Tips bijak menggunakan Media Sosial agar selamat dunia akhirat

Tak akan ada habisnya jika kita membahas tentang medsos atau media sosial. Seolah-olah menjadi seperti air, medsos terus mengalir dari tempat perusahaan ke seluruh dunia dengan semua pembaruannya. Bahkan semua orang pun jika ditanya pasti akan tau sedikitnya satu dari banyaknya media sosial dengan status aktif. Negara yang kita cintai ini salah satunya, Indonesia memang termasuk kedalam list negara yang penduduknya paling aktif di media sosial, ya termasuk saya juga sih hehe. Bahkan yang saya lihat pun sampai ada orang yang sehari-harinya full menggunakan media sosial, gak pegel apa ya itu orang.

Fitur yang menarik memang masih menjadi salah satu dari banyaknya faktor yang membuat media sosial tetap menjadi pilihan masyarakat untuk ikut bergabung dan menggunakannya. Mayoritas pengguna dari media sosial ini adalah kalangan-kalangan muda zaman sekarang atau yang sekarang biasa disebut generasi millenial. Tak sedikit pula dari kalangan pengusaha yang memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produknya.

Banyaknya konten di media sosial membuat banyak juga dampak yang akan di timbulkan dari penggunaan media sosial, dari mulai dampak yang positif sampai ke dampak negatif. Setiap dampak positif yang ada, dampak negatif pasti akan datang bersamaan dengan munculnya sisi positif tersebut. Nah di pembahasan kali ini saya akan berusaha membagi tips untuk menjadi lebih bijak menggunakan media sosial, agar dampak negatif dari media sosial bisa lebih di cegah oleh kita. Ini nih tipsnya.

Tips Bijak Menggunakan Media Sosial

Inspirasi untuk membagikan tips ini datang dari pengalaman beberapa teman saya dan saya sendiri yang terkena dampak negatif dari media sosial ini. Oke langsung aja ke tipsnya, move and scroll.

1. List Waktu Penggunaan MedsosBanyak sekali pepatah yang menyinggung tentang waktu, salah satunya adalah “Waktu adalah uang”. Dampak yang paling sering muncul dalam media sosial pun adalah masalah waktu, orang-orang ketika sudah mengakses medsos sampai lupa akan kewajibannya, sampai lupa waktu. Tips pertama dari saya agar lebih bijak menggunakan media sosial yaitu kalian harus membuat jadwal kegiatan setiap harinya, termasuk juga medsos di dalam daftarnya. Tetapi jangan berlebihan memasukkan penggunaan medsos ke jadwal kegiatannya cukup hanya 30 menit sehari dan paling lama 1 jam di bagi-bagi dari 24 jam dan tidak langsung di lakukan pada satu waktu.

2. Hindari Menyebarkan Berita HOAXSaat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan pemberantasan berita-berita hoax yang ada di media sosial, bahkan tak tanggung-tanggung pemerintah akan menghukum berat pelaku penyebar hoax tersebut. Dan untuk tips yang kedua ini yaitu jangan sembarangan menyebarkan berita yang tidak terbukti kebenarannya atau hoax, sebelum menyebarkan berita ada baiknya kalian memperjelas sumber asalnya dan kejadian lengkapnya agar kalian tidak terkena dampak negatif dari penyebaran berita hoax itu.

3. Jangan Mudah Percaya

Media sosial memang tempatnya konten-konten menarik, ada yang memanfaatkan media sosial untuk hiburan, pendidikan, berdagang. Kita ambil contoh berdagang sekarang banyak sekali individu atau perusahaan memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk-produk mereka. Karena sekian banyaknya produk yang dijual di medsos kita jadi tidak tahu mana yang asli dan palsu dari produk tersebut. Ini tips yang ketiga, kalian jangan mudah percaya semua yang ada di media sosial,pikirkan kembali dengan logika yang masuk akal. Jika kalian ingin membeli suatu barang cek dan tanya-tanya info barang tersebut, jangan terlalu tergiur dengan harga yang murah cek banyaknya minat dari orang-orang dan lihat seberapa banyak konsumen dari barang tersebut yang merasa puas akan produknya.

4. Jangan Mengungkapkan Kata-kata yang Tidak Baik

Masalah memang selalu datang kepada setiap manusia, besar kecilnya masalah tergantung bagaimana kita menyikapinya. Terkadang dengan banyaknya masalah orang-orang zaman sekarang selalu mengungkapkannya ke medsos dan lupa bahwa ungkapan mereka itu sangat tidak baik pengaruhnya terhadap banyak orang. Untuk menghindari ini kalian sebaiknya lebih berhati-hati untuk meluapkan semua emosi kalian ke media sosial agar tidak terjadi kesalah pahaman dengan orang lain. “Masalah itu dihadapi jangan di umbar-umbar”. Dan jangan lupa lebih mendekatkan diri kepada Tuhan kita agar kita bisa lebih sabar dan tabah menghadapi masalah.

5. Jaga PrivasiDengan adanya media sosial memungkinkan kita untuk berbagi info-info dengan bebas. Tetapi dengan kebebasan itu janganlah kalian membagikan sebuah hal pribadi yang seharusnya di jaga dengan baik dan tidak menyebarkannya, malah jadi tersebar karena tingkah kita di media sosial. Tips dari saya untuk menghindari kejadian seperti itu adalah lebih menjaga lagi privasi atau hal prbadi dari kita dan menghargai apa yang menjadi privasi orang lain untuk tidak menyebarluaskanya di medsos.

6. Tidak BerlebihanSemua yang berlebihan memang tidak baik dampaknya bagi kita sendiri maupun orang lain, Penggunaan media sosial pun sama, kita jangan terlalu berlebihan menggunakannya apalagi sampai mengasingkan diri karena medsos tersebut. Dampak ini akan menyebabkan kalian menjadi orang yang individualis dan kurang memperhatikan lingkungan sekitar. Tips yang terakhir dari saya, penggunaan media sosial sebaiknya jangan terlalu berlebihan, lebih sering memperhatikan keadaan sosial di sekitar kita lebih baik daripada aktif di media sosial tapi di kehidupan yang sebenarnya tidak terlalu aktif dan kurang respon.

Pada dasarnya semua yang kita lakukan di media sosial belum tentu baik untuk dilakukan, perlunya ilmu pengetahuan dan harus dibarengi dengan ilmu agama wajib menjadi pedoman kehidupan kita. Jangan terlalu tergiur dengan indahnya dunia maya sehingga melupakan apa yang terjadi di kehidupan nyata.

Saya disini hanya membagikan sebuah pelajaran dari pengalaman yang pernah dialami agar semua bisa lebih berhati-hati dalam penggunaan media, percaya dan praktiknya  dari tips ini kembali kepada diri kalian masing-masing, saya hanya bertugas untuk menyampaikan.

“Kekuatan apapun takkan bisa mengalahkan kekuatan kepercayaan dari diri kita sendiri”

Sekian artikel tentang Tips Bijak Penggunaan Media Sosial dari saya, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Sampai jumpa di Tips-tips selanjutnya. Terima kasih

Advertisements
Fahmi Amirullah

Fahmi Amirullah

Hai, nama saya Fahmi Amirullah Permana, saya lahir 26 oktober 2000. saya punya hobi bermain alat musik dan nulis, soalnya saya orangnya jarang sekali ngomong. oh iya cita-cita saya ingin jadi seorang seniman, musisi, penulis, sutradara, produser, dan ingin membahagiakan orang tua saya. sebenarnya banya sekali cita-cita saya, terlalu panjang untuk di sebutkan nantinya. jangan jadikan kekurangan sebagai alasan untuk terus berkarya. terima kasih

1 Response

  1. yana says:

    hai, perkongsian amat baik. Boleh saya share perkongsian ini dengan rakan2?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *