Cara mengatur suara notifikasi Telegram secara general maupun khusus

Sama seperti aplikasi perpesanan lainnya, Telegram memiliki fitur notifikasi yang bisa diatur sesuai keinginan. Ada beberapa hal yang bisa diatur di pengaturan notifikasi Telegram. Dari getaran, popup, warna LED, urgensi pesan, dsb. Banyak deh kalau disebutkan satu per satu.

Walau begitu, menurutku, hal terpenting dari pengaturan notifikasi – termasuk Telegram – adalah bunyinya. Ini supaya kamu gampang mengenali bunyi notifikasi Telegram. Ogah kan kecele karena salah mengira bunyi notifikasi? Dikira bunyi HP sendiri ternyata bunyi HP orang lain atau aplikasi lain.

Bagaimana cara mengatur suara notifikasi di Telegram? Gampang! Ikuti petunjuk dibawah ini, yuk kemon!

A. Mengatur suara notifikasi Telegram secara umum untuk chat personal, grup, dan channel

Secara umum, kamu bisa mengatur notifikasi Telegram yang berlaku untuk seluruh kontak, grup, dan channel tanpa kecuali. Untuk mengaturnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini!

1. Buka Telegram, tab garis tiga di pojok sebelah kiri. Pilih pengaturan.

2. Tab menu “notifikasi dan suara”.

3. Tidak perlu lihat lainnya, langsung saja perhatikan menu “notifikasi untuk obrolan” – ada opsi obrolan pribadi, grup, dan channel. Tab obrolan pribadi jika ingin mengganti notifikasi chat personal. Kalau mau mengganti notifikasi grup/channel juga tinggal tab menu yang sesuai.

4. Setelah tap “Obrolan pribadi” dilaman sebelumnya, kamu akan dibawa kelaman dibawah ini. Untuk mengatur suara notifikasinya, kamu bisa langsung tab menu “suara”. Silakan pilih nada suara yang diinginkan dari file manajer, tema (bawaan HP), atau lainnya. Sekadar saran, walaupun kamu bisa memilih nada suara bawaan HP, sebaiknya download nada suara yang unik dari internet. Sehingga potensi adanya kesamaan nada suara dengan aplikasi atau orang lain bisa berkurang.

5. Misalnya, anggaplah, kamu memilih nada suara hasil download di internet. Maka, kamu tinggal membuka folder download di file manajer. Centang nada suaranya, dan tab oke.

6. Selesai.

B. Mengatur suara notifikasi Telegram secara khusus untuk chat personal, grup, dan channel

Selain mengatur bunyi notifikasi secara general, kamu juga bisa mengatur bunyi notifikasi secara khusus – untuk kontak, grup, maupun channel tertentu. Di Telegram, fitur ini baru dirilis tahun 2018 berbarengan fitur “Export Telegram Data”. Untuk mengatur bunyi notifikasi khusus, silakan simak step-stepnya berikut ini!

1. Ikuti langkah-langkah nomor 1-3 sebagaimana dijelaskan dalam poin A sebelumnya.
2. Saat masuk ke opsi obrolan pribadi/grup/channel (tergantung chat yang mau diatur), kamu tinggal perhatikan opsi “tambah pengecualian” – letaknya di bagian paling bawah.

3. Cari dan pilih nama teman di daftar kontak yang mau kamu atur notifikasi khususnya. Kalau sudah yakin sama pilihanmu, silakan tab nama akun tersebut.

4. Di halaman pengaturan notifikasi khusus, kamu tab menu “suara” untuk memilih nada suara yang diinginkan melalui file manajer, tema, dll. Langkah ini mirip seperti langkah ke-4 dalam poin A.

5. Bila memutuskan memilih menggunakan nada suara dari file manajer, kamu tinggal buka folder tempat nada suara tersebut disimpan. Kemudian, kamu centang nada suara itu dan tab oke.

6. Selesai.


Nah begitulah cara mengatur bunyi notifikasi Telegram. Setelah mengaturnya, kamu tak perlu kecele lagi. Karena, sekarang kamu jadi gampang membedakan suara notifikasi Telegram-mu dengan suara notifikasi aplikasi lain atau HP orang lain. Selamat menjajal!

Sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan