Mengubah Twitter Trending Topik Berdasarkan Minat dan Lokasi

Kalau disuruh memilih diantara semua fitur unik yang dimiliki oleh Twitter, saya akan menunjuk Twitter trending topik sebagai salah satu yang paling keren dan paling canggih. Mengapa? Pertama karena sebagian besar media social yang kita tahu belum menerapkan ide ini dan yang kedua tentunya karena cepatnya suatu info atau berita yang dapat tersampaikan ke seluruh dunia melalui fitur ini.

Dimana kita bisa menemukan daftar trending topik?

Fitur ini ada di semua platform Twitter, baik kamu mengakses dari desktop maupun dari aplikasi di smartphone kamu. Untuk pengguna aplikasi mobile, baik android maupun iOS, daftar trending topik dapat diakses melalui explore tab atau juga yang sering dinamakan search tab (tab pencarian). Pada aplikasi disimbolkan oleh gambar kaca pembesar.
Sedangkan ketika kamu mengakses Twitter melalui desktop, trending topik akan ditampilkan di samping halaman apapun yang sedang kamu buka. Jadi secara tidak langsung kamu akan selalu dapat memantau perkembangan topik-topik paling ramai yang sedang dibicarakan oleh pengguna twitter.
Untuk penjelasan tentang bagaimana twitter bisa menentukan topik atau hashtag apa yang sedang trending dan paling banyak digunakan secara real time, kalian dapat membacanya di ulasan yang pernah saya bikin sebelumnya. Berikut link artikelnya: 4 Hal Yang Belum Kamu Tahu Tentang Twitter Trending Topic

Jadi, secara default ketika seseorang masuk ke akun Twitternya dan belum pernah merubah pengaturan trending topiknya, maka dia akan melihat daftar trending topik yang disesuaikan dengan orang-orang yang diikutinya dan lokasi dia berada. Tidak hanya itu saja, ada juga beberapa topik yang sebenarnya masuk dalam daftar trending topik dunia (worldwide) dan juga beberapa topik berita & kejadian yang sedang trending. Inilah terkadang yang dibingungkan oleh para pengguna Twitter yang masih awam dengan trending topik, koq bisa berbeda dari satu pengguna dengan pengguna yang lain. Yap, kecuali jika kamu dan teman kamu mengikuti akun-akun yang sama, berada di lokasi yang sama dan menggunakan pengaturan yang sama, maka tidak mungkin daftar trending topik yang disediakan oleh Twitter akan sama.

Apa yang dimaksud dengan ‘trends for you’ atau ‘tailored for you’?

Ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan konten yang paling sesuai dengan minatnya. Sederhananya, akun-akun yang kita ikuti akan menunjukkan ketertarikan dan minat kita. Secara pengertian dari bahasa inggrisnya, ‘tailored for you’ diartikan juga sebagai ‘disesuaikan untuk Anda’. Kalau dalam bahasa sehari-hari kita sering mendengar ‘tailor’ diartikan sebagai ‘penjahit’, dalam artian sebenarnya kata tersebut diartikan sebagai ‘penyesuaian, menyesuaikan’ dsb. Tapi tidak mengapa jika kamu membayangkan ‘seorang penjahit’ ketika mendengar kata ini. Dari sini juga istilah ini dikembangkan, karena seperti halnya penjahit yang membuat baju, sudah pasti dia berusaha agar ukuran baju yang dibuatnya sesuai dengan ukuran kliennya. Inilah yang coba disediakan oleh Twitter untuk para penggunanya tersayang. Dengan harapan apabila pengguna selalu dapat apa yang diinginkan/dibutuhkan, maka pengguna aktif Twitter akan tetap setia menggunakan platform mereka.

Baca juga : Istilah dan singkatan di twitter yang mungkin belum kamu tau

Dalam arti lain bahwa jika fitur ‘trends for you’ diaktifkan, maka semua daftar twitter trending topik yang kamu terima akan disesuaikan berdasarkan lokasimu dan siapa saja yang kamu follow. Kamu tidak akan dapat melihat topik atau hashtag yang sedang trending, dan tidak dapat mengganti pengaturan lokasi. Karena apabila fitur ini diaktifkan maka pilihan untuk merubah lokasi secara otomatis tidak ditampilkan.

Okay, lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur ini? Dimana dan apa yang harus dipencet?

– Pertama, cari pilihan ‘setting and privacy’ yang biasanya akan ditampilkan ketika kamu membuka profile akunmu atau menggeser layar bagian kiri halaman kearah kanan.
– Dari halaman ‘setting privacy’, tap pada pilihan ‘Content Preferences’
– Pada kategori Explore pilih ‘Trends’
– Jika belum aktif, kamu hanya perlu menggeser tombol yang ada di sebelah tulisan ‘Trends for you’ ke arah kanan.
– Secara otomatis, pilihan ‘Change Location’ akan hilang dengan sendirinya.
– Setelah ini, jika kamu kembali ke halaman ‘search tab’ untuk melihat topik apa yang trending, maka kamu akan melihat bahwa judulnya berubah menjadi ‘Trends for you’, tidak menunjukkan suatu lokasi spesifik ataupun worldwide.

Kelebihan dari fitur ini, tentu saja kamu akan sangat dimanjakan sebagai pengguna. Pertama, karena pada daftar trending topik yang disediakan twitter kamu hanya akan melihat hal-hal yang paling kamu minati dan paling banyak dibicarakan oleh orang-orang yang kamu ikuti akunnya. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir akan ketinggalan gosip paling hangat atau berita paling pecah yang sedang didiskusikan oleh tetangga-tetangga akunmu.

Lalu, bagaimana kalau kamu mau ingin mengetahui daftar topik yang sedang trending di dunia ataupun di suatu negara tertentu. Yup, tentu saja kamu harus menonaktifkan fitur ini terlebih dahulu. Langkah dan caranya sama saja dengan yang sudah dibahas diatas. Kalau kamu ingin mengetahui topik yang sedang trending di Negara tertentu atau bahkan di kota tertentu, kamu memilih dari semua lokasi yang tersedia (scroll kebawah sampai menemukan nama lokasi yang kamu cari). Atau akan lebih mudah juga kalau kamu mengetikkan nama lokasi (Negara atau kota) yang kamu cari langsung ke kolom pencarian. Jika sudah muncul, tap pada lokasi tersebut dan secara otomatis kamu sudah tersetting untuk bisa melihat topik yang trending di tempat tersebut. Sayangnya, untuk saat ini baru beberapa kota besar di Indonesia yang bisa kita ketahui trending topiknya.

Ada juga langkah yang lebih mudah untuk mengganti-ganti pengaturan trends maupun lokasi ini. Jalan singkatnya yaitu langsung ke halaman pencairan, yang disimbolkan oleh kaca pembesar. Biasanya halaman ini hanya memperlihatkan lima topik worldwide teratas diantara dua puluh daftar yang trending. Untuk melihat semua daftar trending topik tersebut, tap pada ‘show more’. Kemudian, pada bagian kanan atas, terdapat symbol ‘gear’ yang juga biasa digunakan sebagai symbol ‘setting/pengaturan’. Jika di tap, maka kamu akan langsung diarahkan ke halaman ‘Trends’ yang sama dengan yang sudah kita bahas diatas.

Gambar dibawah ini hanyalah untuk menunjukkan bahwa jika kita merubah settingan trending topik dan juga lokasi maka daftar trending topik yang kita lihatpun akan berbeda-beda.

Terima kasih sudah membaca dan semoga informasinya bermanfaat.

april

april

I'm an ARMY, are you...?

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar