Arti dari beberapa singkatan yang sering dipakai di WhatsApp

Istilah-istilah atau singkatan kata semakin menjamur dikalangan warganet Indonesia yang memang mayoritas dari kita sungguh kreatif dalam singkat menyingkat kata. 😁

Biasanya singkatan ini sering di gunakan oleh kalangan remaja, mahasiswa, pekerja bahkan ABG pun mereka lebih mengerti daripada yang lebih tua.

Contohnya ibu saya pun asing mendengar singkatan seperti itu hehe. Ya fungsinya sih biar cepat aja gitu ngetiknya terutama kalau chattingan via whatsapp.

Istilah dan singkatan di WhatsApp

Walaupun kalangan muda lebih banyak tau tentang hal ini, bukan berarti mereka tau semua. Ini hal yang wajar, mengingat banyaknya istilah dan singkatan baru yang terus bermunculan setiap waktu.

Dibawah akan dibahas arti dan contoh pengguaan istilah tsbt secara real di chat whatsapp, tapi bagi yang ingin inti ringkasnya, bisa cek tabel dibawah ini.

SingkatanKepanjangannyaArtinya
PPINGPING ini adalah fitur dari BBM yang digunakan untuk memanggil atau sekedar test apakah yang diajak chat ada atau engga. Kalau pingnya dibaca, artinya yang diajak chat sedang online, dstnya.
TCTest ContactTest contact sama seperti PING fungsinya, jadi kita kirim TC ke satu kontak untuk cek apakah kontak tsbt masih aktif atau tidak.
VCVoice call atau video callVoice call itu artinya panggilan suara, sedangkan video call artinya panggilan video
VNVoice noteVoice note merupakan fitur whatsapp untuk berkirim pesan suara
SSScreenshotScreenshot artinya tangkapan layar
PMPersonal messagePersonal message artinya messej pribadi. Tujuannya mengajak seseorang dari grup ataupun publik untuk mojok di chat personal kalian
PCPersonal chatSama seperti PM, personal chat intinya mengajak orang untuk mojok di chat pribadi kalian
JapriJaringan pribadiIni juga istilah lama, artinya sama dengan PM dan PC, tujuannya adalah mengajak chatting berdua-an.
WapriWhatsapp pribadiIni juga sama artinya dengan PM, PC, dan Japri.

Jika tabel diatas agak sulit dimengerti, lanjut baca kebawah, dibawah dijelasin lebih detail mengenai penggunaannya dalam chatting di whatsapp, dilengkapi dengan tangkapan layar dari ponsel saya pribadi.

Jadi contoh penggunaannya, real dan bener-bener dipakai dalam obrolan. Semoga jadi lebih paham ya.

1. Arti dari P atau PING

P adalah singkatan dari PING. Digunakan apabila mengawali chat pribadi atau test kontak. PING ini berasal dari pengguna BBM dulu.

Jika dulu kamu salah 1 pengguna Blackberry Messenger, kamu gak akan asing dengan kata ping ini. Kalau BBM memang sudah ada fitur defaultnya, sedangkan Whatsapp tidak ada. Tapi sepertinya kata Ping terbawa sampai ke pengguna whatsapp.

Arti kata Ping, TC, VC, VN, SS, PM dan PC di Wa

Jadi huruf P digunakan untuk cek apakah orang tsbt lagi tersedia atau engga untuk chat. Jadi jika dikirim P lalu tidak dibalas, kemungkinan mereka sedang ada keperluan lain walaupun mungkin terlihat online di status whatsappnya.

2. Arti dari TC

TC singkatan dari bahasa Inggris Test Contact yang artinya “Test kontak”. Maksudnya mengawali obrolan yang lama tak chat jadi memastikan apakah kontak masih aktif atau tidak.

Atau bisa jadi untuk mengawali obrolan juga sama seperti kata ping. Kalau saya sendiri menggunakan kata TC untuk tes kontak apakah nomor WA tersebut masih digunakan atau tidak. Seperti capture dibawah ini.

Arti kata Ping, TC, VC, VN, SS, PM dan PC di Wa

3. Arti dari VC

VC singkatan dari bahasa Inggris Voice Call/Video Call (Penggilan Video/Panggilan Suara). Yang mana kita tahu VC adalah fitur whatsapp yang sangat diminati bagi pengguna WA.

Kamu bisa gunakan kata ini dalam obrolan pribadi. Kalau contoh dibawah ini VC bermaksud Panggilan Suara.

Arti kata Ping, TC, VC, VN, SS, PM dan PC di Wa

4. Arti dari VN

VN singkatan dari bahasa Inggrisnya Voice Note (pesan suara). Fitur ini pun sangat membantu pengguna jika malas/tidak bisa ketik pesan. Jadi langsung tahan lama icon, record lalu lepas untuk mengirim.

Arti kata Ping, TC, VC, VN, SS, PM dan PC di Wa

5. Arti dari SS

SS adalah singkatan dari ScreenShoot (Tangkap Layar). Biasanya kata ini digunakan saat kita meminta gambar dari tangkap layar HP nya atau sebaliknya.

Arti kata Ping, TC, VC, VN, SS, PM dan PC di Wa

6. Arti dari PM

PM singkatan dari personal/private message (pesan pribadi). Maksudnya chatting pribadi atau obrolan hanya 2 orang.

Kalau kamu lagi ngobrol di group whatsapp, kemudian ingin chatting personal saja dengan salah 1 anggota group kamu. Nah kamu bisa gunakan kata PM.

Tapi biasanya PM ini banyak digunakan resmi dan di jual beli online. Contoh seperti capture dibawah ini:

7. Arti dari PC di WhatsApp

Biasanya PC singkatan dari Personal Computer, tapi di whatsapp punya arti sendiri yakni Personal Chat (Chat pribadi).

Arti kata PC ini sama seperti PM yang sudah saya jelaskan diatas.
Jadi obrolan pribadi saja/contact to contact.

Ada istilah bahasa Indonesia nya juga lho, yakni Japri/wapri. Pernah ga kalian dengar kata ini?

Sekarang jangan bingung lagi, japri itu kepanjangannya adalah Jaringan pribadi, kalau wapri kepanjangan nya yakni whatsapp pribadi.

Nah, terserah deh kamu boleh pakai yang mana, PM, PC, Japri atau wapri semua punya maksud dan tujuan yang sama.


Singkatan atau istilah unik yang kerap kali muncul dikalangan netizen Indonesia ini baik di sosial media maupun aplikasi chatting mempunyai tujuan yakni mempermudah dalam berkomunikasi. Mau digunakan atau tidak ya sesuaikan dengan kondisi dan kepada siapa kamu mengirim pesan. Jika kepada teman sebaya tak masalah gunakan kata-kata gaul atau lebih santai, tapi kepada orang tua, guru atau dosen mu lebih baik gunakan kata formal dan sopan.

Ok sekian artikel kali ini semoga bermanfaat, terimakasih.

Tinggalkan Balasan