Cara mengatasi lupa security code OVO

OVO merupakan salah satu alternatif alat pembayaran yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi online. Bahkan saat ini OVO juga sudah menjadi alat pembayaran yang menggantikan kartu debit. Selain banyak memberikan promo yang menarik, OVO juga lebih mudah digunakan karena kita hanya memerlukan smartphone saja.

Untuk menambah rasa aman bagi pengguna, OVO mengeluarkan fitur security code atau PIN. Setiap kita login akun OVO di HP, kita akan diminta untuk memasukkan PIN enam angka tersebut. Selain saat login, OVO juga akan meminta kode PIN ketika kita melakukan transaksi dengan OVO.

Cukup jelas bahwa security code OVO ini memiliki peran penting seperti halnya PIN kartu debit (ATM). Sehingga sebisa mungkin pengguna OVO harus mengingat kode tsbt dengan baik. Ini dikarenakan, jika kita lupa PIN OVO kita tidak dapat melakukan transaksi apapun dengan OVO.

Namun bagi kamu yang sudah terlanjur lupa dengan PIN OVO, tak perlu khawatir. Kita masih dapat mengusahakan reset atau penggantian PIN melalui cara-cara berikut.

Mengatasi lupa security code OVO dengan email dan nomor HP

Sebelum kita memulai tutorial ini, pastikan terlebih dahulu kamu tahu nomor HP dan memiliki akses terhadapnya. Selain itu, pastikan juga kamu memiliki akses terhadap email yang kamu daftarkan di OVO. Nah readers, berikut ini adalah tutorial cara mereset PIN OVO.

1. Buka aplikasi OVO di smartphone kamu. Selanjutnya pada kolom yang tersedia, tuliskan nomor HP-mu.

masukkan nomor HP yang terdaftar di OVO

2. OVO akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor HP mu melalui SMS. Masukkan kode verifikasi ke kolom yang tersedia pada aplikasi OVO. Namun biasanya OVO akan mengisi kode verifikasi tersebut secara otomatis.

3. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan kode keamanan atau PIN OVO. Karena disini kamu lupa, langkah selanjutnya adalah klik menu “lupa security code”. OVO akan mengirimkan kode verifikasi ke email yang terdaftar.

masukkan kode verifikasi yang diterima

4. Selanjutnya buka kotak masuk pada email mu. Cari dan buka pesan masuk dari OVO. Lihat kode yang tertera di email tersebut.

cek email dari OVO dan masukkan kode yang diterima ke aplikasi OVO

5. Masukkan kode verifikasi 4 digit tersebut ke aplikasi OVO kamu tadi.

masukkan kode verifikasi yang diterima di email

6. Selanjutnya kamu akan diminta untuk membuat kode keamanan atau PIN yang baru. Tekan tombol enter setelah kamu mengetikkan PIN barunya.

buat PIN OVO baru

8. Masukkan kembali kode PIN yang kamu buat barusan untuk mengkonfirmasi.

masukkan kembali PIN baru yang tadi kamu buat
masukkan kembali PIN baru yang tadi kamu buat

9. Selesai. Sampai disini kamu sudah berhasil mengganti ke kode keamanan yang baru.

Mengatasi token invalid OVO

Permasalahan seputaran PIN OVO ini tidak melulu mengenai lupa PIN saja. Terkadang beberapa orang juga mengalami permasalahan seperti token invalid di aplikasi OVO. Jika kamu menemui masalah token invalid ketika melakukan penggantian PIN OVO, kamu dapat melakukan langkah langkah sebagai berikut.

Cara ini dapat diterapkan bagi kamu yang tidak bisa mengajukan reset PIN OVO. Baik itu yang sudah login, maupun yang belum login.

1. Pertama-tama, cobalah untuk menutup aplikasi OVO terlebih dahulu selama kurang lebih 5-10 menit.
2. Setelah 5 sampai 10 menit, selanjutnya kamu dapat mencoba membuka aplikasi OVO kembali.
3. Ulangi langkah penggantian atau reset PIN dengan menekan “lupa security code”. Jika berhasil, silahkan ikuti prosesnya hingga berhasil mendapatkan kode keamanan yang baru.

Jika cara tadi tidak berhasil, langkah terakhir cobalah untuk menghubungi customer service OVO. Kamu dapat menghubungi layanan ini melalui beberapa cara.

  • Kamu dapat mencoba menekan tombol “butuh bantuan” pada aplikasi OVO
  • Kamu juga dapat menghubungi layanan konsumen OVO melalui email berikut: [email protected]
  • Terakhir, kamu dapat mengajukan pertanyaan melalui akun resmi twitter OVO yaitu: https://twitter.com/ovo_id?lang=en

Bagaimana jika security code OVO salah terus hingga terblokir?

Untuk memastikan bahwa tidak ada penyalahgunaan, OVO akan memblokir penggunaan kode keamanan jika kita salah memasukkan kode sebanyak 5 kali.

Jika PIN kita terblokir, maka selama 1 jam kedepan kita tidak dapat menggunakan layanan OVO.

Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan PIN OVO yang terblokir, kita hanya perlu menunggunya selama 1 jam. Baru setelah itu kita dapat login kembali di aplikasi OVO.

Kembali lagi, jika kita lupa PIN OVO, kita dapat mengajukan penggantian atau reset kode keamanan seperti pada tutorial pertama tadi.

Bagaimana jika lupa nomor HP OVO?

Tidak dapat login karena lupa nomor HP yang kamu daftarkan di OVO? Kamu dapat mencoba untuk menebak satu per satu nomor HP mu pada kolom yang tersedia.

masukkan nomor HP yang terdaftar di OVO
masukkan nomor HP yang terdaftar di OVO

Jika OVO tidak dapat mendeteksi akun dengan nomor tersebut, maka aplikasi akan mengeluarkan notifikasi bahwa nomor HP tidak terdaftar. Kemudian ulangi cara ini sampai kamu berhasil menemukan nomor HP yang terhubung dengan OVO.

Bagaimana jika lupa PIN OVO dan nomor HP hilang?

Berbeda dengan mereset PIN OVO dengan cara pertama tadi, jika kamu tidak bisa login OVO karena lupa PIN dan nomor HP sudah tidak aktif, kamu dapat menghubungi CS OVO dan menyertakan bukti berupa foto atau screenshot akun OVO mu.

Kamu dapat menghubungi CS OVO  melalui tombol bantuan, email ke [email protected], dan official account Twitter OVO di @ovo_id.

Setelah menghubungi layanan konsumen, silahkan menunggu jawaban dari pihak OVO. Kamu mungkin akan dimintai data diri, nomor HP yang masih aktif, dan foto identitas. Ini ditujukan agar identitasmu dapat benar benar terkonfirmasi.

Kamu juga mungkin akan menerima telepon dari pihak OVO. Jadi pastikan nomor yang kamu cantumkan pada pengaduan adalah nomor yang masih aktif.


Nah readers demikianlah tutorial dari kami terkait masalah yang bisa terjadi dengan kode keamanan OVO. Kode keamanan atau PIN OVO ini sama pentingnya dengan PIN kartu debit, jadi pastikan kedepannya agar jangan sampai lupa.

Jika ada yang kurang jelas terkait topik kali ini, silahkan ajukan melalui kolom komentar ya.

Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan