WhatsApp Vs BBM bagus yang mana?

Berbicara mengenai aplikasi chatting terkhusus aplikasi populer yang sampai saat ini mungkin kamu salah 1 pengguna setianya. Apa lagi kalau bukan sang juara WhatsApp.

Ketika awal dirilisnya Wa, tidak langsung populer seperti ini, peningkatan mulai terlihat pesat ketika facebook mengakuisisi whatsapp dan bersaing dengan beberapa aplikasi ternama lainnya seperti BBM, Line, Telegram dll.

Di blog ini sudah ada artikel yang menyinggung perbandingan antara WhatsApp Vs Telegram, menurut kamu lebih unggul mana?

Jika sekarang di bandingkan dengan BBM? Aplikasi yang sempat populer di masa kira2 tahun 2010. Sepertinya BBM versi terbaru ini meluncurkan beberapa fitur yang tak kalah menarik, agar bisa menggaet kembali pengguna setianya, yang dulu sempat terkenal dengan notifikasi ping nya .

Ok lah kalau begitu, artikel kali ini aku tuliskan perbandingan diantara kedua aplikasi dari platform ternama ini WhatsApp Vs BBM. Nanti aku kasih penjelasan beberapa kelebihan dan kekurangan dari setiap aplikasi tersebut.

Kira2 sekarang ini lebih bagus yang mana ya? Mari simak pejelasannya dibawah ini:

Kelebihan dan kekurangan WhatsApp (WA)

WhatsApp

1. Users (Pengguna)

Jika dilihat dari banyak nya pengguna/pengunduh di playstore whatsapp telah diunduh sebanyak 1 miliar lebih. Dan dilansir dari tekno.kompas.com di tahun lalu 2018 saja pengguna aktif bulanan Wa mencapai 1,5 miliar pengguna, wow emejing ya guys.

2. Privacy “mengundang teman”

Maksudnya disini  whatsapp berbasis nomor ponsel untuk saling berkomunikasi dan siapapun bisa mengirimkan pesan, jadi untuk privacy nya pun menjadi kurang terjaga.

3. Fitur-fitur

Disini aku sebutkan fitur-fitur yang general saja. Yang nanti bisa mudah di bandingkan dengan BBM.

  • Chat : Bisa ganti Wallpaper chat, file sharing (foto, voice note, audio document, contact, lokasi) , berbagi stiker, emoji. Video personal/Group video calling dan voice call.
  • Contact : Kontak dengan singkron nomor ponsel dari kontak HP, tidak ada kategori contact, tidak seperti BBM.
  • Status Wa : Bisa text, foto maupun video, bisa komen tapi masuk ke menu chat, jadi gak semua kontak bisa view.
  • WhatsApp Web : Yes

4. Size file aplikasi di ponsel

Aplikasi whatsapp terkenal dan banyak pengguna salah 1 alasannya karena simple dan mudah digunakan, termasuk untuk penyimpanan aplikasi di memori HP lebih kecil dan aplikasinya pun gak lelet. Contohnya size file aplikasi Wa di Hp aku, chat gak banyak memang cuma beberapa aja, tapi memakan memori kurang lebih hanya 50MB. Cukup kecil bukan?

5. Keamanan Chat

Sekarang ini keamanan pesan whatsapp sudah mengejar ketertinggalannya dengan Telegram yakni fitur pesan enkripsi end-to-end yang di kembangkan dalam kolaborasi dengan Open Whisper System, sehingga pesan WA kamu terjamin keamanan nya otomatis tanpa pengaturan apapun, jadi hanya pengirim dan penerima saja yang mengetahui.

Kelebihan dan kekurangan BlackBerry Messenger (BBM)

BBM

1. Users

Kalah jauh sekali dengan WhatsApp, pengguna/pengunduh aplikasi BBM hanya lebih dari 100 juta unduhan saja. Di kontak BBM yang ada di Hp ku kurang lebih 350 kontak hanya beberapa saja pengguna aktifnya. Berbeda sekali dengan kontak Whatsapp malah banyak yang lebih aktif setiap harinya, mungkin kamu juga seperti itu ya guys?

2. Privacy

Jika di bandingkan dengan BBM versi dulu berbasis hanya menggunakan PIN, jadi tidak sembarang orang bisa mengirimkan pesan jika tidak di approve terlebih dahulu sehingga privacy terjaga. Tapi berbeda dengan versi BBM yang terbaru ini. Yakni pendaftaran BBM bisa menggunakan nomor ponsel, jadi kontak di HP bisa langsung terkoneksi ke kontak BBM bagi yang nomornya mendaftarkan BBM juga, tak beda dengan WhatsApp.

3. Fitur-fitur

  • Chat : Fitur yang sudah di sebutkan dalam WhatsApp tadi bahwa di BBM pun ada semua. Tapi tambahan lagi di BBM ada pengaturan waktu pesan (timed message), notifikasi ping, privat chat dan email chat tidak ada di WhatsApp.
  • Contact : Undang dengan PIN maupun singkron nomor ponsel dari kontak HP, ada kategori contact.
  • Feed BBM : Bisa text dan foto tapi gak bisa video. Tersedia album foto juga. Bisa comment, like and share dan bisa view semua kontak. Semacam post di facebook gitu. Sedikit berbeda dengan whatsapp sih.
  • BBM Desktop : Yes
  • BBM Service : Live TV, News, Video, dan bisa belanja di Bukalapak tanpa download aplikasi dll.
  • Service DANA (Sistem pembayaran digital) : Pembayaran Air, telepon, pengisian pulsa/internet, BPJS, TV kabel dll.

4. Size file aplikasi di ponsel

Ok untuk size file aplikasi BBM ini cukup banyak memakan memori Hp banyak dari pengguna pun termasuk aku yang mengeluh aplikasi ini cukup lelet dan berat. Contoh di HP aku aja size file BBM sudah kurang lebih 100MB guys, padahal history chat aja cuma 1 atau 2. Kalau menurut aku sih wajar ya size file nya besar, karena fitur2 nya versi BBM terbaru ini cukup banyak, seperti tambahan adanya layanan DANA, Live TV dll, yang gak ada di aplikasi WA.

5. Keamanan Chat

Sedangkan keamanan chat di BBM tidak di bekali dengan fitur enkripsi end-to-end seperti Wa, tetapi ada fitur penunjang nya yakni privat chat, dengan cara request terlebih dahulu kepada kontak yang diinginkan.

Nah, itu semua beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi WA, bagaiman jika kita bandingkan dengan BBM. Ok langsung aja simak penjelasannya.

Jadi WhatsApp Vs BBM bagus yang mana?

Ok, dari uraian penjelasan aku diatas, sebenarnya kedua aplikasi tersebut sama2 bagusnya. Kalau kamu pilih yang mana? kalau masalah pilihan sih, menurut aku tergantung kebutuhan, penggunaan dan juga ponsel kamu, ya kan?

Misal begini, jika kamu gak hanya ingin chattingan saja, tetapi bisa streaming TV, ngisi pulsa/data, melakukan pembayarann online dll, dalam 1 aplikasi karena kamu pun gak mau ribet download aplikasi penunjang lainnya, maka pilihan yang terbaik adalah menggunakan aplikasi BBM.

Nah, jika sebaliknya kebutuhan kamu cukup hanya berinteraksi dan komunikasi saja, tanpa ada embel2 lain, maka pilihan terbaik adalah mengunakan aplikasi WhatsApp. Kalau yang nulis artikel ini gimana? oh aku ya hehe, kalau aku sih dikarenakan teman2 banyak yang menggunakan WhatsApp, jadi aku belum bisa move on deh, selain itu juga WA sudah bisa mewakili untuk aplikasi chattingan yang simple dan mudah di gunakan. Tapi aku juga ya install BBM ko, cuma ya jarang di guna-in.

Admin note : Sebenernya salah satu alasan terkuat orang masih pakai wa, karena memang biasanya teman dan keluarganya juga pake itu. Selain itu wa memang lebih simple, jadi bisa dipake bahkan sama mamak ku yang gaptek sekalipun. 😀

Table perbandingan WhatsApp Vs BlackBerry Messenger

Dibawah ini aku kasih tabel dari hasil perbandingan antara kedua aplikasi tersebut yang sudah aku jelaskan di atas, sebagai berikut:

WhatsAppBBM
1. Users 1 Miliar pengguna/pengunduh100 juta pengguna/pengunduh
2. Privacy “mengundang teman”Singkron dengan kontak HPPIN dan singkron kontak HP
3. Fitur-fitur
Beberapa fitur Chat seperti timed message, private chat, email chatNoYes
Kategori kontakNoYes
Status/Feed Text, video, foto, commentText, foto, album foto, comment, like and share
Tersedia di Web/PCYesYes
Service lainnyaNoBukalapak, DANA, live TV.
4. Size File aplikasiKecil (kurang lebih 50MB)Besar (Kurang lebih 100MB)
5. Keamanan Chat
fitur enkripsi end-to-endfitur privat chat

Kesimpulan

Aplikasi chatting apapun memiliki kekurangan dan kelebihannya masing2 termasuk WhatsApp Vs BBM. Mereka unggul dengan performanya masing-masing.

Ketika dilihat dari penggunanya Whatsapp lah yang paling unggul, mungkin karena sebagian orang ingin menggunakan aplikasi yang gak gampang lelet, tetap bisa akses walaupun dengan jaringan inet yang minim, mudah digunakan dan simple.

Tapi kalau diliat dari fiturnya sih, lebih banyak BBM ya guys. Itu lah salah 1 cara BBM agar bisa dikenal kembali oleh penggunanya. Jadi menurut kamu sendiri bagus yang mana? bisa kasih jawaban kamu atau ada tambahan lainnya silahkan di kolom komentar.

Ok, sekian artikel kali ini, gunakan lah setiap media sosial mu dengan bijak. Terimaksih

Share woy :D

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan