Cara keluar dari facebook dari semua perangkat yang pernah login

Main facebook di komputer warnet tapi lupa log out akun!! Hehe…bukan kah itu hal yang sering kita lakukan?? Kawan-kawan mungkin tidak main facebook di warnet, tapi tentu kalian pernah buka facebook di komputer yang bukan milik kalian kan? Misalnya komputer di lab kampus, laptop kawan karena berbagai alasan akhirnya lupa log out.

Hal ini pada akhirnya membuat kita gak nyaman, siapa tahu ada orang yang tidak sengaja menemukan akun facebook kita dan melakukan hal-hal yang tidak kita inginkan seperti mengapload status bersifat negatif atau malah menggunakan facebook kita untuk membully orang lain.

Salah satu cara agar kita terhindar dari masalah tersebut memang tidak membuka facebook kita di komputer umum atau laptop milik orang lain, termasuk kawan kita. Namun terkadang kita melakukannya tanpa memikirkan efek sampingnya dari kegiatan tersebut.

Bukan bermaksud suudzhon terhadap si kawan dekatmu. Tapi, hal-hal seperti ini bisa saja terjadi. Kadang memang niat mereka bajak akun facebook kamu hanya untuk bercanda. Tapi kadang mereka juga tidak memikirkan konsekuensi dari candaannya.

Kawan-kawan hal-hal negatif bisa saja terjadi tanpa direncanakan, oleh karena itu jika kamu sering main facebook di komputer milik umum atau perangkat lainnya yang bukan milik kamu, tapi sering lupa log out. Mulai sekarang, yuk amankan akun kalian dengan cara meninjau perangkat/device yang pernah kamu pakai untuk akses facebook, dan memastikan untuk log out (keluar) facebook dari semua perangkat tsbt, agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Cara keluar dari facebook yang pernah login di perangkat lain

1. Versi smartphone/tablet android

Login facebook dan di beranda klik menu titik tiga

Login facebook di browser android kamu di www.facebook.com dan kamu akan diarahkan pada halaman beranda seperti terlihat pada gambar ini! Untuk melakukan log out akun facebook kamu harus klik di menu tiga titik, lihat tanda warna pink!

Laman beranda
Gambar 1. Laman beranda

 

Pilih menu pengaturan

Di sini kamu sudah berada di halaman yang menyediakan menu-menu penting yang kamu butuhkan. Langsung saja klik menu pengaturan seperti yang di tandai pada gambar!

Menu utama
Gambar 2. Menu utama

 

Di menu keamanan pilih sub menu keamanan dan login

Facebook akan menampilkan halaman pengaturan yang berisi informasi akun kamu, iklan, keamanan, pengaturan beranda dan menu lainnya. Gulirkan kursor hingga pada menu keamanan dan klik pada pilihan sub menu yaitu keamanan dan login.

Pengaturan keamanan
Gambar 3. Pengaturan keamanan

 

Periksa tempat kamu login facebook dan pilih keluar di menu titik tiga

Nah, pada halaman ini facebook akan menampilkan tempat kamu login facebook. Silahkan periksa dimana tempat kamu login yang bukan dari pc atau hp milikmu. Jika kamu sudah menemukannya dan ingin keluar dari perangkat tersebut, klik di menu titik tiga dan pilih keluar.

Gambar 4. Tempat kamu login facebook
Tempat kamu login facebook

 

Klik perintah keluar dari semua sesi untuk keluar di semua perangkat

Namun jika kamu ingin keluar dari semua perangkat yang ditampilkan pada halaman tersebut bisa dengan satu langkah saja caranya klik perintah keluar dari semua sesi.

Tempat kamu login facebook
Gambar 5. Tempat kamu login facebook

 

Periksa keamanan akun facebook terlebih dahulu

Tetapi, jika kamu menemukan ada yang masuk ke akun kamu dari hasil yang ditampilkan pada halaman tempat kamu login maka kamu dapat menelusuri apa saja yang sudah berubah di akun kamu, caranya klik pada tulisan yang ditandai warna pink di bawah ini!

Laman konfirmasi
Gambar 6. Laman konfirmasi

Yuk, amankan akun kamu dengan melakukan tinjauan akun dengan klik mulai.

Laman tinjauan akun
Gambar 7. Laman tinjauan akun

Berikut ini sudah ditampilkan informasi tentang akun facebook. Di facebook kami memang tidak terdapat perubahan seperti yang terlihat di gambar di bawah ini.

Namun jika informasi facebook kalian sudah pernah di gonta-ganti oleh tangan-tangan jahat maka akan diberitahukan pada halaman ini! Selanjutnya ikuti petunjuk facebook untuk mengamankan akun kalian hingga selesai.

Laman tinjauan akun
Gambar 8. Laman tinjauan akun

Untuk memastikan akun kita benar-benar aman facebook juga menampilkan informasi pribadi, jadi kita bisa memastikan akun kita tidak ada yang berubah.

Laman tinjauan akun
Gambar 9. Laman tinjauan akun

 

2. Versi PC/desktop

Kawan-kawan yang menggunakan komputer atau laptop, kamu juga bisa keluar dari facebook yang pernah login di perangkat lain. Caranya, ikuti tutorial berikut ini!

Login facebook dan klik simbol menu dan pilih pengaturan

Langkah pertama login di akun facebook kamu dan pilih pengaturan pada menu yang ditampilkan.

Gambar 10. Laman beranda
Gambar 10. Laman beranda

 

Pilih keamanan dan info login kemudian periksa informasi tempat kita login facebook

Pada halaman ini sudah ditampilkan menu untuk mengatur akun facebook yang terletak pada jendela sebelah kiri. Untuk keluar dari facebook yang pernah login di perangkat lain, kita harus klik di keamanan dan info login.

Di bawah ini sudah ditampilkan halaman tersebut, untuk keluar dari facebook. Tapi sebelum itu kita harus memeriksa tempat kita login facebook, seperti yang sudah ditampilkan di gambar ini. Untuk melihat informasi lebih lengkap klik pada tulisan lihat lainnya.

Laman keamanan dan info login
Gambar 11. Laman keamanan dan info login

 

Semua perangkat tempat kita login facebook

Nah, di halaman ini sudah ditampilkan semua informasi tempat kita login dan disertai dengan waktu login.

Tempat kamu login facebook
Gambar 12. Tempat kamu login facebook

 

Untuk keluar dari perangkat yang diinginkan, klik menu titik tiga dan pilih keluar

Jika kalian sudah menemukan ada yang tidak beres atau perangkat milik umum yang kamu gunakan untuk login facebook. Yuk, segera keluar facebook kamu dari perangkat tersebut. Caranya geser kursor ke arah sebelah kanan dan kamu akan menemukan menu titik tiga di depan nama perangkat tersebut.

kamu langsung saja klik pada menu titik tiga dan terdapat dua pilihan yaitu bukan anda? atau keluar. Kamu bisa langsung klik keluar dan akun kamu sudah tidak lagi login di perangkat yang tidak kamu inginkan.

Namun jika kamu ingin keluar dari facebook di semua perangkat tempat kamu login, langsung saja klik pada perintah paling bawah yaitu keluar dari semua sesi.

Keluar dari perangkat
Gambar 13. Keluar dari perangkat

 

Keluar dari facebook di semua perangkat dan lakukan tinjauan akun

Di bawah ini halaman konfirmasi untuk keluar facebook dari semua sesi, jika kamu yakin dengan pilihanmu, langsung saja klik keluar. Oke, akun facebook kamu sudah log out di semua perangkat.
Namun jika kamu masih ingin memeriksa keamanan akun kamu, mungkin saja seseorang melakukan perubahan yang membuat facebook kamu di salahgunakan. Yuk klik di menu amankan akun anda.

Gambar 14. Laman konfirmasi
Gambar 14. Laman konfirmasi

 

Ikuti langkah-langkah mengamankan akun hingga selesai

Berikut ini halaman untuk mengamankan akun, di sini disebutkan sudah terjadi perubahan di akun kami dan facebook akan memandu kita untuk mengamankan akun. Oke untuk melanjutkan langkah pengamanan akun facebookmu klik pada menu selanjutnya. Ikuti langkah ini hingga akhir agar akun kamu benar-benar aman.

Laman tinjauan akun
Gambar 15. Laman tinjauan akun

 

Kawan-kawan yang sedang mengalami kegalauan karena akun facebook kamu belum log out di perangkat milik umum, seperti yang pernah kualami. Tutorial ini sangat membantu kamu dan semoga kamu dapat memahaminya dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

fatimahms

punya hobi membaca buku dan menyukai dunia kepenulisan sejak kecil

Tinggalkan Balasan