Cara menghapus riwayat penelusuran dan tontonan di Youtube

Di era digital saat ini, hampir semua yang kita lakukan melalui Internet terekam dan tersimpan kedalam sistem. Tidak hanya riwayat pengunjungan sebuah website, namun riwayat pencarian pun pasti akan tersimpan.

Tujuannya awalnya adalah untuk bisa sangat mempermudah kita sebagai pengguna untuk mengunjungi halaman yang sama di web.

Hal yang serupa juga ada di Youtube. Jika kalian memiliki akun dan sering menonton youtube, tentu kalian sudah tau bahwa semua aktivitas kalian, baik menonton atau melakukan pencarian video, hal ini akan di simpan oleh Youtube dalam bentuk history (riwayat).

Kalian juga akan direkomendasikan video yang berkaitan dengan yang pernah kalian tonton sebelumnya. Hal ini disatu sisi cukup membantu, tapi disini lain juga cukup mengganggu.

Di pembahasan sebelumnya kita sudah bahas mengenai mode incognito youtube, dimana mode tersebut berfungsi untuk memaksa youtube untuk tidak menyimpan riwayat aktifitas kita.

Nah kali ini, akan dibahas bagaimana cara menghapus riwayat lama di youtube agar pencarian tentang “video pengobatan penyakit A” tidak lagi muncul di daftar pencarian kalian, dan video yang direkomendasikan tidak lagi berkaitan dengan hal tsbt. Kalian tentu tidak mau saat ada teman yang pinjam ponsel, riwayat pencarian tersebut masih keliatan di posisi teratas di search bar kalian.

A. Cara menghapus history di aplikasi Youtube

Untuk menghapus History Youtube di smartphone kalian, bisa menggunakan cara sebagai berikut:

1. Masuk ke halaman awal youtube, lalu pilih dan tap “account” dengan cara tap gambar profil di kanan atas

Halaman awal Youtube

2. Setelah masuk ke halaman “Account”, pilih “Setting”.

Pilih Setting

3. Selanjutnya pilih “History & Privacy”.

Pilih History & Privacy

4. Untuk menghapus riwayat tontonan kalian, pilih “Clear watch history”. Akan muncul pop up seperti digambar kedua, pilih “CLEAR WATCH HISTORY” untuk menghapus semua riwayat tontonan kalian.

5. Selain menghapus riwayat video nyang sudah ditonton kalian juga bisa menghapus riwayat pencarian. Caranya adalah dihalaman “History & Privacy”, pilih “Clear search history” untuk menghapus semua riwayat pencarian kalian.

6. Sampai dititik ini kalian sudah berhasil menghapus riwayat penelusuran dan riwayat tontonan secara keseluruhan.

Akun youtube kalian akan bersih seperti baru dibuat, hanya saja kalian tetap berlangganan dengan akun yang pernah kalian follow, jadi rekomendasi video akan tetap di pengaruhi oleh akun-akun tersebut. Jadi jika ada tipe video yang kalian benar-benar tidak suka, pastikan untuk membatalkan subscribe ke semua akun dengan topik yang sama.

B. Cara menghapus history youtube melalui web youtube di komputer

1. Buka halaman utama youtube.com, lalu pilih “History” dibagian sidebar sebelah kiri layar.

masuk kehalaman Youtube

2. Setelah tap “History” akan muncul tampilan tipe riwayat yang akan dihapus. Untuk menghapus kalian bisa checklist tipe riwayatnya, disini kita akan hapus “watch history” atau riwayat tontonan, pilihan yang muncul adalah “CLEAR ALL WATCH HISTORY”.

pilih tipe histori yang akan dihapus

3. Setelah selesai akan muncul pop up persetujuan penghapusan tipe riwayat yang sudah kalian pilih, tap tombol “CLEAR ALL WATCH HISTORY” yang dilingkari dibawah ini.

pilih yes

4. Jika sudah berhasil maka video akan terhapus

histori berhasil dihapus

Dicontoh diatas, kita hanya menghapus “Watch History” saja. Jika kalian ingin menghapus riwayat lainnya, seperti “Search history”, “comment”, “community”, atau “live chat”, kalian bisa menggunakan cara yang sama diatas dan checklist tipe history yang ingin kalian hapus.

Untuk lebih memudahkan kalian dalam mengapus histori youtube, berikut akan saya berikan link untuk langsung menuju ke tipe histori yang ingin kalian hapus.

  1. Untuk melihat dan menghapus riwayat video yang kalian tonton, kalian bisa klik link ini https://www.youtube.com/feed/history jika ingin menghapus kalian bisa memilih “Clear All Watch History”.
  2. Untuk melihat dan menghapus riwayat pencarian atau penelusuran di youtube, kalian bisa klik link ini https://www.youtube.com/feed/history/search_history jika ingin menghapus kalian bisa memilih “Clear All Search History”.
  3. Untuk melihat dan menghapus komentar kalian pada sebuah video, kalian bisa klik link ini https://www.youtube.com/feed/history/comment_history. Sayangnya untuk menghapus komentar, kalian tidak bisa menghapus sekaligus, harus satu persatu.

Apakah menghapus data di aplikasi youtube bisa menghapus history?

Apakah kalian pernah kepikiran untuk menghapus riwayat dengan cara menghapus data langsung dari aplikasi youtube? Jika pernah, pertanyaannya apakah hal ini berhasil untuk menghapus history ?

Menghapus data dari aplikasi youtube akan menghapus seluruh data di aplikasi tersebut, mulai dari cache, data login, cookies, dll. Intinya, aplikasi tadi akan seperti baru di install dan ketika dibuka, harus diset ulang dari awal.

Namun untuk history, baik itu watch history ataupun data lainnya seperti komentar, riwayat penelusuran, dstnya, hal ini tersimpan di server youtube dan langsung terkait dengan akun kalian. Jadi melakukan clear data di aplikasi youtube, tidak akan menghapus riwayat yang tersimpan di pengaturan akun kalian.


Itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghapus history di Youtube. Kalian bisa menghapus melalui aplikasi youtube di ponsel atau langsung melalui situs youtube di browser komputer desktop kalian.

Semoga artikel ini bermanfaat, apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar. Sekian dan terima kasih.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan