Cara mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah di Yahoo

Pada dasarnya akun email sudah aman karena dilindungi oleh password. Dari provider email pun sudah menyarankan untuk membuat password yang mudah diingat tetapi tidak mudah ditebak orang lain.

Ketika membuat password, provider langsung menganalisis seberapa kuat password tersebut.

Lantas, apakah dengan membuat password yang rumit lalu akun sudah benar benar aman? Ternyata, tidak sepenuhnya akun menjadi aman.

Sudah terdapat banyak kasus dimana akun email dibobol oleh hacker, baik dengan metode tebak, ataupun metode seperti phissing dll. Oleh karena itu, Yahoo sebagai salah satu provider email menyediakan fitur tambahan untuk keamanan email.

Yahoo menyediakan fitur verifikasi dua langkah, sehingga ketika seseorang akan masuk ke akun email harus melewati dua proses login. Fitur ini sama dengan fitur autentikasi dua faktor di instagram, ataupun fitur verifikasi dua langkah di gmail.

Sekarang, hampir semua situs besar menyediakan fitur ini.

Kelebihan dan kekurangan fitur verifikasi dua langkah di email Yahoo

Berikut beberapa kelebihan mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah di email Yahoo kamu.

  1. Tidak mudah di akses hacker walaupun mereka menebak password email tsbt.
  2. Tidak perlu was-was kehilangan akses akun email, karena nomer hp yang digunakan bisa dipakai untuk membantu akses ke akun tsbt jika suatu saat kamu lupa password.

Sedangkan kekurangan mengaktifkan fitur ini pun jelas, jadi bisa dipakai untuk pertimbangan sebelum mengaktifkan fitur ini.

  1. Tidak bisa login diperangkat baru jika lupa membawa HP. Jika kamu login diperangkat lama, biasanya tidak diminta lagi kode verifikasi dua langkah, tapi jika perlu login diperangkat baru, kamu wajib punya kodenya, kalau tidak ada maka tidak bisa login.
  2. Jika Nomor HP hilang, tidak bisa masuk ke akun email. Ini salah satu yang paling menyulitkan sebenarnya, kalau sampai nomor HP hilang, prosesnya akan sangat ribet untuk menghubungi pihak support yahoo terkait hal ini.

Cara mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah di email Yahoo

Meskipun memiliki kekurangan atau kelemahan, tetapi manfaat yang kamu dapatkan tentu saja lebih banyak.

Berikut ini adalah langkah langkah untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah Yahoo! Mail.

1. Masuk ke akun Yahoo! Mail kamu.
2.1. Klik ‘Account info’ , lalu ‘Go’ jika menggunakan versi basic

verifikasi dua langkah yahoo mail

2.2. Klik Namamu lalu ‘Account info’ jika menggunakan versi terbaru

verifikasi dua langkah yahoo mail

3. Dihalaman personal info ini, Pilih menu “Account Security”.

verifikasi dua langkah yahoo mail

4. Hidupkan pilihan ‘Two-step verification’

verifikasi dua langkah yahoo mail

5. Pilih kode negara dan Masukkan nomor HP di menu yang muncul. Setelah itu pilih “Send SMS”.

verifikasi dua langkah yahoo mail

Setelah nomor yang dimasukkan benar, klik ‘Send SMS’ atau ‘Call Me’ tergantung kamu ingin mendapatkan kode verifikasi melalui apa. Kalau saya lebih memilih SMS saja, karena tinggal membaca, daripada harus mendengar kode yang dibacakan.

6. Masukkan kode yang didapat dari SMS tadi. Lalu klik “Verify”.

7. Selesai. Kamu sudah berhasil mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah ini. Jika muncul informasi tambahan, bisa pilih “Skip For Now” untuk skip langkah-langkah tsbt.

verifikasi dua langkah yahoo mail

Setelah selesai, coba cek inbox email, kamu akan mendapatkan konfirmasi bahwa Verifikasi dua langkah sudah diaktifkan. Kamu bisa mengabaikan email ini karena hanya pemberitahuan penggantian pengaturan.

verifikasi dua langkah yahoo mail

Untuk memastikan fitur ini bekerja, kamu bisa coba login diperangkat baru. Jika diminta kode verifikasi dua langkah, artinya akun kamu sudah lebih aman.

Selamat, kamu telah berhasil mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk akun Yahoo! Mail kamu. Sekarang akun kamu sudah aman dan terhindar dari peretas yang ingin memanfaatkan akun kamu.


Apabila kamu ingin menonaktifkan, kamu hanya perlu mengubah pilihan ‘Two-step verification’ menjadi abu-abu dilangkah 4 diatas. Setelah di nonaktifkan, kamu bisa login ke akun Yahoo! Mail tanpa perlu menggunakan verifikasi melalui nomor HP.


Sekian tadi pembahasan mengenai verifikasi dua langkah pada akun Yahoo. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan