Cara setting youtube untuk menghapus history otomatis secara berkala

Youtube adalah situs berbagi video yang terbesar saat ini. Youtube biasanya akan jadi rujukan untuk menonton jika kita butuh video tutorial atau hanya sekedar mencari hiburan.

Iklan yang jauh lebih singkat dari pada di televisi dan kemampuan untuk mencari video berdasarkan kebutuhan membuat platform ini terus meningkat penggunanya. Dan bukan tidak mungkin disuatu titik nanti, ada stasiun tv yang terpaksa migrasi ke youtube karena base user-nya sudah di youtube semua.

Di youtube sendiri seluruh aktivitas kita akan direkam dan diasosiasikan dengan akun kita. Rekam jejak aktivitas ini disebut dengan riwayat/history. Manfaatnya banyak, seperti misalnya kita tidak akan disuguhkan tontonan yang sudah kita tonton, dan video yang disarankan diberanda biasanya berkaitan dengan history tontonan kita sebelkeumnya.

Tapi dilain sisi, ada concern terkait privasi. Youtube merekam terlalu banyak hal tentang kita, dan bisa jadi lebih tau “tentang kita” bahkan lebih daripada orang terdekat kita.

Jika ini yang menjadi concern kalian, maka menghapus history aktivitas bisa jadi solusinya. Google sendiri memberikan pengaturan agar kalian bisa mengatur Youtube untuk menghapus otomatis hsitory aktifiatas kalian secara berkala.

[FYI: Google adalah perusaah induk yang punya platform youtube. Akun google terkait langsung ke akun youtube. Jadi ada beberapa pengaturan youtube yang justru diatur lewat akun google kalian]

Pengaturan penghapusan histori secara otomatis dan berkala di youtube

Disini saya menggunakan aplikasi youtube dismartphone, jika pakai browser mungkin akan sedikit berbeda tampilannya. Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

1. Buka aplikasi youtube di smartphone kalian masing-masing. Lalu masuk ke pengaturan akun dengan tap ikon profil kalian.

masuk ke akun gmail

2. Setelah masuk kepengaturan akun seperti dibawah ini, tap link “Kelola akun google anda”.

klik link kelola akun google anda

3. Setelah kalian tap link “kelola akun google anda” tadi, akan dibawa kehalaman pengaturan akun google/gmail kalian. Tampilanya seperti ini.

tampilan awal akun gmail

4. Setelah itu kalian masuk ke menu “data & personalisasi”. Setelah kalian klik tampilan awalnya seperti ini. Disini kalian scroll ke bawah hingga ketemu bagian “kontrol aktivitas”.

5. Nah dikolom “kelola aktivitas” ini ada tiga pilihan, yaitu “aktivitas web & aplikasi”, “histori lokasi”, dan “histori youtube”. Disini kalian bisa masuk kemenu “histori youtube”.

masuk ke menu histori youtube

6. Setelah itu kalian akan dibawa masuk kepengaturan “histori youtube” seperti dibawah ini. Disini kalian kalian masuk saja ke menu dengan tulisan “KELOLA AKTIVITAS”.

klik link kelola aktivitas

7. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman KELOLA AKTIVITAS seperti dibawah ini. Scroll ke bawah hingga menemukan opsi “Pilih untuk menghapus seara otomatis“. Tap pilihan tersebut.

8. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman seperti dibawah ini. Disini kalian akan di suguhi tiga pilihan hapus secara manual, simpan selama 18 bulan, atau simpan selama 3 bulan. Nah disini kalian pilih saja yang “simpan selama 3 bulan lalu hapus secara otomatis“. Lalu tap tombol “berikutnya”.

10. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman konfirmasi. Disini kalian ta saja tombol “konfirmasi” yang ada di pojok kanan bawah tsbt.

klik konfirmasi pojok kanan bawah

11. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman seperti ini. Dihalaman ini sekali lagi kalian di minta konfirmasi. Tap saja tombol “OK”.

klik ok untuk setuju

Jika semua langkah di atas sudah kalian lakukan maka kalian sudah berhasil mengaktifkan fitur menghapus histori secara otomatis. Selain itu seluruh riwayat aktifitas kalian yang lebih dari 3 bulan yang lalu akan terhapus. Jadi jika kalian ada riwayat aktifitas selama 2 tahun, semuanya akan terhapus, yang tersisa hanya riwayat tiga bulan belakangan.

Dan kedepannya, riwayat aktivitas ini akan dipertahankan direntang waktu 3 bulan saja.

Meskipun harus menunggu tiga bulan baru bisa terhapus otomatis, fitur ini sangat membantu sekali karena tidak banyak dari kita yang mau repot-repot menghapus manual semuanya.

Admin: Sebenarnya ada cara yang jauh lebih efektif lagi, yaitu dengan menonton video tanpa login ke youtube. Misalnya dengan mengakses youtube lewat browser dimode incognito. Simpel dan tidak ada jejaknya. Tapi tentu aja beda dengan saat login, kalau login kita bisa lihat video yang kita subscribe, bisa juga lihat video yang pernah disimpan dan bisa komentar, dll. Alternatif lainnya adalah dengan pakai mode incognito di youtube, hal ini dijelaskan ditulisan ini https://bukugue.com/mode-incognito-di-youtube/


Saya rasa tutorialnya sudah cukup jelas dan gamblang. Jika ada yang tidak paham, kalian bisa tanyakan di kolom komentar. Sekian dan terima kasih.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan