Cara install dan setting Line lite di android

Line Lite merupakan aplikasi yang ditawarkan untuk para pengguna Line di negara yang berkembang dan minim koneksi internet. Line lite hadir dengan ukuran aplikasi yang ringan dan tidak boros kuota. Namun begitu, Line lite tetap memiliki fungsi dasar yang bisa kita gunakan, walaupun tidak selengkap Line versi full.

Line lite didesain seminimalis mungkin untuk memangkas besarnya ukuran aplikasi. Line lite memangkas fitur – fitur yang dianggap terlalu besar seperti Line game, timeline, store, keep, dll. Sehingga Line lite hanya menghadirkan fitur – fitur dasar seperti chatting, vcall, dan line today.

Line lite ini sangat cocok banget buat kamu yang tinggal di wilayah minim koneksi internet, dan minim penyimpanan internal/eksternal HP kamu. Jadi, kamu tetap bisa menggunakan Line meskipun hanya versi Lite. Bagaimana? Tertarik menggunakan Line lite? Kalau iya, akan aku jelaskan cara instal dan setting Line Lite dibawah ini.

Cara install line lite di android

1.Download terlebih dahulu aplikasi Line Lite melalui PlayStore. Ukuran aplikasinya sangat ringan, kurang dari 5 MB.

Download line ite di google play
Download line lite di google play

2.Setelah kamu download, kamu langsung buka aplikasinya. Maka tampilannya akan seperti pada gambar. Kalau kamu sebelumnya sudah memiliki akun Line lite, bisa pilih “Login”. Namun, jika kamu pengguna baru, kamu bisa memilih “Daftar”.

Tampilan awal line lite
Tampilan awal line lite

3. Karena disini aku mau menjelaskan cara daftarnya, jadi pilih “Daftar”. Jika sudah pilih “Daftar”, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar. Kamu bisa memasukkan nomor telepon aktif yang akan kamu gunakan untuk membuat akun Line.

Proses pendaftaran nomor telepon line lite
Masukkan nomor telepon untuk mendaftar

Pastikan nomor telepon kamu standby, karena pihak Line akan mengirimkan SMS berupa kode konfirmasi ke nomor kamu, yang akan secara otomatis terdeteksi oleh aplikasi Line Lite tanpa kamu harus membuka SMS nya. Jika kamu sudah memasukkan nomor telepon, selanjutnya kamu langsung saja pilih “Berikutnya”.

4.Tunggu saja sampai pesan kode verifikasi sampai ke HP mu, dan secara otomatis kode tersebut terdeteksi oleh Line dan proses akan berlanjut dengan sendirinya.

Proses verifikasi nomor telepon line lite
Proses verifikasi nomor telepon

5.Setelah proses verifikasi selesai, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar. Kamu masukkan saja nama pengguna yang ingin kamu gunakan. Jangan lupa untuk memasukkan foto profil nya juga. Jika nama pengguna dan profil sudah kamu isikan, kamu bisa pilih “Daftar Sekarang”.

Proses mendaftar akun line lite
Tambahkan nama pengguna dan foto profil

6.Setelah pilih “Daftar Sekarang”, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar. Tunggu saja sampai proses selesai

Proses pembuatan akun line lite
Proses pembuatan akun line lite

7.Selesai. Akun Line Lite kamu sudah bisa digunakan. Sekarang tinggal setting akun Line kamu sesuai dengan keinginan.

Proses pembuatan akun line lite selesai
Pembuatan akun line lite selesai

Cara setting Akun Line Lite

Di aplikasi Line Lite ini, ada beberapa menu yang bisa kamu setting agar sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari setting profil, akun, pemberitahuan, teman, dan lainnya. Akan aku bahas semua itu dibawah ini.

1. Setelah kamu selesai membuat akun Line, maka akan mendapat pesan dari LINE bahwa nomor kamu sudah berhasil diverifikasi. Kamu sudah bisa menggunakan akun tersebut. Tampilannya seperti pada gambar.

Proses pendaftaran dan verifikasi akun line lite selesai
menerima pesan dari line jika nomor telah terverifikasi

2. Selanjutnya, aku akan membahas menu yang ada di Line Lite. Coba kamu pilih menu pengaturan disebelah pojok kanan atas, atau seperti pada gambar yang aku lingkari.

Proses setting akun line lite
Melakuakn setting akun line lite

3. Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar. Disana ada berbagai submenu yang tersedia. Namun, aku bahas menu “Profil” terlebih dahulu. Kamu pilih submenu “profil” .

Tampilan menu "Setting" pada line lite
Tampilan menu “Setting”

4. Kalau kamu sudah memilih submenu “Profil”, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar. Di submenu “Profil” ini, kamu bisa mengubah nama tampilan, status, ID pengguna, dan berbagi foto profil baru.

Untuk ID pengguna, kamu sebaiknya pikirkan ID yang benar – benar pas buat kamu. Sebisa mungkin ID yang kamu gunakan mudah diingat, karena kamu tidak akan bisa mengubah ID lagi untuk yang kedua kalinya. Jadi, kalau kamu sudah memasukkan nama ID pengguna, sudah tidak dapat diubah lagi.

Tampilan submenu "Profil" pada line lite
Tampilan submenu “Profil”

Selain itu, kamu bisa mengatur apakah ketika kamu mengubah foto profil baru, akan dibagikan ke timeline Line atau tidak. Kalau iya, kamu bisa mencentang kotak “Berbagi Foto Profil Baru”.

5.Setelah selesai mengatur submenu “Profil”, sekarang kita beralih ke submenu selanjutnya, yaitu “Akun”. Ketika submenu “Akun” sudah kamu pilih, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar.

Tampilan submenu "Akun" pada line lite
Tampilan submenu “Akun”

Di submenu “Akun” ini, kamu bisa melakukan pendaftaran email jika kamu belum mendaftarkannya. Hal ini berguna untuk login akun kamu ketika sewaktu – waktu kamu logout dari Line Lite. Tetapi, contoh yang aku buat belum aku daftarkan email.

Lalu, dibaris kedua ada “Izinkan Tambah dengan ID”. Bila kamu centang, berarti kamu setuju bila orang – orang dapat menambahkan kamu sebagai teman melalui ID yang kamu miliki.

Dibaris selanjutnya, ada “Izinkan Login”. Bila kamu ingin menggunakan Line versi PC dan iPad, ini dapat kamu centang agar kamu bisa login menggunakan PC dan iPad.

Selanjutnya yaitu “perangkat”. Disini, kamu bisa melihat perangkat apa saja yang sedang terhubung ke akun Line kamu.

Dibaris berikutnya, ada “Kode QR”. Nah, disini kamu bisa melihat, memperbarui, dan membagikan kode QR yang kamu miliki ke berbagai sosial media lain untuk menambah kontak.

Baris yang terakhir, yaitu “Hapus Akun”. Jika kamu sudah tidak ingin menggunakan Line Lite lagi, kamu bisa menghapus akun yang kamu miliki disini.

6.Lanjut ke submenu berikutnya, yaitu “Pemberitahuan”. Jika submenu itu kamu pilih, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar.

Tampilan submenu "Pemberitahuan" pada line lite
Tampilan submenu “pemberitahuan”

Disubmenu ini, semua baris pengaturan seperti pemberitahuan, pratinjau pesan, suara, getar, dan LED, telah otomatis tercentang. Jika kamu ingin mengubahnya, boleh saja.

7.Submenu selanjutnya adalah “Obrolan & Panggilan”. Bila sudah kamu pilih submenu tersebut, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar.

Tampilan submenu "Obrolan & Panggilan" pada line lite
Tampilan submenu “Obrolan & Panggilan”

Di submenu ini, kamu bisa mengatur “kualitas foto” yang terkirim, apakah kualitas rendah, atau sedang, atau bahkan tinggi. Atur saja sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dibaris kedua, kamu bisa “menghapus semua riwayat obrolan” yang kamu miliki. Jika kamu merasa sudah terlalu penuh riwayat obrolan kamu, bisa dihapus disini.

Nah, dibaris ketiga ada “Kirim dengan Tombol Enter”. Kamu bisa mengatur tombol enter disini. Kalau kamu centang, berarti kamu dapat mengirim chat dengan hanya tombol enter saja.

Baris selanjutnya, ada “mode layar” yang dapat diatur. Kamu dapat mengubah sesuai keinginan. Apakah putar otomatis, landscape, atau potrait.

Baris berikutnya, kamu bisa mengatur “ukuran font” yang ingin kamu gunakan. Apakah sedang, kecil, atau besar.

Selanjutnya ada “Izinkan Panggilan Masuk”. Bila ini tidak kamu centang, berarti jika ada panggilan masuk, maka Line otomatis akan menolaknya, dan pemberitahuan panggilan tak terjawab juga tidak akan dikirimkan.

Baris terakhir, ada “Letter Sealing”. Nah, Letter Sealing adalah enkripsi canggih yang dimiliki oleh Line Lite. Jadi, kalau kamu mencentang ini, maka hanya kamu dan teman obrolan kamu yang mengaktifkan Letter Sealing yang dapat melakukan obrolan. Ini salah satu keamanan yang ditawarkan oleh pihak LINE.

8.Lanjut ke submenu “Teman”. Jika submenu tersebut sudah kamu pilih, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar.

Tampilan submenu "Teman" pada line lite
Tampilan submenu “Teman”

Disini, kamu bisa setting pertemanan kamu. Dibaris pertama, kamu bisa “Tambah Teman Otomatis”. Jika kamu centang, berarti pertemanan kamu akan bertambah dengan otomatis jika Line Lite mendeteksi ada rekomendasi pertemanan yang cocok untuk kamu.

Lalu dibaris kedua, ada “Penambahan Terakhir”. Disini kamu bisa melihat kapan penambahan teman secara otomatis ke daftar kontak kamu yang terakhir dilakukan oleh Line.

Dibaris ketiga, kamu bisa mengatur “Izinkan Orang Menambahkan”. Jadi, jika kamu mencentang ini, maka orang lain yang memiliki nomor telepon kamu akan secara otomatis tertambah sebagai teman.

Selanjutnya, ada “Pengguna Tersembunyi”, dan “Daftar Blokir”. Disini kamu bisa melihat siapa saja daftar pengguna tersembunyi yang ada di akun Line kamu. Sementara “Daftar Blokir”, kamu bisa melihat daftar kontak yang diblokir di akun Line kamu.

9.Submenu selanjutnya yaitu “Stiker”. Tampilannya seperti pada gambar.

Tampilan submenu "Stiker" pada line lite
Tampilan submenu “stiker”

Disini kamu bisa mendownload semua stiker yang tersedia di Line Lite, dan semuanya gratis!

10.Dibawah submenu “Stiker”, masih ada submenu lain, seperti “Pengumuman”, “Bantuan”, “Tentang Line”, dan yang terakhir “Unduh LINE Normal”. Di kesemua submenu itu, berisi tentang aplikasi LINE. Karena submenu itu rata – rata tidak sering kamu gunakan, jadi tidak aku bahas disini.

Kesimpulan

Line Lite memang cocok digunakan untuk wilayah yang minim koneksi internet. Jadi buat kamu yang ingin menggunakan Line, namun ukuran aplikasinya yang ringan, hemat kuota, mudah digunakan, dan lancar dipakai di wilayah minim internet, aku recomend  banget untuk menggunakan Line Lite ini.

ariskisaputri

my contact : email : [email protected] | or my twitter : @AriskiSaputri