Cara buat dan kirim pesan video langsung di Telegram

Pastinya kamu sudah sering mengirim pesan dalam bentuk teks di Telegram. Begitu pun dengan pesan suara. Di saat-saat tertentu kita akan lebih memilih untuk mengirim pesan suara (voice note) dibanding pesan teks.

Tapi bagaimana dengan pesan video?

Ya, Telegram juga menyediakan fitur untuk mengirim pesan dalam bentuk video. Sama seperti pesan suara, kamu bisa memilih ruang obrolan yang ingin kamu kirimi pesan video, kemudian merekam pesan video secara langsung dan mengirimkannya di ruang obrolan tersebut.  

Tombol untuk mengirim pesan video sendiri agak sedikit tersembunyi sehingga mungkin sebagian pengguna tidak tahu bahwa fitur ini ada.

Jadi untuk kali ini, kita akan membahas bagaimana caranya mengirim pesan dalam bentuk video di Telegram agar orang yang belum tahu caranya bisa melakukan hal tersebut.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka ruang obrolan yang ingin kamu kirimkan pesan video.

Tap kontak, channel atau grup yang ingin kamu kirimi pesan video langsung.

2. Diruang obrolan tsbt, tap (satu kali) pada ikon “mikrofon” di kanan bawah.
3. Bisa dilihat ikonnya berubah jadi ikon “kamera”. Disini tap dan tahan pada ikon “Kamera” tsbt.

4. Video akan mulai terekam. Selanjutnya tarik jari kamu ke ikon gembok. Ini supaya kamu bisa merekam pesan video tanpa perlu terus menekan ikon kamera.

Geser ke ikon gembok agar kamu bisa merekam pesan video tanpa perlu terus menekan ikon kamera.

5. Jika sudah, tap ikon “kirim” di kanan bawah untuk mengirim video.

Klik ikon send di kanan bawah untuk  mengirim video.

6. Selesai. Kamu tinggal tunggu hingga proses upload selesai.

Tunggu hingga proses upload selesai.

Ohya, tambahan sedikit, kamu bisa memilih bagian video yang ingin dikirim. Untuk melakukannya, sebelum mengirim video, tap ikon “berhenti” yang terdapat di atas ikon “kirim”. Lalu pilih bagian video mana yang ingin kamu kirim. Jika sudah selesai, barulah tap ikon “kirim”.

Dengan cara di atas, kamu bisa mengirim pesan video dengan durasi maksimal 1 menit lebih 2 detik. Kamu pun bisa menggunakan kamera depan atau kamera belakang untuk membuat pesan video.


Itulah cara untuk membuat dan mengirim pesan video secara langsung dari Telegram.

Mungkin sekian dulu untuk pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan atau tambahkan, bisa kirimkan dikolom komentar dibawah.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *