Cara mudah mendaftar akun Telegram untuk pemula

Telegram adalah salah satu aplikasi chat yang mulai banyak peminatnya di indonesia. Sebelumnya sudah dibahas apa aja kelebihan telegram jika dibandingkan dengan aplikasi line, wa, dll.

Ada banyak kelebihan aplikasi satu ini, ini lah kenapa aplikasi ini bisa mencuri pengguna aplikasi chat lainnya yang sudah ada lebih dulu.

Beberapa contoh fitur yang dimiliki telegram adalah, telegram  dapat di gunakan untuk mengirim dokumen-dokumen atau file-file yang kalian miliki ya hampir sama seperti email. Telegram juga memiliki sinkronisasi seperti halnya facebook, telegram juga dapat di buka di banyak perangkat di waktu yang sama, misalkan kalian ingin membuka telegram di hp kalian di waktu bersamaan kalian juga bisa membuka telegram di browser lain maupun di aplikasinya.

Kelebihan-kelebihan telegram yang lain misalnya kapasitas grup yang lebih besar dari whatsapp. Ada banyak lagi sebenarnya, semuanya pun udah dibahas sebelumnya di tulisan ini: bukugue.com/apa-itu-telegram-dan-cara-menggunakannya/

Disini saya akan bahas bagaimana cara membuat akun telegram untuk pemula. Langsung aja.

A. Cara daftar akun telegram lewat smartphone/tablet

Di kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mendaftar ke akun telegram menggunakan hp android ya akan saya coba bahas segamblang-gamblangnya step by stepnya. Tapi sebelum memulai tutorialnya saya akan mengajak kalian semua untuk mendaftar melalui aplikasinya ya. Makanya simak aja tutorial di bawah ini. Ok langsung aja ke caranya.

  1. Kalian bisa unduh aplikasi di google play. Dengan cara masuk ke google play.

    google play
    google play

  2. Setelah lalu kalian ketikan di kolom pencarian dengan keyword telegram. Setelah kalian masuk maka kalian akan langsung di bawa ke aplikasinya. Gambar dan model aplikasinya seperti ini.

    telegram
    telegram

  3. Setelah itu kalian tinggal install aplikasinya. Aplikasi telegram ini tidak terlalu besar kok sekitar 13 mb an.

    install
    install

  4. Setelah kalian install. Sekarang kalian tinggal buka aplikasinya.

    buka aplikasinya
    buka aplikasinya

  5. Setelah kalian buka aplikasinya kalian di suruh untuk memasukan nomor hp kalian. Cara dengan memasukan kode negara ya di awali dengan +62.

    nomor telpon
    nomor telpon

  6. Selah itu kalian akan di kirimi kode verifikasi nomor kalian nah kalian tinggal isi sesua dengan nomor yang telah di kirim ke nomor kalian.

    masukan kode
    masukan kode

  7. Setelah kalian selesai memasukan nomornya maka kalian akan di suruh untuk mengisi nama depan dan nama belakang.

    isi nama
    isi nama

  8. Setelah kalian mengisi nama maka kalian sudah siap menggunakan tegram klain sendiri. Setelah selesai maka tapilan telegram kalian seperti gambar di bawah ini.
    telegram
    telegram

    Mudah kan cara mendaftar telegram di android. Hanya dengan memasukan nomor hp kalian kalian bisa mendaftar dan memilki akun telegram kalian sendiri. Cara yang pertama ini memang hanya menggunakan nomor hp saja tanpa menggunakn email dan sandi hehehe. tapi tidak usah khawatir dengan keamanan akun kalian. Akun kalian pasti terjamin aman.

B. Cara membuat akun telegram lewat web telegram

Web telegram hampir sama seperti web whatsapp. Jika web whatsapp kalian harus masuk menggunakan barcode jika telegram kalian masuk menggunakan nomor telpon. Nomor telpon yang kalian gunakan untuk mendaftar telegram via android. Ok saja langsung aja kita ke tutorialnya ok.

  1. Silahkan kalian buka browser kalian di laptop. Apapun browsernnya tidak masalah yang penting bisa di gunakan untuk browsing. Kali ini saya menggunakan browser google chrome. Lalu ketikan di kolom pencarian telegram web. Seperti gambar di bawah ini.

    keyword
    keyword

  2. Lalu kalian pilih website telegram resminya. Di https://web.telegram.org/ biasanya muncul di pencarian paling atas.

    web telegram
    web telegram

  3. Setelah itu jika sebelumnya kalian sudah punya akun telegram maka kalian akan login menggunakn nomor hp yang sebelumnya pernah kalian daftarkan.

    login
    login

  4. Setelah kalian mengisi nomor telpon kalian lalu kalian tekan next.

    next
    next

  5. Setelah itu kalian akan di kirimi nomor kode untuk masuk ke telegram web kalian.
  6. Setelah kalian masukan kode yang telah di kirim ke nomor kalian maka kalian telah masuk kea kun telegram kalian. Dan setelah kalian terhubung maka tampilanya seperti ini.
    tampilan telegram
    tampilan telegram

    Nah mudah kan cara menggunakan telegram via web sehingga memudahkan kalian untuk mengirim data atau file penting dengan aman.

C. Tips dan Trik Cara Menggunakan Telegram

  1. Mengatur obrolan chat rahasia
    Obrolan chat rahasia ini adalah salah satu fitur unggulan telegram karena memiliki tingkat keamanan yang sudah tidak di ragukan lagi. Langsung aja ke caranya.
    • Setelah itu kalian pilih scret chat baru. Untuk memulai percakapan rahasia yang Cuma kalian dan teman chat kalian yang tau.

      opsi
      opsi

    • Silahkan kalian masuk ke menu garis 3 yang ada di telegram kalian.

      scret new chat
      scret new chat

    • Setelah kalian pilih scret chat baru maka kalian di suruh memilih dengan siapa kalian akan berbicara. Setelah kalian pilih kontaknya maka tampilanya seperti ini.

      chat rahasia
      chat rahasia

  2. Mengatur akun telegram.
    • Silahkan kalian masuk ke garis tiga yang ada di pojok kiri atas.

      opsi
      opsi

    • Setelah kalian masuk ke opsi silahkan kalian pilih pengaturan.

      pengaturan
      pengaturan

    • Setelah kalian masuk ke menu pengaturan tampilanya seperti ini. Kalian bisa mengedit nama menambahkan gambar dan masih banyak lagi yang lainya.
      akun edit
      akun edit

       

Nah saya rasa sudah cukup lengkap tutorial yang saya berikan kali ini dan semoga membantu kalian untuk bisa menggunakan aplikasi telegram.

Saya rasa aplikasi telegram ini sangat lengkap fitur-fiturnya seperti emoji dan gif, yang saat ini banyak menyita perhatian para pengguna media social. Selain fitur yang lengkap dan tampilan yang sederhana saya rasa telegram juga sangat cocok di gunakan untuk para mahasiswa untuk mengirim file-file rahasia.

Yudha note :

Menurutku pembeda utama telegram dan aplikasi chat lainnya adalah basis utama telegram, telegram itu setauku dijalankan oleh  organisasi non-profit.

Artinya bener2 gratis untuk dipakai. Beda sama whatsapp atau facebook, aplikasi ini dikelola oleh bisnis, keliatannya gratis, tapi data kita dijual ke pengiklan. (data yang dijual bukan informasi pribadi loh ya, tapi data analityc yang bisa digunakan untuk pen-targetan iklan).

Nah telegram ini memang dibuat untuk bebas iklan. Setidaknya saat artikel ini dibuat, telegram masih gratis sebenar-benar gratis.

Saya rasa cukup sampai di sini tutorial kali ini sampai ketemu lagi ya bro hehehe.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan