Disclaimer

Materi di website ini merupakan hasil dari pemikiran dan tulisan sendiri. Photo dan gambar yang ada didalam tulisan merupakan hasil screenshoot untuk tutorial dan tidak menggunakan hasil photo orang lain.

Aku juga terkadang menggunakan free stock photo, dengan lisensi CC free to use without atribution.

Kalau photonya mewajibkan atribusi, biasanya bakal aku sertakan dibagian bawah artikel.

Jika ada photo yang melanggar copyright atau hak cipta, silahkan hubungi aku melalui halaman “contact me“.

Laman contact me terhubung langsung dengan emailku.

 

Update (november 2017)

Situs ini sudah memiliki beberapa akun penulis, jadi aku hanya ingin menegaskan sekali lagi. Bahwa, aku udah melarang penulis menggunakan gambar berhak cipta. Sebagian besar hasil tulisan masih berkaitan tentang tutorial, dan biasanya mereka pake hasil screenshot sendiri.

Terlepas dari hal tersebut, aku ga bisa pastiin 100% bahwa gambar serta tulisan bebas hak cipta. Jika ada yang melanggar, aku siap untuk edit ataupun hapus materi bersangkutan.

Mengenai Iklan di situs ini

Aku baru inget, aku ga pernah jelasin mengenai hal ini. Situs ini hidup karna ada iklan. Ada iklan di header dan sidebar serta didalam post.

Iklan sendiri di kelola oleh pihak google. Untuk blogger biasanya udah pada tau mengenai hal ini. Iklan di kelola melalui system bidding (lelang) oleh google. Pengiklan mendaftarkan iklannya melalui situs ini https://adwords.google.com/home/ dan aku sebagai publisher mendaftarkan situs ku sebagai penerima iklan disini https://www.google.com/adsense/start .

Intinya adalah pihak pengiklan serta pihak blogger itu diperantarai oleh google. Ribuan bahkan mungkin jutaan iklan dari berbagai pihak pengiklan akan di distribusikan oleh google ke Jutaan blogger di seluruh dunia.

So, sebagai publisher (blogger). Aku ga bisa kontrol iklan apa aja yang tampil di blog ku. Aku udah block kategori terkait “kasino dan bet” di google adsense. Google adsense sendiri juga tidak membolehkan iklan terkait hal illegal dan p*rnographi. Tapi…. kadang2 ada pengiklan yang jahil, yang tetep aja berusaha cari celah untuk ngiklan yang enggak2 di google.

Google sendiri memiliki system otomatis, tapi kadang bisa di bypass hanya dengan kata2 yang sulit di deteksi oleh mesin. Contohnya : ada pengiklan yang bikin judul iklan seperti ini “Su4mi ku ng4c3ng 4 j4m….blablabla…”

Yang seperti itu kadang lolos dari deteksi system. Walaupun iklan seperti ini ga pernah muncul di blog ini (sejauh yang aku tau), tapi bukan ga mungkin dari sekian banyak iklan yang muncul, nyelip yang begituan kan?

Kalo kamu ngeliat yang begituan, kamu bisa hubungin aku dilaman kontak, dan aku akan segera blokir situs pengiklan tsbt.