Cara Membuat Twitter Moment di Android

Pernah bertanya apa sih Twitter Moment yang suka lewat di timeline kamu..? Kalau kamu pengguna Twitter pasti sudah sering lihat ‘kan? Tapi banyak juga pengguna twitter yang belum tahu tentang Twitter Moment dan bagaimana cara membuatnya.

Sebagai pembuka, yang perlu kamu ketahui adalah Twitter moment merupakan kumpulan dari beberapa tweets tentang suatu topik, bisa juga tentang satu tema tertentu atau bahkan bisa membentuk cerita yang berkelanjutan. Kumpulan tweets tersebut bisa merupakan postinganmu, bisa pula memasukkan postingan orang lain untuk kemudian dikumpulkan menjadi satu alur cerita.

Yang membuat Moment berbeda dengan kumpulan sederetan tweets yang biasanya kita sebut dengan ‘thread’ adalah dari segi penampilannya. Jika membaca thread, kita diharuskan untuk scrolling tweet selanjutnya kearah bawah, sedangkan pada Moment tweet selanjutnya ditunjukkan dengan scroll kesamping kiri seperti slide. Pada awalnya semua Twitter Moment yang dipublish hanyalah yang dibikin oleh Twitter dan beberapa pihak yang bekerja sama dengan Twitter untuk membuat Moment tentang berbagai macam topik penting seperti berita, olahraga dan entertainment. Pengguna Twitter hanya bisa menikmati saja. Kemudian, sekitar akhir tahun 2016 Twitter meluncurkan fitur baru dimana pengguna dapat membuat dan mempublish Moment hasil bikinannya sendiri.

Ada tiga cara untuk membuat twitter moment. Kamu bisa membuatnya melalui tab moments, halaman profilmu ataupun melalui tweet detail. Untuk mulai membuat twitter moment kamu hanya perlu menyiapkan judul moment, deskripsi singkat, tweets yang berhubungan dan satu gambar untuk dijadikan cover.

Cara mudah membuat twitter moment

Sekarang kita lanjut membahas tentang bagaimana membuat Moment hasil karyamu sendiri. Contohnya saja kamu ingin membuat kumpulan tweets tentang quote yang menarik. Caranya sebagai berikut :

1. Buka menu Moment melalui menu profilmu.

Pada menu paling atas, kamu akan melihat ikon navigation menu yang berbentuk tiga garis horizontal ataupun profil akunmu. Atau cara paling mudah yaitu dengan menggeserkan bagian kiri layar ke sebelah kanan sehingga menu profil terakses. Tap pada bagian tersebut dan kemudian tap pilihan Moments. Pada bagian bawah akan terdapat ikon seperti sambaran kilat, klik pada bagian tersebut.

2. Selanjutnya adalah memberikan keterangan tentang Moment yang kamu buat. Tiga hal yang harus kamu isi yaitu judul, deskripsi tentang moment dan menambahkan gambar untuk dijadikan cover.

– Untuk judul dan deskripsi, usahakan pilih yang bisa menjelaskan dengan mudah tentang Moment yang akan kamu bikin. Hal ini tidak hanya untuk memudahkan kamu menandai dan membedakan dengan moment lain tetapi juga untuk menarik orang lain untuk membaca Moment yang kamu buat. Iyap, strategi untuk menarik follower baru juga tentunya.
Karena kita ingin membuat Moment tentang kumpulan quotes, maka contoh dibawah ini hanya sebagai penggambaran saja ya. Silahkan berkreatif ria membuat judul dan deskripsi yang lebih unik.
– Untuk mengisikan judul dan deskripsi, kamu hanya perlu klik pada bagian “Title your Moment” dan “Add a description”. Kalau sudah selesai menuliskan semua deskripsi, tap “done” yang terletak pada bagian kanan atas.

– Selanjutnya, untuk menambahkan gambar sebagai cover, klik pada bagian tengah gambar ikon dan kamu akan diarahkan ke gallery di handphone kamu. Nah, setelah ditambahkan cover, Twitter Moment kamu kira-kira akan terlihat seperti gambar no.3 dibawah ini.

3. Langkah selanjutnya dan yang paling penting yaitu menambahkan tweet yang akan kamu kumpulkan.
Dari gambar diatas, khusus gambar yang no.3, terdapat pilihan “Add Tweet” ditengah yang disimbolkan dengan gambar lingkaran berisi tanda plus. Tap pada pilihan tersebut dan kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya yang terlihat seperti gambar dibawah ini. Kamu bisa memilih dari semua tweets yang pernah kamu posting, yang pernah kamu ‘like” atau juga dari tweet orang lain untuk kemudian dimasukkan ke dalam moment tersebut. Twitter menganjurkan setidaknya ada 10 tweet yang kamu pilih untuk masuk ke dalam Moment yang mau kamu bikin, tapi tentunya tidak wajib. Kamu bisa memasukkan dua atau bahkan hanya satu tweet. Sejalannya waktu kamu bisa menambahkan tweet lain yang kamu temukan kedalam Moment tersebut, kapan saja. Jika sudah selesai tekan tombol “done” pada bagian kanan atas layar.

4. Sebagai pengaturan tambahan, di sebelah kanan dari tombol “Add Tweets” terdapat symbol tiga titik berlabelkan “setting”. Jika dipilih, kamu akan diarahkan ke halaman pengaturan tambahan, yang isinya untuk menandai Moment yang kamu bikin tersebut.

– Yang pertama yaitu tanda “Set NSFW flag”. NSFW sendiri merupakan singkatan dari Not Safe For Work, ini adalah tanda untuk menunjukkan bahwa Moment yang kamu bikin berisi konten yang sensitif atau bahkan perlu di sendor. Jika kotak disebelah tanda ini di check, maka hanya pengguna yang menonsktifkan pengaturan sensor konten pada Twitternya yang bisa mengakses Moment yang kamu bikin.
– Yang kedua yaitu pengaturan lokasi “Publish location”. Pada bagian ini menunjukkan bahwa jika diaktifkan Moment yang kamu bikin bisa jadi digunakan oleh algoritma twitter untuk menjangkau audience yang lebih luas. Tapi jangan parno duluan ya, lokasimu tidak akan ikut dipublish koq.

5. Kalau masih ingin mengatur tweet agar tersusun sesuai alur yang baik, kamu bisa menggunakan pilihan “Reorder” yang terletak di sebelah kiri tombol “Add Tweets”. Sayangnya, pilihan ini hanya bisa menghapus tweet dari Moment, tidak bisa menggeser atau menukar tweets.

6. Jika semua telah terisi dan terselesaikan, kamu sudah siap untuk publish Moment pertamamu. Klik “publish” di bagian kanan atas layar, selanjutnya akan ditampilkan pesan yang artinya kira-kira sebagai berikut : “Terbitkan? Moment ini akan dapat terakses oleh siapapun dan ditampilkan pada profil Anda. Anda selalu dapat menarik kembali (unpublish) atau memperbaharuinya Moment Anda di kemudian waktu.”

Jika sudah yakin, tekan tombol publish dan kamu akan diarahkan ke halaman posting tweet dengan link yang menunjukkan tautan Moment kamu. Dengan menge-tweet Moment yang baru kamu bikin, maka akan lebih mudah mempromosikannya ke followermu.

Selamat Berkreasi dan Semangat Mencoba.

Topik: Twitter
april :I'm an ARMY, are you...?