Cara mengaktifkan fitur kode sandi di youtube kids

Youtube kids diciptakan untuk menghindari anak-anak dari konten yang tidak sesuai dengan usianya. Kita sebagai orang tua, bisa mengatur konten seperti apa yang tampil dan bisa ditonton oleh anak kita di aplikasi youtube kids ini.

Nah, yang jadi masalah ketika anak-anak sudah cukup paham dalam penggunaan aplikasi ini, mereka bisa mengganti pengaturan yang kita buat diawal tadi. Sehingga konten yang tidak sesuai usia mereka bisa mereka tonton.

Inilah kenapa di youtube kids menyediakan “fitur kode sandi yang bisa di-set oleh orang tua”, sehingga anak tidak bisa mengakses ataupun mengubah pengaturan aplikasi tsbt.

Kalau mereka bisa akses dan ubah pengaturan, tentu kontrol kita terhadap tontonan mereka akan jauh berkurang.

Jadi disini kita sebagai orang tua, sebaiknya memang mengaktifkan fitur pengunci ini. Dibawah akan dijelaskan bagaimana cara melakukannya.

Fitur pengunci dengan kode sandi ini bisa kalian aktifkan untuk berjaga-jaga, sehingga hanya kalian yang tau kodenya saja yang bisa masuk dan mengubah pengaturan aplikasi tsbt.

1. Buka aplikasi youtube kids diponsel anak kalian, lalu akan terlihat laman seperti dibawah ini. Disini kalian klik saja gambar gembok yang ada di pojok kanan bawah.

masuk menu gembok pojok kanan bawah

2. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman konfirmasi bahwa kalian adalah “orang tua”. Kalian akan diberi pertanyaan perkalian simpel seperti dibawah ini. Silahkan jawab pertanyannya. Lalu tap tombol “KIRIM”.

3. Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini. Kalian masuk saja ke menu “setelan” yang bergambar gerigi.

masuk ke menu setelan

4. Kalian akan di bawa ke halaman “setelan” seperti dibawah ini. Scroll kebawah sampai ketemu bagian “Verifikasi orang tua”, dibagian bawahnya ada menu “buat kode sandi”. Tap saja menunya.

5. Setelah itu kalian di suruh untuk mengisi sandi yang berupa 4 digit angka. Kalian isi saja dengan angka yang mudah kalian ingat, tapi tidak mudah ditebak anak.

isi sandi kalian berupa angka

6. Setelah itu kalian akan diminta untuk mengkonfirmasikan sandi. Disini kalian isikan ulang sandi yang kalian set tadi.

isikan ulang sandinya

7. Setelah kalian isi ulang sandinya, kalian akan dibawah kelaman sebelumnya tadi. Jika ada tambahan menu “Hapus kode sandi” dan menu baru “Ubah kode sandi”, itu artinya fitur kode sandinya sudah berhasil diaktifkan.

ada dua menu ubah kode sandi & hapus kode sandi tanda bahwa sudah berhasil

Seperti yang sudah dijelasin diawal, fitur kode sandi ini berfungsi untuk mengunci bagian setting/pengaturan. Jadi semisal kalian telah mengaktifkan mode timer atau waktu tonton di aplikasi youtube kidsnya. Lalu anak kalian ingin menonaktifkan mode timer yang sudah kalian tentukan, maka mereka perlu masuk ke menu setingan. Nah ketika anak kalian mencoba masuk ke menu “setting” maka akan muncul halaman yang meminta kode sandi tadi.

Jadi sandi tadi hanya membatasi anak dari menu pengaturan.

Sedangkan saat menggunakan aplikasi ini seperti biasanya, seperti menonton video, tidak akan ada masalah.


Saya rasa sudah cukup jelas penjelasan yang saya berikan, jika kalian masih belum paham bisa ditanyakan dikolom komentar. Sekian dan terima kasih.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan