Cara membuat folder chatting di Telegram

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : Mei 13, 2020
  • Post category:Topik : Telegram
  • Post comments:0 Comments

Telegram merupakan salah satu aplikasi chatting yang bisa kalian nikmati diberbagai perangkat kalian saat ini.

Aplikasi Telegram memiliki banyak sekali fitur. Salah satu fitur aplikasi Telegram yang tidak dimiliki oleh aplikasi jenis lain adalah kalian bisa membuat pengelompokan chat dengan fitur folder.

Selayaknya penyimpanan di komputer, kalian bisa mengelompokkan grup dan akun ke folder tertentu.

Dengan adanya fitur ini, bagi kalian pengguna setia telegram yang memiliki banyak group dan teman, kalian bisa dengan mudah membuat folder dengan kategori sesuai dengan kebutuhan kalian. Misalnya kalian bisa memisahkan antara teman sekolah, teman seprofesi, kumpulan group hoby kalian, dll.

Setelah berhasil membuat folder, Telegram akan membuat sebuah tab baru yang bisa kalian pilih dengan mudah.

Jadi dengan adanya fitur ini, jika kalian ingin mencari akun teman atau group kalian tidak perlu susah-susah scroll kebawah hingga menemukan akun atau group tersebut. Hanya dengan sekali klik, kalian bisa langsung melihat semua group dan akun teman kalian sesuai kategori folder yang sudah kalian buat.

Tertarik dengan fitur ini. Simak penjelasan dibawah untuk lebih detailnya.

1. Masuk ke aplikasi telegram kalian, lalu tap menu hamburger untuk memunculkan opsi. Selanjutnya, pilih menu “Pengaturan”.

2. Di halaman pengaturan, cari dan tap menu “Folder”.

Pilih Folder

3. Disini kalian bisa mengatur folder, dan membuat folder baru. Untuk buat folder baru, tap menu “Buat Folder Baru”.

Pilih Buat Folder

4. Kalian akan dibawa kehalaman pembuatan folder baru seperti dibawah ini. Silahkan masukkan nama folder, lalu tambahkan obrolan untuk dimasukkan ke folder tsbt.

5. Jika sudah, tap “SIMPAN” untuk menyimpan folder baru tsbt.

Tap Simpan

6. Selesai. Kalian akan dibawa kembali kehalaman folder sebelumnya. Disini bisa dilihat folder baru kalian sudah ada di list folder. Kalian bisa tap tombol back untuk keluar dari pengaturan.

Pilih Kembali

Berikut tampilan folder diberanda telegram kalian. Folder tsbt akan terlihat seperti sebuah tab baru. Kalian bisa berpindah-pindah antar folder untuk melihat obrolan di folder tsbt.

Jika kalian ingin membuat folder lagi kalian bisa ulangi cara diatas. untuk saat ini tidak ada batasan berapa banyak folder yang boleh kalian buat. Jadi, manfaat fitur ini dengan optimal, jangan hanya membuat hanya satu atau dua folder saja.


Sebenarnya tidak hanya membuat folder, jika kalian bisa mengeksplor aplikasi telegram, kalian bisa menemukan hal-hal baru yang bisa mempernyaman kalian dalam penggunaan aplikasi Telegram ini.

Untuk fitur folder ini, sayangnya tidak bisa kalian temukan di Telegram versi web untuk saat ini. Jadi, untuk yang setia menggunakan Telegram versi web, kalian harus lebih bersabar untuk saat ini.


Itulah bagaimana cara membuat folder untuk mengelompokkan chatting di Telegram. Jika kalian masih bingung atau ada yang ingin ditanyakan, kalian bisa kirim ke kolom komentar dibawah ini.

Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan