melalui menu trending. Kamu dapat mengetahui tren dari dunia musik, game, berita, maupun film. Sehingga kamu tak akan ketinggalan info terbaru yang sedang populer di negara kamu.
fitur trending pada youtube
fitur trending pada youtube
  • Fitur download. Kamu juga dapat menonton video secara offline melalui fitur ini. Cukup dengan mengunduh video terlebih dahulu, kemudian tonton sesuka hati bahkan saat tidak ada jaringan internet sekalipun. Meskipun demikian, tidak semua video dapat diunduh dan ditonton secara offline.
  • Fitur suka dan komentar. Kamu dapat menyukai suatu postingan di Youtube dengan menekan icon jempol pada video.
fitur suka, komentar, dan download pada aplikasi youtube
fitur suka, komentar, dan download pada aplikasi youtube
  • Fitur minimize video. Kamu dapat me-minimize atau mengecilkan tampilan video sembari mencari video lainnya.
  • Fitur playlist. Kamu dapat menambahkan beberapa video favoritmu kedalam grup playlist. Kamu dapat membuat grup playlistmu sendiri.

b. Youtube Go

Bisa dikatakan bahwa Youtube Go merupakan versi mini dari aplikasi Youtube. Ini dikarenakan aplikasi Youtube Go memakan memori yang jauh lebih sedikit dari aplikasi Youtube reguler. Selain itu pada aplikasi Youtube Go juga dilakukan pemangkasan fitur dari versi penuhnya. Meskipun demikian, ada juga fitur andalan yang menjadi kelebihan dari aplikasi ini. Apa saja fitur tersebut?

  • Youtube Go memiliki fitur download. Meskipun pada Youtube reguler juga tersedia fitur download, Youtube Go memiliki opsi untuk mengunduh video berdasarkan resolusi video. Besaran data yang kamu perlukan untuk mendownload videonya pun ditunjukkan secara pasti. Sehingga dengan aplikasi Youtube Go ini kamu dapat menghemat kuota internetmu.
pada youtube go, besaran ukuran video ditunjukkan dengan jelas
pada youtube go, besaran ukuran video ditunjukkan dengan jelas
  • Fitur pengubah bahasa. Jika untuk mengubah bahasa pada aplikasi Youtube kamu perlu mengubah bahasa antarmuka pada ponsel, berbeda halnya pada aplikasi Youtube Go. Meskipun kamu menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa antarmuka ponsel, kamu dapat mengubah bahasa aplikasi Youtube Go secara tersendiri. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menekan icon foto profil pada ujung kanan atas layar dan tap languange. Setelah itu pilih bahasa yang kamu inginkan.
tap languange untuk mengubah bahasa pada youtube go
tap languange untuk mengubah bahasa pada youtube go
  • Fitur sharing jarak dekat offline. Selain dapat mengunduh video, kamu juga dapat membagikan video secara offline. Fitur ini hanya tersedia pada aplikasi Youtube Go, sedangkan pada aplikasi Youtube reguler tidak tersedia.
fitur sharing jarak dekat offline pada youtube go
fitur sharing jarak dekat offline pada youtube go

Ada beberapa fitur yang mengalami pemangkasan pada aplikasi ini. Untuk fitur suka, komentar, minimize, dan playlist, aplikasi ini tidak menyediakan fiturnya. Selain fitur tadi, Youtube Go juga tidak mempunyai fitur untuk membuat video baru dan melakukan siaran langsung. Meskipun demikian Youtube Go masih menyediakan tombol subscribe dan download.


Nah dari penjelasan di atas, sekarang kamu sudah tau kan perbedaan antara aplikasi Youtube dan Youtube Go ini? Youtube reguler lebih ditujukan untuk kamu yang membutuhkan fitur seperti berbagi video, komentar dan like, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk Youtube Go lebih ditujukan untuk pengguna yang memiliki keterbatasan dalam penggunaan internet atau paket data.

Lalu, apa aplikasi yang tepat untuk kamu? Jika kamu menginginkan fitur yang lengkap, dan kamu seorang youtuber, maka Youtube versi reguler lebih tepat untuk kamu gunakan. Untuk mengunduh dan menginstall aplikasi Youtube, kamu dapat membukanya pada link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.youtube

Sedangkan apabila kamu memiliki keterbatasan kuota atau paket data, kamu dapat menggunakan Youtube Go. Untuk melakukan pengunduhan, silahkan cari pada playstore di hape android kamu atau klik link berikut ini untuk lebih mudahnya: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.youtube.mango


Demikian itu tadi informasi yang bisa Bukugue dot com berikan untuk kamu semuanya. Semoga bacaan ini dapat bermanfaat untuk semua pembaca terutama para pecinta video Youtube. Simak informasi menarik seputar media sosial, hanya di Bukugue dot com.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan