Cara mencari video di channel Youtube favorit kamu

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : Desember 24, 2019
  • Post category:Topik : Internet

Siapa tak kenal Youtube? Orang “melek” internet zaman now tentu sudah tak asing lagi dengan Youtube, sebuah layanan berbagi video kelas dunia. Selain menyediakan konten original, saat ini, Youtube juga menyediakan konten yang berasal dari konten kreator.

Tak berlebihan jika dikatakan Youtube merupakan “wadah” para konten kreator yang ingin menampilkan karya sendiri di internet. Para konten kreator ini mengunggahnya ke dalam sebuah channel – yang merupakan nama atau merek mereka.

Dari sekian banyak konten kreator, tentunya ada yang rajin mengunggah video di channel miliknya. Dengan begitu, jumlah konten video di channelnya menjadi banyak, dan harapannya viewersnya juga makin banyak.

Tentunya mencari video satu per satu di channel ini akan terasa menyulitkan. Bagaimana cara mencari video di channel Youtube yang memiliki banyak video? Kita bisa memanfaatkan fitur pencarian yang disediakan Youtube untuk melakukan penyisiran. Caranya? Ikuti tutorialnya berikut ini!

1. Buka browser, lalu pergilah ke www.youtube.com.
2. Selanjutnya, aktifkan browser ke mode desktop dengan menekan titik tiga di pojok kanan bawah/atas (tergantung HP). Kemudian, ceklis “situs desktop”. Browser akan menampilkan Youtube dalam mode dekstop/komputer.

3. Masuk ke channel Youtube favoritmu. Contohnya, channel Youtube Paul Gilbert.
4. Di bawah banner channel Youtube Paul Gilbert terdapat menu yang bisa kamu pilih. Perhatikan ikon panah yang terletak di sebelah kanan. Tab ikon tersebut untuk memunculkan kolom pencarian.

5. Dalam kolom pencarian, ketikkan kata kunci yang berhubungan dengan video yang mau kamu tonton di channel Youtube tersebut. Misalnya, aku mau mencari judul lagu “Technical Difficulties”, maka kata kunci yang kugunakan adalah “technical”. Setelah itu, tab tombol “buka” di keyboard HP.

6. Hasil pencarian akan memunculkan lagu (audio/video) sesuai kata kunci yang dicari, sekaligus rekomendasi konten lain dengan keyword sama di channel Youtube yang sama pula.

7. Selesai. Selanjutnya terserah kamu – mau langsung setel atau download dulu.

Bagaimana? Mudah bukan mencari video di channel Youtube favorit secara langsung? Sebetulnya, cara mencari video di Youtube dengan fitur search filter ini juga bisa kamu terapkan. Namun, jika kamu ingin mencari video tertentu di channel Youtube tertentu, menurutku, cara tersebut kurang efektif. Soalnya, kamu perlu menambahkan beberapa kata kunci yang sesuai. Sementara, jika kamu mencarinya langsung di channel Youtubenya, kamu hanya memerlukan satu atau dua kata kunci saja.

Demikianlah, cara mencari video dari channel tertentu di Youtube. Mudah-mudahan, kamu tidak kebingungan lagi ya. Selamat mencoba!

aripranowo

Penyuka kopi item yang sering begadang malam.

Tinggalkan Balasan