Cara amankan akun yahoo dengan mengaktifkan fitur Verifikasi Dua Langkah

Email bagi sebagian orang merupakan sebuah media komunikasi yang sangat penting. Berbagai macam percakapan dengan kolega bisnis maupun berbagai percakapan penting lain ada di sana. Oleh karena itu, keamanan terhadap akun email sangat diperlukan.

Pada dasarnya akun email sudah aman karena dilindungi oleh password. Dari provider email pun sudah menyarankan untuk membuat password yang mudah diingat tetapi tidak mudah ditebak orang lain. Misalnya password harus terdiri gabungan huruf dan angka, bahkan huruf pun disarankan gabungan antara uppercase dan lowercase. Selain itu email juga tidak boleh berupa nama lengkap maupun tanggal lahir karena sangat mudah ditebak. Ketika membuat password, provider langsung menganalisis seberapa kuat password tersebut.

Lantas, apakah dengan membuat password yang rumit lalu akun sudah benar benar aman? Ternyata tidak sepenuhnya akun menjadi aman. Sudah terdapat banyak kasus dimana akun email dibobol oleh hacker dengan kemampuannya. Oleh karena itu, Yahoo! Sebagai salah satu provider email menyediakan fitur tambahan untuk keamanan email.

Yahoo! Mail menyediakan fitur verifikasi dua langkah, sehingga ketika seseorang akan masuk ke akun email harus melewati dua proses login. Login yang pertama adalah login pada Yahoo! Mail kemudian langkah selanjutna adalah dengan mengonfirmasi melalui nomor telepon.

A. Kelebihan dan Kekurangan Verifikasi Dua Langkah Yahoo! Mail

Melakukan verifikasi dua langkah, meskipun meningkatkan keamanan bukan berarti tidak ada sisi lain yang menjadi kelemahan. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa login harus dilakukan dua kali. Sehingga bagi yang tidak suka ribet, tentu akan merasa tidak nyaman dengan proses login ini. Apalagi jika membutuhkan waktu yang cepat ketika ingin masuk ke akun emai. Nah, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan verifikasi dua langkah Yahoo! Mail untuk kamu pertimbangkan.

Yudha note :

Aku sendiri pakai fitur verifikasi dua langkah untuk akun google ku, sebenernya ga bener2 ribet. Skema fitur verifikasi dua langkah itu gini, saat kamu akan login menggunakan perangkat baru, saat kamu login dengan password, setelah itu kamu akan dapet kode 6 angka di hp kamu, kode tadi dimasukin kekolom baru yang muncul setelah kamu masukin password.

Setelah kamu login, dan jika perangkatnya memang milik pribadi, selama login cookies nya masih aktif, kamu akan tetap dalam keadaan login dan ga harus masukin password serta kode berkali2 kok. Akun ku dilaptop ini aja udh berapa bulan ga log-out2.

Kecuali jika kamu sering login ke perangkat lain bukan milikmu, seperti komputer warnet ato minjem device milik temenmu, emang agak ribet saat loginnya, karna harus ada hp yang didaftarkan ke fitur tsbt untuk nerima kodenya, kalo ga ya ga bisa login.

Kelebihan Verifikasi Dua Langkah Yahoo! Mail

1. Tidak bisa di akses hacker

Kelebihan utama dari verifikasi dua langkah adalah akun lebih sulit diakses oleh hacker. Seseorang yang berniat jahat atau meretas akun kamu akan kesulitan untuk masuk. Hal ini karena yang dibutuhkan oleh hacker bukan lagi hanya password tetapi juga nomor HP.

2. Tidak perlu was-was kehilangan akses akun email

Jika akun email kamu berisi percakapan penting, maka kamu tidak perlu terlalu khawatir kehilangan akun karena tidak mudah dibuka orang lain. Selai percakapan, tentu saja media lain yang terhubung dengan email kamu. Hal ini karena media lain yang terhubung akan dengan mudah di reset password jika memiliki akses ke email. Bahkan jika ada orang lain yang mengetahui passwordnya pun tidak bisa membukanya tanpa memiliki nomor HP yang digunakan untuk verifikasi dua langkah.

3. Mendapat pemberitahuan jika ada hacker

Setiap kali login ke akun Yahoo! Mail, maka kamu akan mendapatkan kode verifikasi melalui nomor HP, baik SMS maupun telepon. Termasuk jika ada orang lain yang membuka akun email kamu, maka kamu akan mendapatkan sms atau telepon verifikasi. Hal ini tentu saja membuat kamu akan langsung mengetahui aktivitas terkini yang terjadi di email kamu.

Bisa memasang password aplikasi

Ketika kamu mengaktifkan verifikasi dua langkah Yahoo! Mail, maka kamu bisa memang password untuk aplikasi yang merupakan produk dari Yahoo!. Sehingga keamanan bisa diterapkan untuk semua produk yang kamu gunakan di Yahoo!.

Kekurangan Verifikasi Dua Langkah Yahoo! Mail

1. Tidak bisa login jika lupa membawa HP

Verifikasi dua langkah mengharuskan kamu untuk login ke Yahoo!Mail sekaligus mengkonfirmasi melalui nomor HP. Sehingga kapanpun kamu login ke akun email, maka pada saat yang sama kamu juga harus memiliki akses ke nomor HP. Lantas bagaimana jika tidak bisa menerima sms atau telepon verifikasi? Kamu tidak bisa login dengan mudah tentu saja, karena dianggap sebagai  hacker.

2. Jika Nomor HP hilang, tidak bisa masuk ke akun email

Jika kamu sedang tidak membawa HP maka kamu masih memiliki kemungkinan untuk menghubungi orang yang sedang berada dekat HP kamu. Namun jika kamu kehilangan nomor HP kamu, itu juga membuat kamu tidak bisa mengakses akun kamu. Sehingga kamu akan merasa kehilangan nomor HP sekaligus kehilangan akses ke email penting kamu.

Apakah akun Yahoo! Mail tidak lagi bisa diakses jika nomor HP hilang? Tenang, Yahoo! Mail memiliki cadangan cara login bagi kamu yang kehilangan nomor HP, salah satunya adalah dengan email pemulihan. Hal ini akan dijelaskan lebih lanjut lain waktu ya.

B. Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langah Yahoo!Mail

Meskipun memiliki kekurangan atau kelemahan, tetapi manfaat yang kamu dapatkan tentu saja lebih banyak. Jika kamu sudah memantapkan hati menghadapi tantangan verifikasi dua langkah Yahoo! Mail, maka kini saatnya untuk mengaktifkan fitur ini. Berikut ini adalah langkah langkah untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah Yahoo! Mail.

  • Masuk ke akun Yahoo! Mail kamu

Login terlebih dahulu seperti biasa di akun Yahoo! Mail kamu.

  • Klik ‘Account info’ , lalu ‘Go’ jika menggunakan versi basic

verifikasi dua langkah yahoo mail Yahoo! Mail memiliki beberapa tampilan. Jika kamu masih menggunakan versi basic, maka di bagian pojok kanan pilih ‘Account info’ lalu klik ‘Go’ yang ada di sampingnya. Kamu juga bisa melalui ikon roda gigi, lalu pilih ‘account info’. Pilih yang sesuai dengan tampilan akun kamu.

  • Klik Namamu lalu ‘Account info’ jika menggunakan versi terbaru

verifikasi dua langkah yahoo mail Jika kamu menggunakan tampilan Yahoo! Mail versi terbaru, maka klik nama kamu pada pojok kanan atas. Kemudian muncul pilihan, klik ‘Account info’

  • Pilih ‘Account Security’

verifikasi dua langkah yahoo mail Kamu akan diarahkan menuju ke halaman pengaturan, dimana kamu bisa mengubah profil. Untuk kali ini, pada pojok kiri atas klik ‘Account Security’ atau keamanan akun.

  • Hidupkan pilihan ‘Two-step verification’

verifikasi dua langkah yahoo mail Geser bilah ke bawah, maka kamu akan menemukan pilihan ‘Two-step verification’ yang artinya verifikasi dua langkah. Klik tombol berwarna abu abu pada bagian kanan hingga berubah menjadi warna biru.

  • Pilih kode negara

Setelah muncul dialog box, pilih kode negara. Untuk Indonesia kode negara yang digunakan adalah +62.

  • Masukkan nomor HP

verifikasi dua langkah yahoo mail Setelah itu masukkan nomor HP kamu pada kotak bagian bawah. Masukkan nomor HP tanpa diawali  dengan angka ‘0’. Langsung masukkan saja angka ‘8’ dan seterusnya, yang tentu saja disesuaikan dengan nomor HP kamu.

  • Klik ‘Send SMS’ atau ‘Call Me’

Setelah nomor yang dimasukkan benar, klik ‘Send SMS’ atau ‘Call Me’ tergantung kamu ingin mendapatkan kode verifikasi melalui apa. Kalau saya lebih memilih SMS saja, karena tinggal membaca, daripada harus mendengar kode yang dibacakan.

  • Masukkan kode

verifikasi dua langkah yahoo mail Setelah kode verifikasi diterima, masukkan ke dalam kolom di Yahoo! Mail. Masukkan dengan tepat dan tanpa kesalahan. Jika dalam beberapa saat kode belum juga diterima, minta Yahoo! untuk mengirimkan ulang kode dengan klik ‘Resend SMS’ atau ‘Call Me’.

  • Klik Verify

verifikasi dua langkah yahoo mail Setelah kode dimasukkan, klik ‘Verify’.

  • Skip For Now

verifikasi dua langkah yahoo mail Jika kode sudah berhasil dikonfirmasi, maka kamu akan dihadapkan dengan pilihan untuk memberi password pada aplikasi yang terhubung. Untuk saat ini, kamu bisa memilih ‘Skip For Now’ untuk melewati.

  • Cek inbox Email

verifikasi dua langkah yahoo mail Setelah selesai, coba cek inbox email, kamu akan mendapatkan konfirmasi bahwa Verifikasi dua langkah sudah diaktifkan. Kamu bisa menagabaikan email ini karena hanya pemberitahua penggantian pengaturan. Namun jika bukan kamu yang melakuakan, patut diwaspadai.

  • Coba Login

verifikasi dua langkah yahoo mail Coba logout akun email kamu, kemudian login kembali. Setelah selesai memasukkan username dan password, maka kamu akan ditawari untuk memilih verifikasi melalui nomor HP. Kamu bisa memilih untuk verifikasi melalui SMS maupun melalui telepon.verifikasi dua langkah yahoo mail

  • Selesai

Selamat, kamu telah berhasil mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk akun Yahoo! Mail kamu. Sekarang akun kamu sudah aman dan terhindar dari peretas yang ingin memanfaatkan akun kamu.

Apabila kamu ingin menonaktifkan, kamu hanya perlu mengubah pilihan ‘Two-step verification’ menjadi abu-abu kembali. Setelah di nonaktifkan, kamu bisa login ke akun Yahoo! Mail tanpa perlu menggunakan verifikasi melalui nomor HP.

Sekian tadi berbagai kelebihan dan kekurangan serta bagaimana cara mengaktifkan verifikasi dua langkah pada akun Yahoo! Mail. Kamu bisa memilih untuk mengaktifkan atau tidak fitur yang cukup penting ini. Namun demi keamanan sebaiknya fitur ini diaktifkan, meskipun membutuhkan langkah langkah tambahan ketika masuk ke akun.

Semoga bermanfaat ^.^

 

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *