Apa itu YouTube kids? Apakah cocok buat anak indonesia?

Youtube merupakan aplikasi berbagi video yang asyik bagi banyak kalangan mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Untuk mendownload aplikasi youtube (di android) perlu yang namanya akun google/gmail, dimana untuk membuat akun google hanya bisa di lakukan oleh orang dewasa.

Secara logika, kalau kita tidak install youtube, anak kecil tidak akan tau aplikasi tersebut bisa dipakai untuk nonton video.

Yang jadi masalah adalah tidak semua konten yang ada di youtube cocok untuk anak-anak. Di blog ini sebelumnya sudah dibahas mengenai cara membatasi konten youtube agar aman buat anak, namun karena basisnya masih aplikasi youtube reguler, kontennya memang sangat beragam. Belum lagi persoalan tentang iklan, kadang muncul iklan yang tidak semestinya di suguhkan untuk anak kecil.

Disinilah pentingnya aplikasi youtube kids. Aplikasi youtube kids di-desain untuk hanya menampilkan konten yang cocok buat anak-anak, bahkan kontennya bisa dipilah berdasarkan usia anak. Sebenarnya youtube kids ini sudah di luncurkan sejak tahun 2015 lalu, namun baru bisa diakses dan digunakan di Indonesia sejak september tahun 2018 lalu.

Lalu, apakah youtube kids ini benar-benar aman untuk anak-anak ? terutama di indonesia, yang memiliki kebudayaan dan kebiasaan berbeda dengan luar negeri. Hal inilah yang akan dibahas ditulisan kali ini.

Review aplikasi youtube kids versi bukugue.com

Meskipun youtube kids bisa di nikmati anak-anak dengan aman, bukan berarti kalian bebas membiarkan anak menonton video sesuka mereka. Kalian harus tetap memantau dan memperhatikan apa saja yang dikonsumsi oleh anak. Berikut beberapa hal yang perlu kalian pahami terkait penggunaan youtube kids.

1. Aplikasi ini juga ada iklan

Youtube sendiri memiliki program iklan di mana iklan tersebut akan muncul jika sudah mulai menonton video. Meskipun youtube kids sudah memasukkan iklan yang wajar untuk anak kecil tetap saja iklan yang mungkin pantas untuk anak-anak di luar negri namun tidak sesuai dengan budaya yang ada di Indonesia. Maka dari itu kita harus tetap memantau anak saat melihat youtube kids.

2. Tidak 100 % Aman

Meskipun youtube kids di desain untuk anak-anak tetap saja kita harus memantau kegiatan di dalam youtube kids sendiri. Konten YouTube Kids di desain menggunakan algoritma filtering otomatis, ditambah dengan reviewer dan laporan pengguna. Walaupun banyak fail safenya, bukan tidak mungkin masuk konten-konten yang tidak sesuai untuk anak kita.

3. Tetap penting untuk membatasi dan membuat kesepakatan dengan anak mengenai penggunaan aplikasi ini.

Hal ini penting di lakukan setiap orang tua. Karena saat anak sudah asyik dengan gadget saat melihat video yang lucu, biasanya anak akan cenderung menyendiri, anak akan sulit saat kita ajak bicara dan ini bisa membangun karakter yang tidak baik untuk anak kita nantinya. Sebelum kita memperbolehkan anak bermain gadget kita buat perjanjian agar anak tidak selalu bermain smartphone sesuka hati mereka jika perlu kita membatasi pemakaian nya dalam sehari.

Admin: Kalau kata orang tua jaman dulu, “sesuatu yang berlebihan itu tidak baik”. Dan ini benar. Apalagi buat anak-anak yang saat ini sedang menentukan karakter mereka. Aku tidak bisa bilang kalau youtube kids 100% aman buat anak indonesia, sekali lagi, karena budaya kita beda, diluar negeri, minum alkohol sesuatu yang wajar, di indonesia tidak. Ini contoh kecil saja. Tapi jika dibandingkan anak nonton video tanpa batas, memang masih lebih baik pakai youtube kids.

Cara download dan cara pakai Youtube Kids

Youtube kids sendiri sudah bisa di download melalui google playstore. Kalian bisa download aplikasi di link ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.youtube.kids&hl=en

Untuk mendownload dan menginstall aplikasi youtube kids sama halnya seperti aplikasi-aplikasi lain yang di playstore. Buat yang ragu, disini akan dijelaskan semuanya dari awal. Ok langsung saja ke tutorialnya yang akan saya kupas di bawah ini.

1. Buka google playstore. Lalu kalian ketikkan youtube kids di kolom pencarian. Silahkan di install dulu.

2. Setelah kalian install, tinggal dibuka saja aplikasinya. Akan ada halaman pertanyaan seperti dibawah ini. Pilih “saya orang tua”.

3. Nah setelah itu akan ada halaman selamat datang. Kalian tinggal geser saja ke samping atau kalian bisa klik tombol panah ke kanan.

tap panah kanan

4. Setelah itu kalian di suruh untuk mengisikan pada tahun kalian lahir. Isi terserah saja. Akurat lebih baik, karena disini data tidak disimpan juga.

isi dengan tahun lahir kalian

5. Setelah kalian isikan maka akan ada halaman konfirmasi. (admin: disini penulis salah masukin, di kira diminta tahun lahir anak, makanya dia isi tahun 2015).

isi tahun lahir kalian lalu tap konfirmasi

6. Setelah itu akan ada pertanyaan berupa perkalian yang bertujuan untuk mengetahui bahwa yang mendownload itu benar-benar orang tua. Kalian tinggal isi setelah itu klik icon panah yang ada di pojok kanan bawah.

jawab pertanyaan nya

7. Nah setelah itu kalian di beri pilihan seperti dibawah ini, sesuaikan dengan usia anak kalian.

pilih dengan klik sesuai umur anak

8. Kalian akan di mintai persetujuan lagi untuk konten yang akan di suguhkan ke anak. Untuk kontennya bisa kalian lihat di samping.|

jenis konten yang kan muncul nantinya

9. Jika kalian setuju kalian klik saja icon pilih untuk menyetujuinya.

klik menu pilih untuk setuju

10. Lalu kalian akan di bawa ke halaman seperti ini, kalian bisa baca tutorial tentang fitur yang ditawarkan, atau bisa skip dengan tap “ikon selesai”.

11. Lalu sebelum masuk ke beranda youtube kids, kalian di mintai persetujuan yang menandakan kalian setuju dengan kebijakan youtube kids. Kalian klik saja setuju.

skeep saya setuju

12. Setelah kalian klik setuju maka kalian akan di bawa ke halaman beranda youtube kids.

beranda youtube kids

Kalian juga bisa mencari konten yang sesuai dengan anak kalian di kolom pencarian.

Untuk cara pemakaiannya sama saja seperti youtube pada umumnya namun mungkin yang membedakannya di bagian fitur-fiturnya saja.

Untuk konten-kontennya pun cukup menghibur karena kebanyakan kartun. Meskipun begitu kita tetap harus mengawasi kegiatan anak kita saat berinternet. Karena sebaik-baiknya internet pasti aka ada juga hal negative di dalamnya, jadi mulailah cerdas dalam berinternet.

Kekurangan youtube kids ini menurut saya di bidang edukasinya, dimana sangat sedikit sekali konten-konten edukasi yang masuk. Saya rasa cukup jelas penjelasan mengenai youtube kids ini.

Jika ada masukan, jangan sungkan untuk berkomentar dibawah ini.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan