Cara Membuat Text Link atau Hyperlink di Telegram

Salah satu cara promosi yang bisa kamu lakukan di Telegram adalah dengan membuat channel atau grup khusus untuk para penggemar atau calon konsumenmu.

Di sana, kamu bisa membagikan informasi rutin mengenai bisnis yang kamu kelola, informasi seputar produk yang kamu jual atau kegiatan-kegiatan yang akan kamu lakukan dalam waktu dekat.

Nantinya, kamu bisa memasang link teks di beberapa kata atau kalimat yang terdapat postingan ataupun balasan yang kamu bagikan. Link teks atau Hyperlink yang kamu tempel bisa menuju ke halaman website resmi milikmu atau ke tempat lain yang kamu ingin pelangganmu kunjungi.

Cara Membuat Tulisan Menjadi link (Hyperlink) di Telegram

Kalau kamu tertarik untuk membuat hyperlink di Telegram, maka caranya sebenarnya gampang banget. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut,

  1. Pertama silahkan ambil atau copy dulu link yang ingin kamu masukan ke dalam teks. Dicontoh ini aku akan gunakan link salah satu tulisan diblog ini yaitu https://bukugue.com/membagikan-utas-threads-ke-instagram-story/
  2. Selanjutnya buka aplikasi Telegram seperti biasa.
  3. Buka ruang obrolan, channel atau grup yang ingin kamu kirimi teks berisi hyperlink. 
  1. Tap pada kolom penulisan pesan.
  2. Lalu ketik pesan yang ingin kamu kirim. 
  1. Tap dan tahan sebentar pada tulisan/teks yang ingin kamu jadikan link, hingga muncul beberapa pilihan menu diatasnya. Geser ikon pembatas kiri dan kanan untuk memilih kata atau tulisan yang kamu mau.
  1. Tulisan yang berhasil dipilih akan tampak berlatar belakang warna hijau/biru muda seperti dibawah.
  2. Selanjutnya tap ikon titik tiga dipojok kanan atas.
  3. Pilih menu “Buat tautan”. 
  1. Muncul kotak pengisian tautan seperti dibawah. Tap pada kolom url, lalu hapus “http://”. Ini karena link yang kita copy sebelumnya sudah ada protokolnya juga, jadi biar tidak double.
  1. Setelah kosong, silahkan tap dan tahan pada kolom url, lalu pilih menu ‘Tempel’ atau ‘Paste’.
  2. Lanjutkan dengan men-tap “Ok”. 
  1. Jika sudah, silahkan kirim pesan tsbt seperti biasa, dengan tap ikon ‘Pesawat kertas.
  1. Selesai. Pesan berisi hyperlink pun berhasil dikirim. Kamu bisa lihat hasilnya langsung, tulisan yang kita pilih tadi sudah berubah menjadi link.

Hasilnya saat hyperlink di tap atau di klik

Jika ada orang yang men-tap kata yang diisi hyperlink, maka akan terbuka menu popup yang menunjukkan alamat link dan pilihan untuk membuka link tsbt.


Itulah cara untuk membuat hyperlink di Telegram. Dengan hyperlink ini, kamu tidak perlu lagi menampilkan link yang cukup panjang di pesan yang kamu kirim di Telegram.

Selain itu, kata yang diisi hyperlink akan memiliki warna yang berbeda dan kontras dibandingkan dengan teks pesan biasa, sehingga cukup terlihat jelas bahwa itu adalah sebuah link.


Mungkin sekian dulu untuk artikel kali ini. Sampai jumpa di artikelku selanjutnya.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *