Cara melihat stories di akun Youtube orang lain

Ketika kita berbicara tentang story maka kita akan teringat dengan kata instagram. Ya instagram adalah media social yang “mempopulerkan” istilah story untuk berbagi cerita atau momen yang menurut kita penting untuk di abadikan. Setelah Instagram sukses dengan story-nya, facebook juga mengembangkan fitur yang serupa.

Tapi kini bukan hanya Instagram dan facebook yang menggunakan sekaligus mengembangkan fitur story, youtube juga mulai memberikan fitur ini di platform-nya.

Fitur story youtube sendiri sudah ada sejak tahun 2018. Fitur story youtube ini mungkin agak sedikit berbeda di bandingkan dengan story Instagram. Jika di story Instagram dan facebook kalian bisa membagikan story dengan bebas tanpa ada syarat, di youtube tidak sembarangan channel bisa mengupluoad story-nya.

Channel yang di perkenankan untuk bisa membagikan story-nya adalah channel yang sudah memiliki minimal 10.000 subcriber. Syarat minimal ini bisa menyaring banyak sekali channel. Jadi kalau channel baru, yang memang cuma upload 1 atau 2 video, kemungkinan tidak akan pernah bisa dapat fitur ini, karena akan sulit tembus 10K sub hanya dengan 1 atau 2 video.

Jadi, disini kita akan bahas, bagaimana melihat story pengguna lain ataupun akun tertentu yang kita ikuti.

Langkah pertama yang kalian harus lakukan adalah membuka aplikasi youtube di smartphone kalian masing-masing, karena story hanya bisa di lihat diaplikasi. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Setelah kalian buka aplikasinya kalian klik menu pencarian di situ. Nah jika sudah kalian tinggal tuliskan channel yang kalian ingin lihat story nya.

2. Biasanya channel akan berada di urutan teratas jika kalian cari dengan keyword yang sama dengan nama channelnya.

3. Kalian klik channel tersebut untuk masuk ke channelnya. Akan keliatan menu channel seperti dibawah ini, biasanya tampilanya berbeda menyesuaikan pemilik channelnya.

4. Cek bagian menu bar dibagian atas seperti yang ditunjukkan panah digambar dibawah ini. Geser ke samping, hingga ketemu menu dengan nama STORIES, nah kalian klik bagian stories itu.

5.Setelah kalian klik bagian stories maka akan muncul daftar story yang di upload channel tsbt untuk hari ini.

6. Jika kalian ingin melihat story tersebut, maka kalian klik saja gambar story-nya. Tampilannya memang mirip seperti story di Instagram.

Jika di story Instagram hanya bisa bertahan 24 jam di youtube agak berbeda, story lama yang di bagikan pemilik channel akan otomatis tersimpan di menu bagian komunitas. Jadi story yang sebelum-sebelumnya, bisa kelihatan semua dilaman komunitas, mirip seperti timeline kalau di facebook.

Halaman komunitas menyimpan story lama
Halaman komunitas menyimpan story lama

Secara garis besar, fitur story di youtube dan di sosmed lainnya hampir sama fungsinya. Mungkin yang sedikit membedakan adalah, jika di Instagram story yang sudah lewat dari 24 jam akan hilang otomatis, tapi di youtube ini story lama tetap bisa di lihat oleh subscriber di bagian menu komunitas tadi.

Untuk berapa lamanya story ini bertahan di halaman komunitas, saya sendiri tidak tahu karena saya tidak memiliki akun youtube yang punya banyak subscriber. Jadi intinya jika kalian ingin menikmati fitur story yang ada di youtube kalian harus join menjadi conten creator aktif agar bisa mencapai 10.000 suscriber.

Sekian pembahasan kali ini, jika ada yang ingin ditambahkan, silahkan komentar dibawah ya. Terima kasih.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan