Cara mengaktifkan Dark Mode di Telegram

Dark mode merupakan salah satu fitur yang paling dicari saat ini.

Buat yang belum tau, dark mode atau mode gelap merupakan fitur yang mengubah tema sebuah aplikasi menjadi ber-background gelap, dan tulisan berwarna cerah. Tujuannya adalah kenyamanan mata pengguna saat menggunakan aplikasi di tempat yang gelap atau minim cahaya.

Dark mode juga di gadang-gadang bisa menghemat baterai, karena layar hitam/gelap mengkonsumsi lebih sedikit daya dari pada layar berbackground putih/cerah.

Telegram sebagai salah satu aplikasi chatting populer saat ini, ikut mengeluarkan fitur dark mode ini.

Buat kalian pengguna setia telegram, fitur satu ini bisa menambah kenyamanan kalian dalam telegram-an dengan teman-teman kalian.

A. Cara mengaktifkan fitur dark mode di telegram

Untuk mengaktifkan dark mode di telegram, caranya-pun sangat mudah. Tinggal ikuti beberapa langkah simpel dibawah ini.

1. Buka aplikasi telegram di smartphone kalian masing-masing.
2. Jika sudah, tap “icon garis tiga” yang ada di pojok kiri atas aplikasi telegram.

klik icon garis tiga pojok kiri atas

3. Setelah itu akan muncul jendela menu seperti dibawah. Tap “ikon bulan sabit” yang ada di bagian atas jendela menu tersebut. Setelah itu, telegram akan otomatis masuk ke mode gelap.

4. Selesai. kalian sudah bisa menikmati mode gelap di telegram kalian

B. Kustomisasi mode gelap telegram

Sama seperti fitur dark mode twitter, dark mode di telegram ternyata bisa di kustomisasi. Terdapat pilihan warna lain untuk background dan tulisannya. Jadi lebih lengkap.

Sejauh ini setauku hanya twitter dan telegram yang menyediakan kustomisasi untuk hal ini.

Langsung aja, berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi telegram di smartphone kalian masing-masing.
2. Setelah kalian berada di dalam aplikasi telegram, tap “icon garis tiga” di pojok kiri atas untuk memunculkan pilihan menu. Lalu pilih menu “settings” atau pengaturan.

3. Jika sudah berada dihalaman pengaturan, gulir kebagian bawah lalu pilih menu “chat settings” atau pengaturan obrolan kalau dalam bahasa indonesia.

pilih menu chat settings

4. Dihalaman “chat settings” kalian bisa meng-kustomisasi tema tadi. Selain dark mode, ada tema lainnya yang bisa kalian coba. Disini kita khusus bahas dark mode, jadi ada dua pilihan yang relevan disini, yaitu pilihan “Dark” dan “Night”. Kalian bisa coba keduanya untuk bisa tau perbedaannya dimana.

pilih fitur dark mode yang di inginkan

5. Jika sudah memilih tema utama, kalian bisa memilih warna tambahan dibagian bawah, warna ini terkait dengan warna buble kalian, warna username lawan bicara kalian, dan bisa juga memberikan background tertentu.

6. Jika sudah. Kalian bisa buka chat kalian untuk melihat perubahannya. Sebenarnya diatas sudah langsung kelihatan perubahannya dibagian preview.


Sekian pembahasan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan atau disarankan, bisa tambahkan dikolom komentar dibawah. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan