Cara menambah admin di channel Telegram

Akhir-akhir ini saya mulai sering mengotak-atik aplikasi Telegram untuk keperluan pembuatan artikel. Bisa dibilang, proses mempelajari berbagai fitur yang dimiliki Telegram membuat saya semakin paham kenapa banyak orang menyukai aplikasi yang satu ini. Banyak hal yang membuat proses komunikasi menjadi sangat mudah.

Misalnya saja untuk proses pembuatan channel, kamu bisa membuat channel hanya dalam beberapa menit saja. Kemudian kamu bisa memasukan hampir semua pengguna Telegram yang terdapat di kontakmu sebagai pelanggan tanpa persetujuan mereka. Dan kalau kamu bosan dengan channel yang kamu kelola, kamu pun bisa menghapusnya hanya dalam beberapa langkah saja.

Bagaimana jika channel yang kamu buat dan kelola berkembang dengan pesat dan punya pelanggan yang sangat banyak tapi kamu sudah tidak punya waktu untuk mengelolanya?

Jika demikian, Telegram pun memberikan kemudahan padamu untuk menambahkan admin yang bisa membantumu mengelola channel tersebut.

Seorang admin punya kemampuan untuk memposting pesan, menghapus pesan dari pengguna lain, mengundang pelanggan baru hingga menambahkan admin baru. Jadi, dia bisa sangat membantu dalam mengelola channel. Tentu saja, jika kamu mau, kamu pun bisa membatasi apa yang bisa dilakukannya terhadap channelmu.

Kalau kamu tertarik untuk menambahkan admin di channel Telegram yang kamu kelola, maka kamu hanya perlu melakukan 6 langkah yang saya jelaskan di bawah.

1. Buka salah satu channel milikmu.

Tap salah satu channel milikmu.

2. Tap “foto” atau “nama” channel kamu tsbt.

Tap foto atau nama channel.

3. Cari dan tap menu “Admin”.

Tap “Admin”.

4. Dihalaman Admin ini, tap menu “Tambah admin”.

Tap “Tambah admin”.

5. Pilih pelanggan/subscriber yang ingin kamu angkat menjadi admin.

Tap pelanggan yang ingin kamu jadikan sebagai admin.

6. Pilih apa saja yang bisa dikerjakan admin tsbt.

Kamu bisa menentukan apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan admin dengan cara tap tombol toggle di sebelah kanan fitur untuk admin. Setelah itu, tap ikon checklist di kanan atas untuk menyimpan aturan tsbt.

 tap ikon checklist di kanan atas.

7. Selesai. Admin baru sudah berhasil ditambahkan ke channelmu.

Admin baru sudah berhasil ditambahkan ke channelmu.

Itulah cara untuk menambahkan admin di channel Telegram. Sama seperti proses pembuatan channel, proses menambahkan admin di channel yang kamu buat pun terbilang sangat mudah. Kamu bahkan tidak perlu persetujuan dari pelanggan yang kamu pilih untuk menjadikannya sebagai admin channel Telegram.

Yang perlu diingat adalah, jangan sembarangan memberikan wewenang ke admin, karena orang yang kamu pilih tadi bisa saja mengacak-acak channel kamu. Wewenang seperti menambahkan admin baru dan mengubah info channel sebaiknya tidak diberikan ke admin manapun.


Mungkin sekian untuk informasi kali ini. Jika ada yang ingin ditambahkan, silahkan tambahkan dikolom komentar dibawah. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *