Cara Menyaring Komentar Dan Menghilangkan Kolom Komentar Instagram

Instagram sebagai salah satu media sosial yang terpopuler terus melakukan perbaikan fitur untuk memanjakan penggunanya. Namun sayangnya tidak semua fitur mudah ditemukan oleh penggunanya. Bahkan beberapa orang tidak menyadari bahwa ada fitur-fitur penting yang bisa dimanfaatkan agar penggunaan Instagram lebih optimal.

Salah satu fitur Instagram yang belum banyak disadari dan dimanfaatkan adalah pengaturan komentar postingan. Instagram memiliki fitur untuk menyaring komentar Instagram, sehingga komentar tertentu tidak akan bisa dikirimkan. Selain itu, Instagram juga memiliki fitur untuk mematikan kolom komentar. Sehingga postingan kamu hanya bisa dilike atau dilove.

Fitur ini tentu saja bermanfaat karena terkadang postingan membuat followers tergoda untuk menuliskan komentar yang kurang enak dibaca. Bahkan terkadang followers berdebat pada kolom komentar yang menyebabkan rada kurang nyaman untuk dibaca. Menyaring dan menghilangkan kolom komentar dapat dilakukan dengan sangat mudah, tetapi dengan dua cara yang berbeda.

A. Cara Menyaring Komentar Instagram Dari Komentar Yang Tidak Diinginkan

Komentar Instagram sering kali bisa dimanfaatkan untuk saling bertegur sapa dengan orang-orang yang sudah lama tidak berinteraksi. Namun sayangnya terkadang postingan Instagram berisi hal hal sensitif yang bisa dikomentari dengan kalimat atau emoji yang kurang nyaman dibaca. Oleh karena itu diperlukan cara untuk menyaring secara otomatis setiap komentar yang masuk agar lebih nyaman untuk dibaca. Berikut ini adalah langkah-langkah cara menyaring komentar Instagram dari komentar tertentu.

  • Masuk Aplikasi Instagram

Buka aplikasi Instagram seperti biasa. Namun kamu juga bisa melakukan pengaturannya menggunakan Instagram web.

  • Buka Profil Instagram

Masuk ke bagian profil Instagram kamu.

  • Klik Menu

Klik menu yang ditandai dengan tiga titik sejajar ke bawah pada pojok kanan atas.

menghilangkan kolom komentar instagram

Klik Opsi / Menu

  • Geser Bilah Ke Bawah

Geser menu ke bawah hingga ke bagian ‘ PENGATURAN ’.

  • Klik Pilihan Komentar
menghilangkan kolom komentar instagram

Geser ke bawah, hingga ke pengaturan

Pada bagian pilihan ke tujuh, klik pada menu ‘Komentar’. Loading untuk masuk ke halaman ini biasanya cukup lambat, silakan ditunggu sebentar. Setelah itu, kamu akan dihadapkan berbagai pilihan untuk menyaring komentar postingan Instagram kamu.

  • Manfaatkan ‘Blokir Komentar Dari’
menghilangkan kolom komentar instagram

Memilih orang tertentu

Pilihan paling atas adalah kendali komentar, yaitu memblokir komentar dari orang-orang tertentu. Jika kamu menginginkannya, kamu bisa klik tulisan ‘0 orang’. Lalu cari dan pilih orang yang akan kamu blokir untuk memberikan komentar pada postingan kamu.

  • Aktifkan Filter Komentar Yang Menyinggung
menghilangkan kolom komentar instagram

Menyaring komentar yang menyinggung

Pilihan selanjutnya adalah filter otomatis yang berguna untuk menyembunyikan komentar yang dianggap menyinggung. Secara default pengaturan untuk fitur ini adalah aktif. Sehingga segala bentuk komentar yang dianggap oleh Instagram dapat menyinggung kamu akan disembunyikan. Instagram memiliki database tersendiri yang bisa menganggap komentar tertentu tidak pantas untuk ditampilkan.

  • Aktifkan Filter Komentar Manual
menghilangkan kolom komentar instagram

Masukkan kata kunci kamu sendiri

Jika kamu merasa filter komentar menyinggung belum cukup memuaskan, kamu bisa melakukan filter manual. Pertama kamu klik tanda lingkaran di samping ‘Aktifkan Filter Kata Kunci’ hingga berubah menjadi biru. Setelah itu kamu bisa memasukkan kata kunci yang kamu hindari dituliskan ke dalam kolom komentar.

Kata kunci dapat berupa kata, frasa maupun emoticon yang tidak kamu inginkan. Jika kamu ingin memasukkan banyak kata kunci, kamu bisa memisahkannya dengan tanda koma. Kamu bisa memasukkan banyak kata kunci di sini.

  • Aktifkan ‘Gunakan Kata Kunci Default’
menghilangkan kolom komentar instagram

Kata kunci pilihan Instagram

Setelah kamu mengaktifkan filter manual, maka kamu bisa juga mengaktifkan fitur ‘Gunakan Kata Kunci Default’. Filter ini berfungsi untuk menyembunyikan komentar berisi kata kunci yang sering dilaporkan dari kiriman kamu. Sehingga, kamu tidak perlu memasukkan secara manual, tetapi komentar yang sering muncul dan dilaporkan pun akan disembunyikan juga.

  • Selesai

Selamat, kamu sudah berhasil menyaring komentar Instagram yang ada pada postingan kamu. Filter komentar ini akan berlaku untuk komentar baru maupun komentar lama yang ada pada postingan kamu.

Note: Ditulisan lain juga dijelaskan mengenai hal ini, kamu bisa baca disini : Cara blokir komentar SPAM di Instagram

B. Cara Menghilangkan atau Mematikan Kolom Komentar Instagram

Filter komentar Instagram hanya berfungsi untuk menyembunyikan komentar yang mengandung kata tertentu saja. Sedangkan apabila kamu benar-benar tidak menginginkan postingan dikomentari, maka kamu bisa memanfaatkan fitur matikan komentar. Cara mematikan kolom komentar Instagram dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu untuk postingan baru dan postingan lama. Setelah kamu mematikan komentar postingan, kamu tetap dapat mengaktifkan kembali kapan saja.

1. Cara Mematikan Kolom Komentar Untuk Postingan Baru

Mematikan kolom komentar untuk postingan baru berfungsi untuk mencegah adanya komentar sejak foto atau video diunggah. Sehingga tidak ada kesempatan bagi siapa pun untuk lansung berkomentar dari awal. Selain itu, cara ini juga efektif jika kamu sudah meyakini bahwa postingan ini tidak membutuhkan komentar. Langkah langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Klik gambar plus (seperti post biasa)
menghilangkan kolom komentar instagram

Buat post baru

Buat postingan seperti biasa melalui icon plus (+) pada bagian bawah aplikasi Instagram. Kmau bisa melakukan editing terlebih dahulu sesuai dengan selera.

  • Klik ‘Pengaturan lanjutan’
menghilangkan kolom komentar instagram

Pilih pengaturan lanjut

Setelah itu, kamu akan masuk ke bagian penambahan caption Instagram. Pada bagian ini terdapat pilihan untuk membagikan foto dan menandai orang maupun lokasi. Pada bagian paling bawah, kamu dapat menemukan ‘Pengaturan Lanjut’ yang mungkin sering terlewatkan. Hal ini karena tulisan memang kecil dan menyerupai warna backgroud. Klik pengaturan lanjut ini.

  • Pilih Matikan Komentar
menghilangkan kolom komentar instagram

Aktifkan ‘Matikan komentar’

Pada bagian pengaturan lanjut, kamu hanya memiliki dua pilihan. Pilihan pertama adalah untuk mematikan komentar dan yang kedua untuk mengedit daftar teman dekat kamu. Aktifkan fitur ‘Matikan komentar’ dengan klik lingkaran di sebelahnya hingga berwarna biru.

  • Selesai

Kamu bisa kembali ke bagian ‘Bagikan Ke’ untuk melanjutkan penulisan caption atau langsung membagikannya.

menghilangkan kolom komentar instagram

Hasilnya tidak ada kolom komentar

Selamat, kamu telah berhasil mematikan kolom komentar sejak pertama kali postingan terunggah di Instagram. Followers kamu tidak akan bisa memberikan komentar sejak awal postingan kamu masuk ke beranda Instagram.

2. Cara Mematikan Kolom Komentar Untuk Postingan Lama

Cara mematikan kolom komentar yang kedua ini bermanfaat jika ternyata postingan Instagram kamu menuai komentar yang berbagai macam. Jika kamu merasa tidak nyaman, kamu tidak perlu menghapus potingan tersebut, cukup matikan kolom komentarnya saja. Berikut ini adalah langkah langkahnya.

  • Buka Profil Instagram
menghilangkan kolom komentar instagram

Pilih foto yang akan dimatikan komentarnya

Buka aplikasi Instagram lalu masuk ke profil kamu.

  • Pilih salah satu postingan

Pilih salah satu postingan yang ingin kamu matikan komentarnya.

  • Klik menu, Pilih ‘Matikan Komentar’
menghilangkan kolom komentar instagram

Pilih matikan komentar

Klik menu berupa tiga titik sejajar ke bawah. Pada pilihan yang muncul, klik ‘Matikan Komentar’ maka otomatis kolom komentar sudah hilang.

  • Selesai
menghilangkan kolom komentar instagram

Tidak ada kolom komentar

Yeay. Semudah itulah cara mematikan kolom komentar dari postingan lama. Sekarang perdebatan komentar di postingan kamu sudah tidak akan berlanjut. Bahkan seluruh komentar yang sudah pernah ada pun tidak akan ditampilkan lagi. Nanti apabila kamu mengaktifkan kembali kolom komentar, maka komentar lama akan muncul kembali.

menghilangkan kolom komentar instagram

Menyalakan kembali komentar

Apabila kamu ingin mengaktifkan komentar kembali, maka tinggal klik menu lalu pilih ‘Nyalakan komentar’.

Sekian tadi panduan cara menyaring komentar dan menghilangkan kolom komentar postingan. Langkah langkahnya sangat mudah untuk dilakukan. Namun terkadang fitur ini belum banyak diketahui, sehingga kurang bisa dimanfaatkan.

Kamu tentu saja harus memanfaatkan fitur ini dengan bijak, agar apabila followers kamu adalah teman dekat, tidak terjadi kesalahpahaman.  Sehingga nantinya tidak akan timbul hal-hal yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat ^.^

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar