Cara mengirim gambar di whatsapp tanpa mengurangi kualitas

Hai sahabat bukugue.com, Seperti yang kita tau, mengirim foto atau gambar diwhatsapp itu sangat lah mudah. Namun sering kali ketika kita mengirim gambar, hasil foto yang sampai di kontak tujuan itu lebih kecil atau menurun kualitasnya, bahkan kadang sampai gambarnya terlihat pecah.

Ini karena pihak whatsapp akan secara otomatis mengompress/mengurangi resolusinya foto yang akan kita kita kirim. Tujuannya banyak, seperti menghemat penyimpanan di server mereka, mempercepat download di kontak tujuan karena kualitas gambar lebih ringan.

Yang jadi masalah adalah, kadang kita perlu foto tersebut sampai dengan full resolusi dan kualitas tetap.

Nah kali ini saya akan mengajarkan pada kalian beberapa cara untuk membuat hasil foto yang kita kirim ke whatsapp memiliki kualitas yang sama. Ada beberapa cara yang akan saya ajarakan dan jangan lupa untuk simak baik-baik dan ikuti langkah-langkahnya ok.

Kirim gambar tanpa mengurangi kualitas dengan mengubah format gambar

Disini kita akan mengubah akhiran file jpg/png menjadi file pdf/doc. Jadi sebenernya bukan di convert karena proses konversi jpg ke pdf misalnya itu butuh tool dan waktu. Disini kita ambil cara yang paling bodoh tapi efektif, yaitu dengan mengubah akhiran .jpg atau .png menjadi akhiran lain yang bukan format gambar.

Langkahnya pun cukup mudah, kalian tinggal buka file manager yang ada di hp kalian masing-masing.

Masuk ke File Manager

Lalu setelah kalian buka file manager maka tampilannya seperti ini. Nah kalian tinggal masuk ke file folder jika di hp kalian beda tinggal cari saja gambar folder seperti yang saya tandai.

Masuk ke File Folder

Setelah kalian masuk ke folder tersebut maka tampilan awalnya seperti ini menyesuaikan pada hp masing-masing, nah di bagian ini kalian tinggal cari saja file DCIM setelah itu kalian masuk ke file DCIM. Nah disini kita cari folder yang berisi penyimpanan hasil kamera. Mungkin bisa beda di tiap hp.

Nah setelah kalian masuk ke kamera maka kalian akan di bawa masuk ke halaman seperti ini. Nah di sini kalian pilih saja salah satu foto yang akan kalian kalian kirim lalu tekan dan tahan hingga muncul tampilan centang biru itu.

Lalu kalian klik titik tiga yang ada di bagian bawah atau biasanya ada di pojok kanan atas.

Klik Opsi Lainya atau Titik Tiga

Setelah itu kalian pilih ganti nama, lalu ganti formatnya menjadi .pdf/image.pdf.

Ganti Format Filenya Menjadi pdf

Setelah kalian klik ok maka kalian akan di bawa ke bagian seperti ini kalaian klik ok saja.

Klik Ok untuk Menyetujuinya

Setelah kalian rubah format filenya maka tampilanya seperti gambar di bawah ini. Setelah itu kalian tinggal kirim deh.

Hasil Akhirnya Tinggal Kirim

Oh iya nanti jika orang yang kalian kirimi foto ingin melihat fotonya kalian tinggal menyuruh dia untuk mengganti formatnya saja yang tadinya .pdf menjadi .jpg/.png (tergantung format awal foto, kalau awalnya jpg, suruh kembalikan ke jpg).

Kirim gambar tanpa mengurangi kualitas dengan mengirimnya seperti mengirim dokumen

Langkah pertama kalian tinggal masuk ke aplikasi whatsapp kalian masing-masing.

Masuk ke APK Whatsapp

Setelah kalian masuk ke aplikasi whatsapp kalian pilih kontak mana yang ingin kalian kirimi foto dengan kualitas aslinya.

pilih kontak whatsapp

Setelah itu kalian klik navigasi yang seperti penjepit kertas itu di bagian bawah di sebelah gambar foto.

Klik opsi ini

Nah setelah kalian klik maka akan muncul tampilan seperti ini, nah di sini kalian tinggal klik/masuk dokumen.

Masuk ke dokumen

Nah setelah kalian masuk ke dokumen maka kalian kan di bawa ke halaman sperti ini mungkin kalian masih bingung. Nah jika kalian bingung kalian klik saja lihat dokumen lain.

Masuk ke lihat dokumen lain

Setelah kalian klik lihat dokumen lain maka akan di bawa ke halaman yang mungkin baru kalian lihat di bagian galeleri dan tidak menemukan foto yang akan kalian kirimkan ke teman kalian. untuk mengatasi masalah ini kalian klik saja garis tiga yang ada di bagian pojok kiri atas atau di bagian yang sudah saya tandai itu.

Klik icon ini

Setelah itu maka kalian kan di bawa ke bagian ini, nah di sini maka kalian klik gambar yang ada di bagian atas sendiri. Kenapa memilih gambar yak arena kalian akan mengirim gambar bukan video hehehhe.

Masuk ke gambar

Setelah itu maka kalian kan di bawa ke bagian seperti ini nah di sini kalian di suruh memilih gambar dari file mana kalau saya memilih kamera karena saya akan mengirimkan foto yang saya ambil dari kamera hp saya.

Pilih icon camera

Nah setelah itu kalian kan di bawa ke halaman seperti ini maka sekarang kalian tinggal pilih foto mana yang akan kalian kirimkan.

Pilih gambarnya

Nah setelah kalian pilih fotonya maka kalian akan di bawa ke halaman di mana kalian di suruh mensetujui bahwa kalian akan benar-benar mengirmkan fotonya. Lalu kalian klik kirim.

klik kirim

Setelah kalian kirirm maka selesailah lah sudah tugas kalian hehehehe. setelah kalian mengirimnya maka kalian tinggal tunggu orang tersebut membaca pesan gambar dari kalian.

maka hasil akhirnya seperti ini

Nah dari cara-cara di atas cara mana yang paling mudah menurut kalian ? Jika kalian orang ingin yang simpel dan tidak ribet menurut saya cara kedua yang lebih mudah dan tidak harus mengganti lagi formatnya.

Oh iya sebenarnya masih banyak lagi cara yang bisa kalian gunakan tapi menurut saya hanya dua acara di atas yang mungkin bisa di bilang cukup mudah untuk di pahami dan di praktekkan. Contoh lain kalian bisa menggunakan google drive dll. Tapi bisa kalian cari saja caranya banyak kok saya hanya mengajarkan cara yang udah dan simpel bahkan untuk orang awam sekalipun hehehehhe.

Share woy :D

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan