Cara mengedit pesan yang sudah terkirim di Telegram

Seberapa sering pun kita mengirim pesan pada orang lain, kesalahan dalam mengetik pesan kadang-kadang merupakan hal yang tidak bisa dihindari.

Beruntung kalau pesan masih belum dikirim. Kita bisa mengeditnya dulu untuk memperbaiki kesalahan ketik yang kita buat. Beda cerita kalau pesan sudah terkirim. Ini bisa menimbulkan kesalahpahaman karena sedikit saja perubahan pada kata yang kita ketik, maka maknanya bisa berubah total.

Jika itu terjadi, maka tidak ada pilihan untuk menghindari kesalahpahaman akibat kesalahan ketik atau typo ini selain menghapus pesan tersebut dan menggantinya dengan pesan yang ingin kita sampaikan.

Nah, jika kamu menggunakan Telegram maka prosesnya bisa lebih sederhana. Ketika kamu menemukan adanya kesalahan ketik pada pesan yang kamu kirim di Telegram, kamu tidak perlu menghapus pesan tersebut karena Telegram menyediakan fitur edit message yang memungkinkan pengguna mengedit pesan yang telah mereka kirim.

Untuk mengedit pesan yang telah kamu kirim di Telegram, kamu bisa melakukannya dengan 5 langkah sederhana di bawah.

1. Buka ruang obrolan yang berisi pesan yang ingin kamu edit.

Tap ruang obrolan yang berisi pesan yang ingin kamu edit.

2. Tekan dan tahan pada pesan yang ingin kamu edit.
3. Tap ikon pensil di bagian atas.

4. Muncul kolom “Edit Pesan”, silahkan perbaiki pesan yang ada disana.
5. Terakhir, tap ikon checklist sebelah kanan pesan.

6. Selesai. Bisa dilihat pesan sudah berhasil diedit.

Pesan sudah berhasil diedit.

Dengan cara di atas, kamu bisa mengedit pesan Telegram dengan cepat. Baik pesan yang kamu kirim ke teman kontakmu ataupun pesan yang kamu kirim di grup yang kamu ikuti. Semuanya bisa diedit.

Setelah kamu mengedit pesan, maka pesan yang kamu edit akan dilabeli “diedit”. Dengan demikian, semua orang yang melihat pesan tersebut akan tahu bahwa pesan yang mereka terima darimu telah diubah.


Oh iya, sekedar informasi tambahan. Sejumlah artikel dan akun Twitter resmi Telegram mengatakan bahwa kamu bisa mengedit pesan maksimal 48 jam atau dua hari setelah pesan dikirim. Tetapi setelah saya test, saya masih bisa mengedit pesan meski sudah lewat dari 48 jam.


Demikianlah penjelasan mengenai “cara edit pesan yang sudah terkirim di chat Telegram” ini. Jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *