Cara Live Instagram berdua dan menjadikannya Instagram Story setelah selesai

Berbagi siaran secara streaming atau langsung sering dimanfaatkan untuk berbagi aktivitas secara up to date. Penonton bisa melihat langsung aktivitas pada saat yang sama meskipun di tempat yang berbeda. Instagram sebagai salah satu media sosial terbesar, juga menghadirkan fitur ini. Melalui Siaran Langsung Instagram atau Instagram Live, pengguna bisa membagikan secara real time aktivitas yang sedang dilakukan.

Pada mulanya fitur ini hanya bisa dilakukan oleh satu pengguna yang melakukan siaran langsung dan bisa ditonton semua pengikutnya. Namun kini, pengguna instagram bisa melakukan siaran langsung berdua bersama akun lain. Hal ini seolah melakukan video call tetapi bisa dilihat dan dikomentari oleh banyak orang.

Selain melakukan siaran langsung berdua, pengguna juga bisa membagikan video siaran langsung menjadi instagram story. Sehingga orang lain yang tidak sempat menonton ketika siaran berlangsung, tetap bisa melihatnya pada kesempatan yang berbeda. Bahkan jika Instagram story sudah lebih dari 24 jam pun, kamu masih bisa memasukkannya ke dalam sorotan. Hal ini membuat lebih banyak lagi kesempatan untuk dilihat orang lain.

Baca juga: Cara menggunakan fitur sorotan Instagram dan cara editingnya agar menarik

Live Instagram bersama orang lain

Melakukan live Instagram berdua bisa dimanfaatkan untuk berbagi dua aktivitas sekaligus. Kedua pengguna instagram bisa saling berbagi kegiatan yang sedang dilakukan. Selain itu, para penonton juga bisa berinteraksi dengan kedua orang yang sedang live.

Penonton bisa menuliskan komentar dan bertegur sapa melalui kolom komentar pada layar. Sedangkan kedua akun yang sedang live bisa menjawab atau bercerita secara langsung maupun menulis juga pada kolom komentar. Langkah-langkah untuk memulai live instagram berdua adalah sebagai berikut.

  • Buka Aplikasi Instagram

Buka aplikasi Instagram yang sudah login ke akun yang akan kamu gunakan untuk live.

  • Klik logo kamera atau tambah story baru
Live Instagram Berdua

klik ikon kamera atau foto profil

Lakukan langkah seperti sedang memulai live instagram biasa. Klik logo kamera dari beranda Instagram pada pojok kiri atas. Atau jika kamu belum memiliki instagram story, kamu bisa klik foto profil kamu yang ada logo plus (+). Namun cara kedua hanya bisa dilakukan jika kamu belum mengirimkan Instagram story hari ini.

  • Geser pilihan menjadi Langsung
Live Instagram Berdua

Geser pilihan ke pilihan Langsung

Instagram story memiliki berbagai pilihan tergantung dari jenis instagram story yang ingin kamu bagikan. Pada bagian bawah, geser ke kiri hingga menemukan pilihan ‘Langsung’. Kamu akan dengan mudah menemukan pilihan ini karena dekat dengan pilihan Normal dan pilihan Teks.

  • Lakukan pengaturan cerita terlebih dahulu
Live Instagram Berdua

Klik roda gigi untuk mengubah pengaturan

Sebelum memulai untuk melakukan siaran langsung sebaiknya kamu atur terlebih dahulu pengaturan cerita kamu. Hal ini berpengaruh selama siaran berlangsung maupun setelah siaran berakhir dan ingin menjadikannya Instagram Story. Untuk melakukannya klik roda gigi pada pojok kanan atas. Pengaturan ini penting untuk dilakukan karena menyangkut privasi kamu ketika video sudah dikirimkan sebagai Instagram Story. Selain itu juga memengaruhi penyimpanan yang akan digunakan.

-Sembunyikan cerita

Live Instagram Berdua

Atur siapa saja yang dapat melihat story

Pilihan sembunyikan cerita berfungsi untuk menyembunyikan cerita dari orang orang yang tidak kamu inginkan. Kamu bisa memilih banyak akun yang kamu tidak ingin mereka melihatnya.

Baca juga: Cara berbagi instagram story ke orang tertentu saja

-Izinkan balasan pesan

Kamu bisa menentukan siapa saja yang dapat membalas atau berkomentar terhadap Instagram Story yang kamu buat. Kamu bisa memilih untuk bisa dibalas oleh pengikut kamu, pengikut yang kamu ikuti balik maupun tidak ada yang boleh membalas. Kamu bebas memilih tergantung kamu nantinya mau atau tidak untuk menerima DM dari pengikut.

-Menyimpan

Live Instagram Berdua

Pilih penyimpanan video dan pilihan berbagi

Jika hasil siaran langsung dipublikasikan dalam bentuk Instagram Story maka kamu memiliki dua pilihan penyimpanan. Kamu bisa menyimpannya pada arsip instagram maupun pada perangkat. Menyimpan pada arsip instagram bisa dimanfaatkan untuk membuat sorotan instagram. Sehingga masih bisa dilihat oleh orang-orang yang belum melihat siaran langsung pada waktu yang akan datang.

-Berbagi

Pengikut yang melihat Instagram Story kamu, bisa membagikan kepada orang lain melalui Direct Message. Kamu bisa mengizinkan atau menutup kemungkinan bagi pengikut untuk membagikan. Jika kamu aktifkan maka pengikut bisa membagikan Instagram Story kepada orang lain.

Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan fitur Bagikan Cerita Anda ke Facebook. Yaitu fitur yang langsung membagikan setiap Instagram Story kamu ke teman di Facebook melalui Cerita Facebook.

  • Klik ‘Mulai Siaran Langsung’
Live Instagram Berdua

Mulai siaran langsung

Setelah pengaturan dirasa cukup kamu tinggal klik kembali untuk masuk ke siaran langsung lagi. Kamu tinggai klik pilihan panjang pada bagian bawah yaitu ‘Mulai Siaran Langsung’. Kamu perlu menunggu beberapa saat untuk memastikan bahwa Instagram memiliki koneksi yang pas untuk siaran langsung. Proses ini tergantung dari kecepatan koneksi internet yang kamu miliki.

  • Klik dua emoji bertumpuk
Live Instagram Berdua

Klik ikon bertumpuk untuk memilih teman siaran

Setelah beberapa detik, kamu sudah akan memulai siaran langsung. Kamu bisa melihat berapa orang yang sedang menonton dan siapa saja yang berkomentar. Untuk memulai siaran langsung berdua, tinggal klik ikon atau emoji yang bertumpuk pada bagian bawah.

  • Pilih teman
Live Instagram Berdua

Pilih teman dan undang

Jika kamu memiliki teman yang sedang menonton, maka kamu bisa memilih salah satu di antara mereka. Setelah itu kamu harus menunggu konfirmasi dari teman yang dipilih. Jika orang itu menerimanya, maka layar akan dibagi menjadi dua atas dan bawah. Sehingga kamu dan teman kamu bisa langsung melakukan siaran langsung berdua.

  • Konfirmasi teman
Live Instagram Berdua

Klik jika pilihan kamu sudah tepat

Konfirmasi kembali apakah orang yang kamu pilih sudah benar untuk melakukan siaran langsung bersama. Jika sudah klik tulisan putih berlatar biru untuk mengundang teman bergabung.

  • Tunggu konfirmasi teman
Live Instagram Berdua

Tunggu beberapa saat sampai dikonfirmasi

Tunggu beberapa saat hingga teman kamu menerima pemberitahuan dan mengonfirmasi undangan yang kamu kirim. Mereka bisa memilih untuk bergabung maupun untuk menolak. Jika kamu ditolak, maka kamu bisa mengulangi untuk memilih teman yang lain.

  • Mulai siaran langsung berdua
Live Instagram Berdua

Kamu sudah siaran langsung berdua

Ketika teman kamu sudah mengonfirmasi untuk bergabung, maka kamu siap melakukan siarang langsung. Layar akan dibagi menjadi dua bagian. Bagian atas merupakan layar yang berisi siaran langsung kamu sedangkan bagian bawah merupakan siaran langsung teman kamu.

  • Kirimkan kepada teman
Live Instagram Berdua

Kirimkan siaran langsung kepada teman

Jika kamu tidak menemukan teman yang tepat dari daftar orang yang menonton siaran langsung, maka kamu bisa menghubungi yang lain. Cara ini juga bisa dilakukan jika tidak ada satupun orang yang sedang melihat siaran langsung yang kamu lakukan. Klik Kirim ke Teman, lalu pilih orang yang akan kamu ajak untuk siaran langsung.

  • Akhiri siaran langsung

Live Instagram BerduaSetelah kamu merasa sudah cukup melakukan siaran langsung Instagram, maka kamu bisa mengakhiri. Klik tulisan selesai pada bagian pojok kanan atas untuk menyelesaikan siaran langsung

Live Instagram Berdua

Konfirmasi kembali untuk mengakhiri

Lakukan konfirmasi kekmbali untuk mengakhiri siaran langsung yang kamu lakukan.

  • Bagikan video
Live Instagram Berdua

Bagikan video sebagai instagram story

Instagram akan menampilkan laporan mengenai siaran langsung yang kamu lakukan. Mulai dari jumlah penonton yang melihat hingga berapa durasi siaran yang dilakukan.

Jika kamu ingin membuat video siaran langsung menjadi Instagram Story, tinggal klik Bagikan. Maka orang orang yang belum melihat siaran langsung, bisa melihatnya dalam Instagram Story kamu.

Sekian tadi cara live instagram berdua kemudian menjadikannya sebagai Instagram Story. Langkah langkahnya sangat simpel dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja.

Siaran langsung yang kamu lakukan masih bisa dilakukan masih dapat dilihat banyak orang jika kamu bagikan ke Instagram Story. Selain itu, Instagram Story bisa dibagikan kembali ke dalam fitur sorotan, sehingga bisa mengjangkau jauh lebih banyak lagi orang yang bisa menonton vifdeo kamu.

Namun yang perlu dijadikan catatan adalah sebaiknya kamu merencanakan terlebih dahulu ketika akan melakukan siaran berdua. Hal ini agar orang lain yang kamu harapkan sedang dalam posisi Online. Karena apabila belum janjian, boleh jadi yang akan diajak untuk siaran langsung berdua sedang tidak sempat untuk melakukan siaran langsung.

Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk berbagi cerita dan saling bertegur sama bersama teman temanmu di Instagram. Semoga bermanfaat ^.^

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar