Cara mudah menggunakan Whatsapp di Desktop

Para pengguna aplikasi messenger tentunya sudah tidak asing lagi dengan Whatsapp. Mulai diluncurkan dari bulan Januari 2009, Whatsapp kini sudah digunakan oleh lebih dari 1,5 milyar orang setiap bulannya.

Keunggulan utama dibandingkan dengan aplikasi messenger lainnya terletak pada kesederhanaannya. Tanpa banyak fitur tambahan, whatsapp lebih dipilih oleh mereka yang mementingkan percakapan yang simple dan to the point.

Apalagi setelah diberlakukan kebijakan ‘end-to-end encryption’ yang menjaga privacy pengguna, kedua alasan tersebut memberikan nilai positif tersendiri yang pada akhirnya menarik lebih banyak pengguna dari kalangan professional. Dimana kerahasiaan percakapan yang dilakukan melalui whatsapp akan dienkripsi atau diubah menjadi kode-kode yang susah dipecahkan, tidak juga oleh Whatsapp Company sebagai developer.

Lalu, sudahkah kamu mencoba menggunakan aplikasi ini melalui dekstop?

Yap, bener sekali. Whatsapp udah bisa juga digunakan di desktop lho.

Apakah kamu tipe orang yang sering di depan komputer/laptop atau kamu tipe orang yang lebih senang melakukan chatting melalui komputer dari pada di Hp, atau mungkin juga seorang entrepreneur yang sering melakukan komunikasi dengan banyak klien melalui messenger.

Nah, fitur ini pastinya jadi salah satu nilai tambah yang akan membantu sekali untuk menghemat waktu mengetik dan membalas pesan ke banyak orang.

Tidak hanya mengirim pesan tertulis, salah satu keunggulan whatsapp yang dapat mengirimkan gambar dan file yang lebih baik dibandingkan beberapa aplikasi lainnya kini juga dapat dilakukan melalui komputer. Dengan fitur ini kalian bisa dengan mudah bertukar dokumen, baik untuk pekerjaan maupun tugas kuliah, langsung dari komputer tanpa harus memindahkannya terlebih dahulu.

Sedangkan beberapa kekurangan dari fitur ini yaitu tidak bisa melakukan voice/video call dan tidak bisa mengganti chat wallpaper sesuai selera. Selain itu, aplikasi Whatsapp yang di Hp harus selalu terkoneksi dengan aplikasi Whatsapp yang di desktop. Jadi, misalkan saja Hp kamu kebetulan tidak ada koneksi internet atau tiba-tiba mati karena kehabisan baterai, maka aplikasi Whatsapp yang di dektop juga tidak bisa digunakan.

Meskipun begitu, jangan khawatir untuk mencobanya ya. Kalau sudah merasakan manfaatnya pasti akan ketagihan juga untuk selalu menggunakannya. Untuk kamu yang tertarik, mudah koq, yuk simak penjelasan berikut.

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa Whatsapp menyediakan dua cara yang memungkinkan pelanggan menggunakan aplikasi ini dari desktop. Cara yang pertama yaitu menggunakan Whatsapp Web dan yang kedua dengan menginstall aplikasi Whatsapp untuk desktop. Apabila kamu tidak ingin repot install aplikasi lagi atau mungkin takut terinstall virus ke komputer/laptop kesayanganmu maka lebih baik gunakan pilihan yang pertama. Tapi dijamin deh, mudah installnya dan aman dari bahaya virus.

A. Gunakan whatsapp web

Langkah selanjutnya akan dijelaskan dalam poin-poin berikut:
1. Setelah komputer/laptop kamu dapat koneksi internet, buka halaman browser dan kunjungi situs resmi whatsapp di : www.whatsapp.com. Seperti ini tampilannya.

2. Untuk menggunakan Whatsapp Web, langsung di klik aja di menu ‘Whatsapp Web’ yang ada di halaman diatas. Situs kemudian akan meminta kamu untuk melakukan scan barcode. Seperti ini tampilannya.

3. Jangan lupa check pilihan “keep me sign in” jika kamu ingin menggunakan dalam waktu yang lama. Kalau pilihan ini di un-check maka whatsapp akan otomatis log out dengan sendirinya jika tidak ada aktivitas setelah beberapa lama.

4. Selanjutnya, buka aplikasi whatsapp di Hp Anda. Pilih ‘menu’, yaitu tiga dot vertikal yang berada dibagian pojok kanan atas. Lalu pilih “Whatsapp web”, kemudian tanda “ + ”.

5. Layar Hp akan berganti menjadi ‘barcode scanner’. Arahkan kamera depan ke layar komputer di halaman yang sudah kamu buka sebelumnya. Pastikan kamera depan dapat menangkap gambar barcode dengan benar. Tunggu beberapa saat hingga terkoneksi.

6. Halaman web akan menampilkan semua percakapan dan kontak yang ada di riwayat whatsapp kamu sebelumnya. Dan Whatsapp Web sudah siap untuk digunakan sesuai kebutuhan.

B. Install aplikasi whatsapp resmi untuk komputer

Untuk aplikasi Whatsapp Desktop sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan langkah-langkah diatas, hanya saja kamu harus mendownload dan menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Berikut ini dijelaskan caranya :

1. Buka situs www.whatsapp.com di halaman browser.

2. Untuk mengunduh aplikasi, kamu bisa gunakan menu “Download” atau “Mac or Window PC” kedua pilihan ini akan mengarah ke halaman yang sama.

3. Biasanya situs secara otomatis bisa mengenali jenis operation system yang digunakan oleh komputer kamu untuk lebih memudahkan pelanggan. Pilih menu “Download For ( tipe OS )” yang tunjukkan oleh tombol hijau.

4. Simpan aplikasi “WhatsAppSetup” di folder yang kamu inginkan. Tunggu beberapa saat hingga pengunduhan selesai.

5. Buka folder tempat kamu menyimpan “WhatsAppSetup” dan klik icon hijau whatsapp untuk memulai setting.

6. Komputer akan memberikan notifikasi berupa ‘security warning’ , untuk melanjutkan pilih “Run”.

7. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.

8. Langkah selanjutnya sama dengan yang sudah dijelaskan pada poin – poin sebelumnya, dimulai dari poin ke-3.

Selamat mencoba. 😉

april

april

I'm an ARMY, are you...?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *