#5 Langkah cepat mengubah lokasi yahoo news weather

Cuaca adalah salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan saat berencana untuk bepergian keluar rumah, baik untuk bekerja atau ke kampus, tamasya bersama keluarga, hangout bersama sahabat maupun pasangan. Sesuai dengan peribahasa yang menyebutkan bahwa “sedia payung sebelum hujan”, dengan mengetahui cuaca terkini dari lokasi tempat tinggal kamu saat ini, setidaknya kamu bisa mengantisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi dengan kondisi cuaca yang sedemikian rupa. Sehingga rutinitas maupun aktivitas yang sudah kamu rencanakan bersama pasangan, teman, atau keluarga tetap bisa berjalan sesuai rencana sekalipun kondisi cuacanya tidak seperti yang kamu harapkan karena kamu sudah menyiapkan langkah antisipasi. Apalagi dengan kondisi cuaca yang sangat tidak menentu seperti sekarang ini.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk selalu update terhadap cuaca terkini. Melihat cuaca secara langsung di halaman rumah atau tempat kamu berada saat ini adalah hal termudah yang bisa kamu lakukan untuk memprediksi cuaca dan mempersiapkan segala yang dibutuhkan. Misal, ketika kamu melihat langit mulai mendung, kamu bisa bersiap membawa payung atau jas hujan ketika berencana untuk beraktivitas di luar rumah.

Tapi, dengan kondisi cuaca yang tidak menentu dan bisa berubah sewaktu-waktu, melihat cuaca secara langsung aku rasa kurang akurat. Saat kamu keluar rumah dan melihat langit yang sedang cerah, bukan berarti tidak akan turun hujan sepanjang hari bukan? Bagi kamu yang berpergian mengendarai mobil atau angkutan umum lainnya mungkin tidak masalah ketika cuaca tiba-tiba berubah. Tapi bagi pengendara motor atau pejalan kaki, tentu hal ini akan mengubah sebagian bahkan seluruh rencana yang sudah kamu buat.

Bayangkan saja, saat kamu terburu-buru untuk menghadiri panggilan kerja atau harus menjemput seseorang ditempat umum kemudian tiba-tiba hujan dan kamu tidak membawa payung atau jas hujan tentu saja hal itu akan menghambat perjalanan kamu, waktu yang kamu butuhkan jadi lebih lama karena harus berteduh dulu dan sebagainya.

Tapi, kini kamu tidak perlu khawatir dengan cuaca yang mudah sekali berubah tanpa ada tanda-tanda khusus terlebih dahulu. Kamu bisa memantau cuaca terkini di lokasi kamu maupun di lokasi tujuan melalui prediksi cuaca yang biasanya disiarkan stasiun televisi dalam acara berita pagi atau liputan terkini.

Memantau cuaca dengan cara ini bisa dibilang lebih akurat karena stasiun televisi tidak mendapatkan informasi cuaca terkini dari sembarang informan, mereka mendapatkan informasi tersebut melalui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang ada di setiap wilayah. Baik melalui live report dari kantor BMKG, maupun melalui laporan tertulis BMKG yang dikirimkan ke kantor berita. Sehingga prediksi cuaca yang disampaikan melalui siaran berita bisa dibilang akurat dan terpercaya.

Menonton prediksi cuaca pada siaran berita televisi masih mungkin untuk dilakukan oleh orang yang bekerja atau beraktivitas di siang hari ataupun orang-orang yang masih sempat menonton TV di pagi hari sebelum mereka berangkat kerja atau beraktivitas, tapi bagaimana dengan para pekerja yang sedang lembur di pabrik/kantor? Atau orang yang harus berangkat sangat pagi karena menggunakan jasa angkutan kantor dan lokasi tempat kerja mereka jauh, maupun para pekerja yang tidak sempat menonton televisi di pagi hari? Seiring perkembangan zaman, teknologi informasi pun ikut mengalami kemajuan yang sangat pesat.

Selain memantau cuaca terkini dengan cara melihat langsung atau menonton prediksi cuaca di televisi, kamu juga bisa selalu update informasi cuaca terkini melalui internet. Widget cuaca yang kini sudah dijadikan aplikasi bawaan oleh berbagai vendor smartphone, bisa menjadi salah satu jalannya. Kamu bisa mengetahui prediksi cuaca dalam satu hari bahkan satu minggu penuh, lokasinya pun bisa ikut berubah ketika kamu berpindah lokasi, sayangnya, terkadang cuaca yang tertera di widget cuaca tidak sesuai dengan cuaca yang sebenarnya. Hal ini bisa terjadi lantaran lokasi yang tidak bisa dijangkau atau dikenali oleh widget cuaca.

Namun, semua itu tidak menjadi masalah yang berarti. Bahkan bagi kamu yang sengaja tidak memasang widget cuaca di ponsel karena cuaca dan lokasinya yang seringkali salah. Karena selain widget cuaca, kamu juga bisa memantau cuaca terkini melalui Yahoo News. Iya, Yahoo News tidak hanya memungkinkan kamu untuk selalu mendapatkan berita yang masih segar dan bisa dipertanggungjawabkan setiap harinya, kamu juga bisa mendapatkan info cuaca dari Yahoo News. Kamu tinggal menyentuh tulisan “weather” pada sub menu visit site, dan kamu sudah bisa melihat cuaca yang kemungkinan besar akan terjadi seharian bahkan 10 hari kedepan. Ternyata tidak hanya info tentang cuaca yang bisa kamu dapat, Yahoo News weather juga akan memberikan informasi tentang kisaran temperatur (dalam satuan Fahrenheit maupun Celcius), tingkat UV, curah hujan, pergerakan matahari, arah dan tekanan angin. Wah.. lengkap ya?

Sayangnya, info cuaca yang disediakan oleh yahoo news ini tidak selalu tepat dengan lokasi kita saat ini. Padahal kesesuaian cuaca dan lokasi adalah hal terpenting yang bisa membantu para pengguna widget cuaca, Yahoo News weather maupun situs penyedia prediksi cuaca yang lain. Tidak perlu khawatir, kamu hanya perlu mengizinkan Yahoo untuk membaca lokasi kamu dengan cara menyalakan GPS, dan tinggal disesuaikan dengan lokasi kamu saat ini. Sekalipun lokasinya kurang pas, setidaknya Yahoo news weather mengambil lokasi terdekat dengan tempat kamu saat mengecek cuaca melalui yahoo news weather.

Berikut ini adalah 5 langkah cepat untuk mengubah lokasi Yahoo News weather

1. Buka laman yahoo news
2. Ketuk garis tiga di pojok kiri 
3. Pada sub menu yahoo sites, Pilih weather
4. Ketuk ikon lokasi di samping nama lokasi yang tertera


5. Sesuaikan dengan lokasi kamu saat ini

Nah, untuk mendapatkan informasi cuaca yang akurat setiap saat, ada baiknya kamu juga mendownload aplikasi cuaca dari Yahoo News Weather, sehingga tanpa perlu membuka Yahoo news melalui browser. Sehingga kamu bisa selalu tau tentang cuaca, temperatur tertinggi dan terendah yang mungkin terjadi (dalam satuan Fahrenheit maupun Celcius), curah hujan, kelembapan, tingkat UV, pergerakan matahari dan bulan, serta arah dan tekanan angin. Dengan begitu, kamu bisa selalu bersiap-siap dengan cuaca yang bisa berubah sewaktu-waktu, dan kegiatan yang sudah kamu rencanakan pun tidak akan berakhir dengan berantakan. Kamu pun bisa menjalankan aktivitas dengan tenang dan nyaman, tidak perlu buru-buru pulang ketika hari sudah mendung, karena kamu sudah menyediakan “payung” nya.

Untuk sekedar tips saja, Indonesia hanya memiliki 2 musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Jadi, cuaca yang paling harus kamu waspadai dan bersiap-siap untuk kehadirannya yang bisa muncul tiba-tiba adalah hujan, maka ada baiknya kamu selalu membawa payung atau jas hujan yang muat dimasukkan kedalam tas untuk berjaga-jaga ketika hujan datang tiba-tiba. Dan bagi pengguna motor, sedikit saran dariku adalah pastikan bahwa jas hujan kamu selalu tersedia di motor. Tidak perlu menunggu mendung baru membawa jas hujan saat berpergian, saat cuaca panas pun tetap bawalah jas hujan, karena setiap daerah yang kamu tempuh untuk sampai di tempat tujuan memiliki cuaca, suhu udara, kelembapan, dan arah angin yang berbeda-beda. Dengan selalu menyediakan jas hujan di motor, kamu tidak perlu khawatir acara yang sudah kamu rencanakan akan berubah total dan membutuhkan waktu yang lebih panjang karena harus berteduh terlebih dahulu dan menunggu hujan reda, kamu hanya membutuhkan sedikit waktu untuk memasang jas hujan dan melanjutkan perjalanan. Sekali lagi, sedia payung sebelum hujan itu lebih baik daripada baru mencari payung setelah hujan bukan? Jadi tidak ada salahnya bersiap-siap agar tidak sampai kehujanan.. ?

Karena aku sudah kehabisan ide untuk ditulis di paragraf baru, jadi aku rasa ini dulu saja yang bisa aku tulis di artikel kali ini. Semoga sedikit tips diatas bisa membantu kamu yang suka mikir berkali-kali dulu sebelum berpergian atau beraktivitas di luar rumah. Jika ada saran, kritik, sanggahan, tambahan, maupun pertanyaan jangan sungkan-sungkan untuk menulisnya di kolom komentar, oke? Sekian dulu ya, terimakasih sudah membaca artikel ini, dan semoga bermanfaat. ☺

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar