Video trending di Youtube berdasarkan apa?

Youtube merupakan media sosial yang memungkinkan kita untuk menonton video yang dibagikan oleh para kreator dari seluruh dunia. Banyak orang yang menghabiskan waktunya berjam-jam ketika menonton video di Youtube, ini tak terlepas dari banyaknya konten yang dibagikan oleh para kreator.

Karena banyaknya konten yang tersedia, Youtube kemudian membuat suatu peringkat popularitas video. Ini dilakukan dengan tujuan agar penggunanya mudah mengetahui trend atau hal yang sedang populer saat ini.

Peringkat tersebut adalah yang kita kenal sebagai fitur trending di Youtube.

Youtube juga membagi trending menjadi beberapa bagian atau topik. Pada tab pertama trending Youtube diisi oleh video yang sedang populer saat ini. Kemudian pada tab selanjutnya diisi oleh video musik yang sedang trending saat ini. Tab ke-tiga diisi oleh game, kemudian tab ke-empat adalah berita, sementara yang ke-lima diisi film.

Dengan dilakukan pembagian tersebut, harapannya pengguna Youtube akan dapat dengan mudah menemukan video yang nge-trend secara keseluruhan dan yang nge-trend dibeberapa kategori tertentu tsbt.

Faktor atau syarat penentu video agar trending di Youtube

Trending Youtube merupakan kumpulan video yang urutannya disusun berdasarkan popularitas video. Sebagian besar video yang trending dapat kita prediksi, misalnya seperti video musik dan trailer film yang baru saja dirilis. Namun ada juga kejadian yang tak dapat kita prediksi, misalnya seperti isu topik ataupun video yang tiba-tiba viral.

video yang sedang trending
video yang sedang trending

Youtube menyediakan tab trending dalam rangka agar penggunanya dapat dengan mudah menemukan video yang menarik dan populer. Dengan adanya video yang menarik tersebut akan mengundang para penonton untuk menggunakan platform.

Harapannya, trending Youtube dapat menampilkan video dengan kriteria tertentu, seperti berikut ini.

  1. Dianggap menarik oleh banyak orang
  2. Tidak bersifat clickbait, sensasional, maupun menyesatkan
  3. Biasanya berisi video yang mengejutkan dan baru
  4. Memperlihatkan keragaman peristiwa yang sedang terjadi di seluruh dunia
  5. Memperlihatkan keragaman kreator video

Supaya dapat menampilkan video dengan kriteria yang telah dijelaskan tadi, Youtube berusaha mengukur trending dengan indikator sebagai berikut:

  1. Jumlah penayangan atau views. Semakin banyak jumlah penayangan atau views, semakin besar pula kesempatan video tersebut masuk ke dalam tab trending.
  2. Seberapa cepat video memiliki penayangan . Semakin cepat kenaikan penayangan Youtube (misalnya dalam jangka 24 jam terakhir), maka semakin besar kesempatannya untuk masuk ke dalam tab trending. Selain itu, hal tersebut juga akan mendorong semakin tingginya peringkat video pada trending Youtube.
  3. Sumber asal penayangan, termasuk dari luar Youtube (misalnya video dishare di situs lain seperti facebook, dll)
  4. Umur video. Video yang baru akan memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk menjadi trending dibandingkan dengan video lama.
  5. Performa video dibandingkan dengan upload terbaru lainnya dari channel yang sama.

Perlu diingat bahwa meskipun terdapat faktor penentu seperti yang telah dijelaskan, akan tetapi pada dasarnya pengukuran tersebut tidak bersifat mutlak. Misalnya, video populer yang baru saja dirilis 1 hari yang lalu belum tentu memiliki peringkat yang lebih tinggi dari video yang diupload 3 hari lalu. Kemudian video dengan views tertinggi juga belum tentu akan menempati peringkat pertama pada trending.

views dan umur video
views dan umur video

Youtube akan menggabungkan faktor-faktor tadi untuk kemudian menghasilkan video yang sedang populer, namun juga relevan untuk pengguna Youtube. Selain faktor yang telah disebutkan tadi, sebenarnya masih ada 1 lagi faktor yang cukup penting namun sering diabaikan kreator, yaitu konten yang unik dan orisinal.

Dengan adanya konten yang orisinal akan membuat kreator tersebut memiliki nilai tambah. Ketika kreator membuat konten yang benar-benar unik, hal tersebut akan membuat kreator menjadi lebih mudah diingat. Itulah sebabnya ada beberapa kreator yang sering mendapatkan peringkat yang tinggi pada trending.

Selain mempertimbangkan faktor tersebut, Youtube juga melakukan filter terhadap konten yang kurang pantas. Youtube akan berusaha menyaring video dengan bahasa yang tidak sopan, konten dewasa, dan kekerasan. Dengan demikian, harapannya trending Youtube hanya akan menampilkam video yang berkualitas.

Apakah trending Youtube berbayar?

Trending Youtube bukan termasuk fitur berbayar dari Youtube. Hingga saat ini Youtube tidak menerima pembayaran atas video yang memiliki peringkat tinggi pada trending. Penempatan video yang trending tersebut murni karena pertimbangan dari faktor-faktor yang telah kami jelaskan tadi. Youtube tidak mengistimewakan kreator tertentu agar dapat menempati posisi trending.

Sebagian besar video di Youtube merupakan video yang dapat dimonetize melalui iklan. Meskipun demikian beberapa video yang tidak dimonetize juga dapat menjadi trending. Kembali lagi, trending Youtube dihitung berdasarkan indikator yang telah kami jelaskan.

Meskipun tidak berbayar, namun tidak menutup kemungkinan banyaknya orang yang melakukan trik-trik tertentu demi mendapatkan peringkat teratas pada tab trending. Adapun kecurangan yang dimaksud diantaranya adalah manipulasi jumlah views. Dengan jumlah views meningkat cepat, lagi-lagi  itu akan bermuara pada trendingnya sebuah video.

Apakah trending Youtube sama untuk setiap orang?

Pertanyaan selanjutnya, lalu apakah video yang ditampilkan di tab trending antara 1 orang dengan orang lain adalah sama?

Sederhananya, jawabannya adalah sama namun berbeda di setiap negara. Youtube memastikan bahwa konten yang disajikan pada trending adalah sama pada semua orang di setiap negara. Artinya, Youtube hanya menampilkan video trending yang berbeda pada negara yang berbeda pula.

Meskipun Youtube mengelompokkan tab trending berdasarkan negara, namun kamu masih bisa untuk mengintip video apa saja yang sedang trending di luar negeri. Nah jika ingin mencari tahu video Youtube yang trending di luar negeri, kamu dapat mengikuti tutorial berikut: https://bukugue.com/cara-mengubah-trending-di-youtube/


Demikianlah informasi mengenai trending Youtube. Kami rasa penjelasan kami sudah cukup. Namun jika ada pertanyaan terkait topik ini, dapat kamu ajukan melalui kolom komentar ya.

Sampai jumpa.


Sumber : support.google.com/youtube/answer/7239739?hl=en-GB

Tinggalkan Balasan