Memanfaatkan Twitter Trending Topic sebagai Promosi Bisnis Gratis

Tidak banyak yang tahu bahwa Twitter Trending Topic dapat dimanfaatkan sebagai media promosi gratis. Namun, setiap pelaku bisnis yang sukses pasti mengetahui dan mengerti pentingnya mengikuti arus trend se-update mungkin. Perusahaan besar tidak segan untuk melakukan berbagai riset yang rumit, lama dan memakan banyak biaya hanya untuk mengetahui arah gerak minat pasar dan bagaimana memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis mereka.

Saat ini dengan berkembangnya teknologi, kita dapat mengakses trend dan minat pasar dengan begitu mudahnya. Salah satu contohnya adalah Twitter trending topic, dimana setiap orang dapat memantau berbagai topik yang paling terkini dan terhangat dari berbagai belahan negara di dunia bahkan sampai ke tiap kota. Pada setiap halaman twitter di web, terdapat daftar sepuluh trending topic yang selalu berganti setiap waktu. Kita namakan daftar ini sebagai kotak tren, dimana terdiri atas topik yang memiliki tanda pagar (hashtag) maupun yang tidak.

Jika kamu pelaku bisnis yang tangkas, pasti dengan cepat kamu dapat melihat peluang, beradaptasi dengan kondisi lapangan dan memanfaatkan fenomena hashtag dan fitur trending topic ini untuk keperluan bisnismu. Sebagai pengenalan singkat bagaimana memanfaatkan trending topic ini untuk keperluan bisnismu, berikut beberapa hal yang dapat kamu jadikan pertimbangan.

Mempelajari Apa yang Sedang Menjadi Trending Topic Terkini

Ikuti dan pelajari setiap trending topic dan pertimbangkan mana yang paling nyambung dengan bisnis yang sedang kamu jalankan. Jangan sekali-kali ikut dalam topik pembicaraan yang tidak ada hubungannya dengan bisnismu karena bisa dianggap sebagai spamming. Meskipun bisnismu masih kecil, anggaplah setiap postinganmu sebagai representasi perusahaan yang sedang kamu kelola, jangan digunakan sebagai media untuk menyampaikan pendapat pribadi.

Setiap topik yang masuk dalam daftar trending topic biasanya sedang dibicarakan oleh ribuan, puluhan ribu sampai jutaan orang, apalagi yang sudah masuk dalam daftar worldwode trending topic. Jadi berhati-hatilah sebelum masuk dalam pembicaraan yang sedang berlangsung. Baca sebanyak mungkin tweet yang membahas topik tersebut, lihat tweet yang paling banyak interaksinya, yaitu yang paling banyak disukai, di re-tweet dan dibalas oleh pengguna yang lain. Pelajari pendapat yang mereka kemukaan, apakah sesuai dan relevan dengan bisnis yang kamu kelola. Apabila sudah mantap, tentukan apa yang akan kamu bicarakan dalam postinganmu. Buatlah postingan yang se-umum mungkin sehingga tidak terlalu terlihat kamu sedang mengiklankan bisnismu.

Mengetahui Cara Kerja Twitter dan Trending Topic

Untuk yang belum terbiasa mungkin agak sedikit kaget dengan betapa cepatnya pergantian trending topik yang berlangsung di twitter. Iya, tidak seperti tangga lagu musik yang diupdate seminggu sekali, Twitter Trending Topic berubah tiap waktu. Satu topik atau hashtag dapat bertahan pada daftar sepuluh besar dalam hitungan beberapa menit sampai jam. Jadi jangan heran kalau topik yang baru saja kamu lihat dan masih hangat dibicarakan tiba-tiba hilang dari daftar tanpa jejak. Salah satu kebijakan twitter memang menyebutkan bahwa topik atau hastag hanya dapat bertahan maksimal 24 jam. Setelah itu topik yang sama memang masih dapat dibicarakan namun kata kunci / hashtag yang digunakan tidak boleh sama dengan yang sebelumnya. Kecuali apabila dapat promosi dari twitter, suatu topik tidak akan dapat bertahan dalam daftar trending topic lebih dari satu hari. Berbekal pengetahuan ini kalian diajak untuk selalu cekatan mengikuti perubahan tren dan memanfaatkannya sesegera mungkin.

Dan dengan mengetahui perkiraan banyaknya orang yang tertarik untuk membicarakn satu topik kalian harus siap dengan interaksi yang akan kalian dapatkan dari pengguna lain. Apabila mereka tertarik dan setuju dengan postinganmu, bersiaplah untuk membalas reply yang kamu terima. Usahakan secepat mungkin, tetap dalam konteks pembicaraan umum dan tidak memihak apalagi menyinggung pihak manapun. Apabila ada balasan yang sekiranya negatif, selalu tanggapi dengan kepala dingin, jangan menggunakan akun bisnismu sebagai media untuk berkonfrontasi.

Untuk memanfaatkan lebih jauh lagi, bikinlah database setiap akun yang menyukai, me-retweets dan me-reply postinganmu. Mereka adalah pembuka jalan dari pangsa pasar yang menjadi targetmu selanjutnya. Pelajari tren apa saja yang mereka sukai sebagai bahan pembanding seberapa besar variasi minat yang mereka ikuti dan hubungannya dengan bisnismu. Memanfaatkan twitter trending topic untuk mempromosikan bisnismu amat sangat berbeda dengan menempelkan banner iklan di website yang dapat menghasilkan pembeli langsung dari setiap klik.

Tujuan utama dari memanfaatkan trending topic adalah untuk meninggalkan kesan yang baik tentang bisnismu ke sebanyak mungkin orang, semakin diketahui oleh banyak orang dan membangun kepercayaan dari komunikasi virtual sebelum akhirnya terjun ke bisnis yang sesungguhnya antara penjual dan pembeli. Oleh karena itu, gunakan akun Twitter bisnismu sebijaksana dan sepositif mungkin, jangan sampai meninggalkan kesan negatif ke calon kostumer.

Manfaatkan Twitter Analytic

Okay, fitur yang satu ini jelas akan diminati oleh mereka yang suka melihat progres bisnis dalam bentuk grafik, angka dan persen. Anggaplah pengetahuan berikut ini sebagai kelanjutan dari pelajaran tentang trending topic yang sudah sudah dibahas sebelumnya. Fitur ini bukan hanya diperuntukkan oleh akun bisnis tapi dapat juga digunakan oleh akun individu. Setelah mengaktifkan twitter analytic kamu dapat mengetahui sebesarapa kesan yang diterima oleh setiap postinganmu. Jangan merasa down dulu kalau postinganmu tidak mendapat likes, re-tweets atau reply sebanyak yang kamu targetkan, karena kamu tidak tahu siapa saja yang melihat postinganmu tapi tidak memberikan respon apapun.
Twitter secara otomatis merekam semua data-data ini bahkan kamu bisa tahu seberapa banyak postinganmu sampai di halaman akun orang lain dan berapa banyak yang melihat profilmu setelah melihat postinganmu tersebut. Twitter analytic juga menyediakan halaman tersendiri yang menganalisasis aktivitas twittermu, memilah dan mengurutkannya berdasarkan yang paling populer dan paling banyak dapat interaksi dengan pengguna lain. Tidak hanya itu, pada menu “audiences” kamu dapat mengetahui lebih lagi mengenai audiences mu secara keseluruhan bukan hanya yang sudah menjadi follower akunmu. Beberapa diantaranya yaitu gender, range umur, bahasa, asal negara, asal kota, minat dan lain sebagainya.

Mulai Beriklan

Tujuan utama dari memanfaatkan Twitter Trending Topic ini memang untuk meningkatkan pemasaran bisnismu, jadi jangan lupa untuk beriklan ya. Meskipun jumlah followermu masih sedikit, usahakan untuk menggunakan akunmu untuk beriklan secara rutin. Hal ini agar para follower dan orang yang baru melihat profilmu tahu bahwa akunmu selalu aktif dan dapat dijangkau kapanpun. Apabila menggunakan hashtag merupakan cara untuk memperluas jangkauan pasar, menggunakan twitter ads juga mempunyai tujuan yang sama, dan dengan target yang memang secara langsung untuk beriklan. Nggak berbeda jauh dengan platform lain seperti Google Ads, Facebook Ads atau Instagram Ads, Twitter juga mempunyai fitur yang sama untuk promosi. Sudah tentu tidak gratis dan ada syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi pengguna sebelum bisa mulai mempromosikan bisnisnya melalui twitter.

Namun, jika kamu sedang mencari alternatif untuk tetap mengikuti tren sambil memperluas jangkauan pasar dengan biaya seminimal mungkin, kalian wajib mencoba fitur yang canggih twitter trending topic ini. Sudah pasti akan perlu waktu untuk belajar dan melakukan trials & error, tapi tidak ada yang dapat dicapai tanpa ada sedikit pengorbanan.
Selamat mencoba. 

Share woy :D

april

I'm an ARMY, are you...?

Tinggalkan Balasan