Youtube tidak bisa dibuka? Ini solusinya

YouTube merupakan salah satu situs yang dimiliki google. Situs yang memungkinkan para penggunanya untuk bisa mengakses segala macam jenis video ini, bisa dinikmati secara gratis hanya dengan mengunduh aplikasi atau membuka situsnya langsung melalui web browser.

Bagi kalian yang suka streaming atau menonton video maka youtube merupakan pilihan utama. 

Jika berbicara mengenai youtube, mungkin kalian pernah mengalami aplikasi error sehingga youtube tidak bisa dibuka. Tentu saja sebagai pengguna, kita akan merasa geram apabila menemukan aplikasi yang biasa digunakan tidak bisa dibuka. 

Penyebab Youtube tidak bisa dibuka bisa bermacam macam, namun penyebab yang paling umum adalah karena adanya penumpukan memori yang disebabkan oleh file yang tidak pernah dihapus seperti cache dan file story. Jika fite tsbt sudah menumpuk maka akan menyebabkan error seperti “unfortunately, youtube has stopped” atau “force close” Atau “sayangnya youtube telah terhenti”.

Namun ada juga penyebab lain yang menbuat aplikasi youtube kalian tidak bisa dibuka, seperti misalnya:

  1. Aplikasi youTube diupdate dari download-an yang berasal dari luar google play.
  2. Kalian baru saja melakukan update system operasi ponsel kalian.

Jika kalian menemukan masalah ini, berikut beberapa solusi yang bisa kalian coba untuk mengatasinya. Jangan lupa restart ponsel sebelum mencoba solusi dibawah ini, karena banyak masalah yang bisa diselesaikan hanya dengan merestart ponsel kalian.

1. Pastikan internet lancar dan stabil

Akses Youtube tidak terlepas dari internet. Semakin stabil internet yang kalian gunakan maka semakin mudah kalian mengakses Youtube. Pastikan intenet dalam keadaan stabil,  jika internet yang kalian gunakan sedang tidak stabil maka akses Youtube pun bisa terganggu bahkan tidak bisa dibuka.

Kalian bisa memeriksa koneksi Wifi jika menggunakan wifi atau memeriksa jaringan serta Kuota jika kalian menggunakan internet dengan kartiu SIM.

2. Bersihkan cache atau data aplikasi

Dengan menghapus cache diaplikasi youtube maka aplikasi akan jadi lebih ringan. Biasanya cache di youtube bisa sampai ratusan MB. Jika kalian menggunakan browser untuk mengakses youtube, bersihkan cache browser tersebut.

Untuk membersihkan cache juga tidak sulit. Kalian bisa install aplikasi pembersih cache, atau lakukan pembersihan secara manual.

Untuk menghapus cache biasanya sama saja antar merk HP, yang membedakan mungkin dari segi tampilannya saja. Biasanya cache dibersihkan dari pengaturan aplikasi. Jadi disini kita perlu masuk ke pengaturan aplikasi youtube, lalu cari pengaturan menghapus cache. Jika tidak ditemukan bisa pilih “clear data”, sama saja harusnya.

Hapus Cache

3. Install youtube versi lama (versi sebelumnya)

Jika kalian baru-baru ini update aplikasi youtube, dan masalah muncul setelah update. Kalian bisa coba kembalikan youtube ke versi sebelumnya.

Yang perlu kalian lakukan adalah mengunduh ulang Youtube versi lama. Link download bisa kalian cari di internet. Kalian cukup tuliskan keyword seperti “Download youtube untuk android kitkat”, atau sejenisnya.

contoh website download youtube versi lama
contoh website download youtube versi lama

Bila kamu masih menggunakan Android versi lama. pastikan Youtube yang kalian download compatible dengan HP kalian. Banyak sekali website yang menyediakan aplikasi Youtube berbagai versi kalian bisa mencarinya lewat mesin pencarian Google.

4. Install ulang youtube dari playstore

Jika kalian entah disengaja ataupun tidak, menginstall youtube dari situs luar. Dan suatu waktu aplikasinya error dan tidak bisa dibuka.

Kalian bisa mencoba menghapus aplikasinya, lalu masuk ke playstore dan menginstall ulang youtube dari sana.

5. Bersihkan history pencarian

Selain menghapus cache kalian juga harus membersihkan histori pencarian di Youtube. Hal ini terbukti ampuh untuk mengatasi error yang bertuliskan  _ Unfortunately, YouTube has stopped _.

Hal ini dikarenakan ketika kalian mengakses Youtube, maka semua aktifitas akan terekam. hal inilah yang bisa menyebabkan Youtube yang kalian gunakan penuh dengan riwayat pencarian, Cache, komentar, share dan lainnya. Jika terlalu penuh aplikasi Youtube justru akan error.

Histori pencarian sendiri bisa kalian atur melalui aplikasi Youtube di menu Setting. setelah masuk ke menu setting pilih history lalu akan ada pilihan Clear History.

Hapus Historya

6. Update youtube ke versi paling baru

Menggunakan aplikasi Youtube yang terlalu tua juga tidak dibenarkan. Hal ini dikarenakan jika kalian menolak untuk mengupdate aplikasi karena alasan tertentu, maka aplikasi yang kalian gunakan tidak akan bisa bekerja secara maksimal.

Banyak sekali kasus yang dialami oleh beberapa orang yang aplikasi youtube nya sudah terlalu tua sehingga peng-operasian Youtube menjadi tidak maksimal dan sering error.

Update Youtube Versi BAru

Cara mengatasi masalah ini adalah kalian jangan malas untuk mengupdate. Kalau kalian tidak ingin ribet, pastikan untuk mengaktifkan pengaturan update otomatis di playstore sehingga semua aplikasi di ponsel kalian bisa diupdate tepat waktu.


Itulah beberapa cara yang bisa kalian terapkan jika aplikasi youtube yang kalian gunakan tidak bisa buka atau error. Jika cara tersebut masih tidak bisa kalian bisa mendownload Youtube Go atau melalui browser di HP kalian.

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan kirim ke kolom komentar. Sekian pembahasan kali ini. Thanks.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan