Apa itu Telegram premium dan kelebihannya dibandingkan versi biasa

Terbit

Diperbarui

Aplikasi premium saat ini makin menjanjikan. Baik untuk developer maupun penggunanya. Bagi pengguna, aplikasi premium tentu membawa keuntungan tersendiri dibandingkan dengan aplikasi versi gratis.

Pasalnya, aplikasi yang free biasanya fitur – fitur yang disediakan tidak bisa diakses secara penuh.

Salah satu aplikasi yang ikut meluncurkan aplikasi versi premium adalah Telegram. Telegram Premium sudah hadir sejak bulan Juli 2022 lalu. Apa sebenarnya Telegram Premium itu?

Kemudian dengan biaya sekitar Rp 50.000 / Bulan, apa saja fitur yang didapatkan oleh pengguna? Mari kita bahas.

Apa itu Telegram Premium?

Telegram Premium adalah Telegram versi berbayar, yang menyediakan fitur lebih banyak dari versi biasa. Telegram Premium dikenakan biaya Rp 49.000/bulan bagi yang ingin menggunakannya.

Kekurangan Telegram Premium

1. Harga perbulan yang lumayan mahal untuk pengguna biasa

Dengan harga hampir 50.000 perbulan bagi pengguna biasa yang hanya menggunakan aplikasi untuk aktivitas pribadi, bukan untuk bisnis atau bukan untuk sebuah lembaga/organisasi/perusahaan, mungkin cukup menguras kantong ya.

Mengingat untuk pengguna biasa, 50.000 sudah bisa beli paket internet untuk pemakaian ‘irit’ sebulan penuh. (Salah satu paket internet tri di aplikasi bima+, 45ribu dapat 11GB).

Tapi kalau untuk sebuah kegiatan bisnis, bisa dikatakan cukup worth it. Karena fitur-fitur yang ada di dalam Telegram Premium dapat menunjang kegiatan bisnis yang dijalankan.

Kelebihan Telegram Premium dibandingkan Telegram biasa

1. Limit fitur menjadi dua kali lipat

Di Telegram Premium, semua fitur menjadi double! Di Telegram biasa, kamu hanya bisa gabung di grup dan channel sebanyak maksimum 500, di Telegram Premium kamu akan puas karena bisa gabung di maksimum 1000 grup dan channel.

Selain itu, Telegram Premium juga melipatgandakan kapasitas untuk fitur pesan tersemat, GIF tersimpan, stiker favorit, tautan publik, dan obrolan untuk setiap folder.

2. Emoji menjadi beranimasi

Bosan dengan emoji yang stagnan alias tidak bergerak sama sekali? Di Telegram Premium semua emoji menjadi bergerak. Tentu akan terlihat lucu dan unik. Berbagai macam emoji menjadi beranimasi. Dengan begitu, chat menjadi lebih seru dan tidak membosankan.

3. Limit unggahan menjadi 4GB

Punya file berukuran besar tapi bingung mau dikirim lewat mana? Kirim saja melalui Telegram Premium. Kamu dapat mengunggah file hingga berukuran 4GB. Kalau kamu hanya memiliki Telegram biasa, kamu hanya dapat mengunggah file berukuran maksimal 2GB.

4. Pengunduhan lebih cepat

Kalau ingin mendapatkan kecepatan yang maksimal, silahkan beralih menggunakan Telegram Pemium. Selain mengunduh, kecepatan mengunggah juga meningkat. Karena di Telegram Premium sudah tidak ada lagi batas kecepatan pengunduhan media. Sehingga kamu dapat mengunduh dan mengungah secepat yang kamu inginkan.

5. Fitur konversi audio menjadi teks

Pesan suara yang masuk dapat di konversi menjadi teks! Yup. Benar sekali. Semua itu dapat kamu nikmati di Telegram Premium.

Saat kamu berada diluar ruangan yang bising dan kamu tidak memiliki headphone atau headset, kamu dapat mengkonversi pesan suara menjadi teks. Sehingga kamu tinggal membacanya saja, tanpa perlu repot-repot mendengarkan audionya.

6. Bebas iklan

Kalau ini sudah pasti. Di Telegram Premium, kamu tidak akan menemukan iklan yang mengganggu. Pengguna tidak akan menerima pesan iklan secara terus menerus. Tentu ini yang ditunggu tunggu pengguna.

7. Reaksi emoji untuk setiap pesan

Ribuan emoji bisa kamu gunakan untuk menanggapi setiap pesan. Tentu kalau di Telegram biasa kamu tidak dapat memilih emoji sebanyak itu!

8. Nikmati sticker premium

Tentu kita semua tau kalau aplikasi chatting tidak akan lengkap bila tidak ada sticker untuk mewakili perasaan pengirim pesan.

Nah, di Telegram memiliki segudang stickers yang unik dan menggemaskan. Terlebih di Telegram Premium. Kamu akan mendapatkan banyak sticker pack yang eksklusif yang tidak akan ditemukan di Telegram versi Gratis.

Ukuran stiker di Telegram Premium juga lebih besar dibandingkan dengan stiker di telegram biasa. Silahkan dicoba.

9. Fitur manajemen obrolan

Yang paling menarik di Telegram adalah pengelolaan foldernya. Dengan fitur tersebut membuat pesan, grup, maupun channel akan tersusun dengan rapih.

Pada Telegram Premium kamu dapat membuat sampai 20 folder berbeda untuk mengklasifikasi jenis pesan, grup atau cahanel.

Dengan fitur tersebut, dapat dipastikan tampilan Telegram kamu lebih rapih dan tertata.

10. Emblem profil

Emblem atau sebuah ikon berbentuk bintang akan muncul di sebelah nama kamu. Ikon tersebut menunjukkan kalau kamu pengguna Telegram Premium.

Emblem yang diletakkan disebelah nama kamu menunjukan kalau kamu membantu mendukung Telegram.

11. Foto profil beranimasi

Menarik sekali! Kapan lagi bisa membuat avatar tetapi dalam bentuk video. Pilih video yang mewakili ekspresimu dan unggah di Telegram untuk dijadikan profil.

12. Ikon aplikasi premium

Pilih ikon aplikasi Telegram yang kamu sukai. Ada beberapa pilihan, pilih ikon mana yang menjadi favorit kamu. Tampilannya pasti lebih menarik

13. Status emoji

Pilih status emoji yang mewakili aktifitas kamu saat itu. Akan terlihat di sebelah nama profil kamu. Ada ribuan emoji yang bisa kamu pilih. Semuanya lengkap!


Itulah kelebihan dan kekurangan Telegram Premium. Meskipun kamu berlangganan premium yang sedikit menguras kantong, tetapi kamu akan mendapatkan fitur – fitur yang sangat menguntungkan.

Terlebih bagi para pemiliki bisnis atau profesional yang memang aktif di Telegram, Telegram Premium akan membantu memaksimalkan aktivitasmu.

Jadi menurutku, dengan harga Rp 50.000 per-bulan akan sebanding dengan manfaat yang bisa pengguna dapatkan untuk memaksimalkan bisnis atau kegiatan profesional mereka.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *